Ini Dia Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh Kita

apa saja sih manfaat dari daun sirih ini untuk kesehatan tubuh kita ?. Yuk simak penjelasan berikut ini

Ini Dia Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Daun sirih sering dijumpai sebagai tanaman hias di banyak rumah. Selain jadi tanaman hias, daun sirih juga dikenal sebagai tumbuhan punya banyak manfaat. Tanaman ini punya daun yang lebar dan biasa tumbuh menjulur atau menjalar. Daun sirih punya banyak manfaat kesehatan. Daunnya penuh dengan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten yang merupakan sumber kalsium yang bagus, tanning, saponin, eugenol, dan beragam jenis minyak esensial.

Daun yang satu ini dikenal punya sifat antiseptik, antiinflamasi, dan pendingin kulit. Sehingga mujarab untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit. Akan tetapi, khasiat yang diberikan daun sirih tak hanya sebatas untuk kulit. Saat dikonsumsi, daun ini akan memberikan manfaat bagi kesehatan organ tubuh, terutama daun sirih merah. Sebagai obat diabetes dan asam urat misalnya.

Daun sirih sudah digunakan untuk obat tradisional sejak nenek moyang zaman dulu. Menariknya dari daun sirih ini, punya segudang manfaat tapi tak membuatnya mahal dijual. Untuk kamu yang ingin mengandalkan daun sirih untuk menyehatkan tubuh, daun sirih ini banyak dijual di pasar tradisional. Atau kamu juga bisa menanamnya sendiri di rumah, kemudian tinggal memetik daunnya jika membutuhkan.

Nah apa saja sih manfaat dari daun sirih ini untuk kesehatan tubuh kita ?. Yuk simak penjelasan berikut ini :

1. Mengatasi Masalah Terkait Gangguan Pernapasan

Daun sirih sangat membantu dalam mengatasi masalah yang berhubungan dengan batuk dan pilek. Daun herbal ini adalah obat yang sangat baik untuk mereka yang menderita sesak dada, paru-paru tersumbat, dan asma.

2. Dapat Membantu Mengatasi Diabetes

Berbagai obat anti-diabetes memiliki efek samping pada hati dan ginjal dalam jangka panjang. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih kering memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah pada individu yang baru didiagnosa diabetes. Orang dengan diabetes menunjukkan tingkat stres oksidatif yang tinggi karena kadar glukosa darah tinggi yang terus menerus (hiperglikemia). 

3. Mengobati kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas yang menjadi pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

4. Obat batuk 

Anda sedang menderita batuk? Daun sirih bisa jadi solusinya. Asal tahu saja, daun sirih mengandung senyawa aktif yang mampu mengentikan batuk. Cara menggunakan daun sirih sebagai obat batuk adalah dengan di kumur-kumur. Anda bisa merebus daun sirih segar sampai mendidih. Saat air rebusan daun sirih sudah cukup hangat, Anda bisa gunakan untuk berkumur. 

5. Menghilangkan bau mulut 

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat mulutnya mengelurkan bau yang tidak sedap.  Alih-alih berkumur dengan cairan kimia, Anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih. Sekedar info, daun sirih memiliki aroma yang khas yang bisa membuat mulut Anda jadi lebih wangi. Selain itu, daun sirih juga bersifat antiseptik sehingga bisa melindungi mulut Anda dari bakteri. 

6. Sariawan dan gusi berdarah 

Daun sirih merah juga bermanfaat sebagai obat herbal sariawan dan gusi berdarah. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup menyiapkan daun sirih merah lima lembar. Anda cuci daun sirih merah sampai bersih lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah air rebusan daun sirih merah mendidih dan menyisahkan satu gelas air, Anda dinginkan. Setelah itu Anda gunakan air rebusan daun sirih merah untuk kumur-kumur tiga kali sehari.

Nah itulah 6 manfaat dari daun sirih untuk kesehatan kamu.