Ini Dia Manfaat Dan Keistimewaan Dari Kopi Robusta

apa saja sih manfaat dan keistimewaan dari kopi robusta. Yuk simak artikel berikut ini

Ini Dia Manfaat Dan Keistimewaan Dari Kopi Robusta

Salah satu kopi yang sangat menarik banyak perhatian para penikmat kopi adalah jenis kopi Robusta. Kopi jenis ini memang sangat unik dan juga sangat pas untuk semua kondisi. Menyeruput minuman kopi dari jenis robusta ini menambah kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya. Robusta yang berasal dari kata ‘robust’ yang memiliki arti kuat. Hal ini dibuktikan dari tanaman yang memiliki postur cukup kekar dengan tingkat kekenyalan yang juga cukup kuat pula. Kopi jenis robusta ini merupakan salah satu jenis dari turunan spesies Coffea canephora. Jenis yang satu ini tumbuh di daerah dataran rendah yang berada pada ketinggian 400 sampai 800 meter dpl. Suhu optimal dari pertumbuhan tanaman kopi ini yaitu sekitar 24-30°C dengan curah hujannya yaitu 2000-3000 mm pertahun.

Menurut beberapa barista, jenis kopi robusta ini merupakan jenis kopi yang merajai Indonesia karena memang import kopi robusta ini sangat banyak ditemukan baik dalam Indonesia. Tidak hanya itu saja, jenis kopi yang satu ini memang memiliki citarasa yang lebih kuat dari yang lainnya. Hal ini dibuktikan dari tingkat rasanya yang sangat berbeda-beda. Dari barista salah satu café ternama di Seattke AS ini menyatakan bahwa kopi robusta sendiri memiliki rasa yang berbeda tergantung dari tempat asalnya. Untuk robusta arab dan juga Afrika lebih kuat akan rasanya yang sangat fruity atau penuh dengan aroma buah-buahan. Hal ini sangat jauh berbeda dengan kopi dari Indonesia yang mana keharuman dan rasanya lebih berasa dengan aroma tanah yang baru saja tersiram dengan air hujan. Tidak hanya itu saja, karena banyak rempah di daerah Indonesia juga membuat kopi robusta memiliki rasa seperti jamu.

Semua keunikan rasa yang dibedakan berdasarkan tempat asalnya ini memang tidak bisa ditentukan dengan pasti. Namun hal yang sangat pasti adalah bahwa kopi jenis robusta memiliki karakter sebagai produk unggulan dengan varietas yang sangat banyak. 99% kopi ini masuk ke Indonesia dan banyak sekali pecinta kopi yang menikmati keunikan yang dimilikinya. Walaupun asalnya berbeda-beda namun hal tersebut memberikan banyak sekali kelebihan lain yang mana varietas rasa yang dimiliki di setiap jenis kopi semakin beragam. Bahkan banyak penelitian yang sudah mengkombinasikan robusta dengan kopi jenis lainnya.

Nah apa saja sih manfaat dan keistimewaan dari kopi robusta. Yuk simak artikel berikut ini :

1. Menghambat Penuaan Dini

Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan yang pertama adalah bisa menghambat penuaan dini. Serius, siapa sih yang tidak ingin terlihat awet muda? Tentu setiap orang ingin terlihat muda meskipun usia sudah tidak lagi muda. Namun riset dari para ahli membuktikan bahwa meminum kopi sebanyak 2-3 setiap harinya bisa menghambat proses penuaan dini sebanyak 10% jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan yang kedua adalah mampu mengurangi resiko kanker. Tahukah Kamu? minum kopi setiap hari ternyata mampu mengurangi resiko terserang kanker prostat, paru-paru, payudara, dan pankreas. Penyimpulan tersebut terbukti hampir mendekati hasil riset 100%, namun rasanya para penikmat kopi dapat merasa lega karena kopi dapat mengurangi resiko penyakit kanker karena terdapatnya asam antioksidan yang meproteksi tubuh dari kanker serta beberapa penyakit lainnya. Sejumlah studi yang melibatkan sebanyak 67 ribu wanita yang mengonsumsi sebanyak 4 cangkir kopi setiap harinya, sejumlah 25 % diantaranya telah terhindar dari resiko kanker.

3. Kafein

Pendapat lain yang menjelaskan bahwa kopi robusta sangat jauh berbeda dengan arabica terdapat pada kandungan kafeinnya. Kandungan kafein kopi jenis robusta memiliki kandungan yang lebih tinggi dibanding dengan arabica. Sehingga hal ini berpengaruh terhadap rasanya. Jika dibanding dengan arabica, robusta memang terasa lebih pahit dibanding dengan yang lainnya. Bahkan kopi jenis robusta ini mempunyai kandungan cafein dua kali lebih banyak dibanding arabica.

4. Mengurangi Kolesterol 

Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan yang terakhir adalah mampu mengurangi kolestrol jahat. Antioksidan yang terdapat di dalam kopi mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh. Selain itu juga mampu mengurangi resiko peradangan yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Di dalam sebuah studi kasus, para penikmat kopi diminta menambah konsumsi kopi dari biasanya yakni sebanyak 8 cangkir setiap harinya.

Tentunya kelima Khasiat Kopi Robusta untuk kesehatan bisa dirasakan bila diiringi dengan gaya hidup yang sehat juga. Jangan sampai salah kaprah, bila setelah minum kopi terus menerus bisa langsung mendapatkan kesehatan yang diinginkan.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan yang ketiga adalah dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Mengonsumsi secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit jantung karena khasiatnya sebagai pelindung kardiovaskular dalam tubuh. Sebuah hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 41 ribu wanita yang mengonsumsi kopi setiap hari, telah terbukti terhindar dari resiko gagal jantung. Hasil yang sama juga ditunjukkan oleh para pria.

Nah itulah 5 manfaat dan keistimewaan dari kopi Robusta.