Ini Dia Keutamaan Membaca Surah Al Baqarah

Surat Al-Baqarah memiliki banyak keutamaan sehingga sayang jika sampai terlewat untuk membacanya. Nah, untuk itu berikut keutamaan surat Al Baqarah yang harus kamu ketahui

Ini Dia Keutamaan Membaca Surah Al Baqarah

Al Baqarah merupakan surat  ke dua dalam kitab suci Al-Quran. Surat Al Baqarah memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui umat Muslim.

Surat sepanjang 286 ayat ini merupakan surat dengan jumlah ayat terbanyak di Al-Quran. Surat Al Baqarah termasuk dalam surat Madaniyah karena diturunkan di Kota Madinah. Nama Al Baqarah berarti sapi betina, penamaan ini didasarkan pada kisah Bani Israel yang disuruh Nabi Musa mencari seekor lembu betina yang akan disembelih. Cerita ini tertuang dalam Surat Al Baqarah ayat 67 sampai 74.

Al Baqarah juga disebut “Fusthaathul Qur’an” atau puncak Al-Quran karena di dalam surat ini terdapat beberapa hukum tatanan umat islam dalam beribadah kepada Allah S.W.T dan tata cara berkomunikasi dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia dimana aturan-aturan tersebut tidak tertulis di surat lain.

Surat Al-Baqarah memiliki banyak keutamaan sehingga sayang jika sampai terlewat untuk membacanya. Nah, untuk itu berikut keutamaan surat Al Baqarah yang harus kamu ketahui.

1. Dilindungi dari setan

Dalam haditsnya Rasulullah SAW mengatakan, rumah yang dibacakan surat Al Baqarah dimasuki setan. Berikut hadits yang menjelaskan keutamaan dua ayat terakhir surat Al Baqarah.

Artinya: Rasulullah SAW mengatakan, " Sesungguhnya Allah SWT menulis dalam kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan surga dan bumi, serta mengirim dua ayat untuk mengakhiri Al Baqarah. Jika dibaca selama tiga malam dalam rumah maka setan tidak akan mendekatinya." (HR Tirmidzi).

2. Permohonannya dikabulkan Allah SWT

Hadis yang dinarasikan Al-Qasim menjelaskan, permohonan seorang muslim berpeluang dikabulkan Allah SWT dengan membaca surat Al Baqarah. Peluang juga ada jika muslim membaca surat Ali Imran dan Thahaa:

"Nama Allah SWT yang terbaik yang jika dengan sebutan tersebut maka Dia akan menjawab ada dalam tiga surat yaitu surat Al Baqarah, Ali Imran, dan Thahaa." (HR Ibnu Majah)

3. Diberi kecukupan

Dalam hadits yang dinarasikan dari Abu Mas'Ud, muslim yang rutin membaca Al Baqarah tidak perlu khawatir. Allah SWT akan memberi kecukupan baginya tanda ada yang terlewat.

Artinya: " Siapa saja yang membaca dua ayat terakhir dalam Al Baqara pada malam hari, maka itu akan mencukupinya." (HR Ibnu Majah).

4. Selalu dalam perlindungan Allah SWT

Rasulullah SAW mengingatkan hambanya yang akan selalu dalam perlindungan Allah SWT, jika tak lupa membaca Ayat Kursi dalam surat Al Baqarah. Perlindungan makin tepat jika muslim juga membaca surat Al-Mu'min ayat 1-3.

Artinya: Rasulullah SAW mengatakan, " Siapa saja yang membaca surat Al-Mu'min 1-3 dan Ayat Kursi ketika dia bangun pagi maka dia akan dilindungi hingga sore. Dan siapa saja yang membacanya sat sore hari maka dia dilindungi hingga pagi hari." (HR Tirmidzi).

Masya allah itulah keutamaan saat kita membaca surah Al Baqarah, semoga kita semua dapat dilindungi oleh Allah Swt Aminnn...