Ini Dia Manfaat Yang Ada Di Sayuran Pare

Beberapa nutrisi tersebut seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik. Di dalamnya juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang. Bukan hanya kesehatan tubuh tapi mengonsumsi pare juga dapat membuat kulit tampak lebih cantik dan sehat. 

Ini Dia Manfaat Yang Ada Di Sayuran Pare

Pare adalah salah satu tumbuhan merambat yang mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Meski cukup melimpah, sayuran satu ini tidak begitu diminati karena rasa pahit yang terkandung di dalamnya. Meskipun rasanya pahit dan jarang diminati namun pare mengandung banyak nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi tersebut seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik. Di dalamnya juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang. Bukan hanya kesehatan tubuh tapi mengonsumsi pare juga dapat membuat kulit tampak lebih cantik dan sehat. 

Berikut ini manfaat yang didapat pada sayuran pare :

1. Menurunkan demam 

Buah pare mengandung charantin dan alkaloid pahit yakni momordisin. Zat tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan demam.  Tidak hanya buahnya, daun pare juga berkhasiat menurunkan demam. 

2. Mengobati diabetes 

Pare disebut-sebut sebagai anti diabetes. Faktanya, tidak hanya mencegah diabates pare juga bermanfaat sebagai obat diabetes melitus alias kencing manis.  Pare mengandung lektin yang memiliki aktivitas seperti insulin. Lektin mampu menurunkan konsentrasi glukosa darah dengan bekerja pada jaringan periferal yang fungsinya seperti insulin.  Tidak hanya itu, pare juga mengandung flavanoid dan alkaloid yang merangsang pangkreas memproduksi insulin lebih banyak banyak untuk mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabates  Pare juga mengandung senyawa aktif saponin, karantin dan glikosida yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

3. Mengobati Sariawan 

Daun pare mampu menyembuhkan sariawan. Jangan heran, daun pare kaya akan vitamin C dan juga senyawa aktif yang ampuh menyembuhkan sariawan. Daun pare bisa jadi opsi menyebuhkan sariawan untuk Anda yang enggan menggunakan obat sariawan.

4. Mengurangi kolesterol

Manfaat pare yang satu ini masih membutuhkan riset lebih lanjut. Namun, menurut beberapa riset awal di tikus, pare ditemukan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida.Menurunkan kolesterol dapat mengurangi risiko Anda mengalami penyumbatan di pembuluh darah dan terkena penyakit jantung. Tidak ada salahnya dicoba kan?

5. Melawan inflamasi

Manfaat pare selanjutnya datang dari kandungan antioksidan yang dimilikinya. Komponen ini memiliki kemampuan dalam meredakan peradangan di dalam tubuh. Itulah sebabnya pare dipercaya bisa melawan inflamasi atau peradangan di dalam tubuh.