Ini Dia 7 Pekerjaan Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Ini dia 7 prospek kerja jurusan Manajemen SDM dan perolehan gajinya

Ini Dia 7 Pekerjaan Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
Karena memiliki prospek kerja yang luas jadi akan sangat banyak jika dijabarkan satu persatu, oleh karena itu saya akan memberitahu kepada kalian bahwa ada 7 prospek kerja dengan jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang kira-kira memberikan peluang kerja yang cukup besar.
Ini dia 7 prospek kerja jurusan Manajemen SDM dan perolehan gajinya :

1. Tenaga Pendidik

Salah satu prospek yang paling menjanjikan dari Manajemen Sumber Daya Manusia adalah menjadi seorang tenaga pendidik. SMK dengan jurusan di Indonesia itu berjumlah banyak dan kamu bisa menjadi tenaga pendidik di salah satunya. Atau jika kamu tidak ingin menjadi guru, kamu bisa lanjut S2 Manajemen untuk menjadi seorang Dosen. Menjadi tenaga pendidik tidak selalu buruk kok, kamu akan bertemu banyak orang baru yang bisa diambil pelajaran hidupnya.

Asalkan kamu menjadi tenaga pendidik yang baik ya entah itu menjadi guru atau dosen. Biasanya seorang guru akan mendapat gaji sekitar 1-2 juta itu yang non PNS kalau sudah PNS bisa lebih dari itu. Jika dosen gajinya sekitar 3 juta, belum dihitung dengan tunjangan profesi dan lain sebagainya.

2. Hubungan Tenaga Kerja

Tugas bidang hubungan tenaga kerja adalah menjadi jembatan antara pegawai dengan manajemen perusahaan yang meliputi perihal negoisasi gaji, mengkordinasikan prosedur komplain dan lain sebagainya. Ada beberapa profesi yang bisa kamu coba jika bekerja di bidang hubungan tenaga kerja, seperti Agen Bisnis, Manajer Keluhan, Perwakilan Bisnis, Manajer Hubungan Tenaga Kerja, Gaji yang diperoleh jika bekerja di bidang ini rata-rata sekita 3,5 juta sampai 5 juta rupiah.

3. Manajer Umum dan Operasional

Tugas seorang manajer umum cukup kompleks, karena ia harus membuat rumusan mengenai kebijakan operasional, pelaksaan hingga persediaan bahan baku dan sumber daya manusianya. Dengan tanggungjawab sebesar itu, maka tidak salah jika gaji seorang manajer umum dan operasional itu mencapai angka 7.7jt - 11.2jt. Cukup besar bukan ? itu adalah gaji rata-rata jadi tidak menutup kemungkinan akan lebih besar dari itu.

4. Konsultan Imigrasi

Bagi sebagian orang profesi  sebagai konsultan imigrasi masih terdengar asing, namun jangan remehkan prospek dan peluang kerjanya. Menjadi konsultan imigrasi artinya kamu akan bertugas untuk memberi nasihat dan masukan untuk orang yang akan pindah negara, tidak hanya itu kamu juga akan mengurus orang-orang yang bermasalah terkait imigrasi. Jabatan yang biasanya ada di konsutan imigrasi adalah Staf Kantor Imigrasi, Biro Konsultan Imigrasi, Selain menjadi peluang kerja bagi lulusan Manajemen SDM, profesi konsultan imigrasi juga bisa menjadi peluang kerja bagi lulusan, Gaji rata-rata orang yang berprofesi sebagai konsultan imigrasi ada di angka 3.9jt - 7jt, dan bisa lebih besar tergantung perusahaan di mana kamu bekerja.

5. Spesialis Kompensasi, Tunjangan, dan Analisa Pekerjaan

Tugas dari profesi di atas adalah mengadakan program kompensasi dan tunjangan, serta analisis pekerjaan untuk para atasan. Dia bisa mengkhususkan diri di area tertentu, seperti penggolongan jabatan pekerjaan dan program pensiun.
 
Ada beberapa jabatan di profesi tersebut yang bisa menjadi prospek kerjamu yaitu Analis Kompensasi, Analis Sumber Daya Manusia, Generalis Sumber Daya Manusia, Spesialis Sumber Daya Manusia, Spesialis Pegawai, Administrator Benefit, Analis Tunjangan, dan Manajer Tunjangan. Gaji seorang Spesialis Kompensasi, Tunjangan, dan Analisa Pekerjaan berkisar ada angka 4 juta hingga 8 juta rupiah.

6. HRD

Berbeda dengan beberapa profesi lainnya yang masih asing di telinga orang-orang, profesi kali ini sangat familiar di telinga orang. Yap, profesi ini adalah HRD. HRD bertugas untuk menyeleksi para pelamar kerja agar bisa menemukan pekerja yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan di perusahaan, oleh karena itu peran HRD sangat penting dan menjadi prospek kerja Manajemen SDM yang sangat bagus. Gaji seseorang yang berprofesi sebagai HRD bisa mencapai 5 juta rupiah dengan gaji paling rendahnya sekitar 3 juta rupiah.

7. Manajer Pelatihan dan Pengembangan

Prospek kerja Manajemen SDM yang ke tujuh adalah menjadi seorang manajer pelatihan dan pengembangan. Tugasnya adalah merancang, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan pelatihan dan pengembangan tenaga kerja suatu organisasi. Dengan peran yang sangat penting tersebut, biasanya seorang manajer pelatihan dan pengembangan rata-rata mendapatkan gaji 5jt - 10jt.