Ini Dia Perbedaan Antara TOEFL PBT dan IBT Yang Wjib Kamu Ketahui

Tes TOEFL awalnya diselenggarakan oleh ETS atau Educational Testing Service pada tahun 1963. Sejauh ini, tes tersebut memiliki tiga jenis tes yang dikenal CBT, PBT dan iBT. Sejak tahun 2006, CBT atau computer based testing tidak disarankan.

Ini Dia Perbedaan Antara TOEFL PBT dan IBT Yang Wjib Kamu Ketahui

Perbedaan Antara TOEFL PBT dan IBT

TOEFL (TOEFL) atau Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing adalah tes yang mengukur kemahiran dan kemampuan bahasa Inggris orang-orang dengan bahasa ibu yang berbeda misalnya bahasa asli kami adalah bahasa Indonesia. Tes TOEFL awalnya diselenggarakan oleh ETS atau Educational Testing Service pada tahun 1963. Sejauh ini, tes tersebut memiliki tiga jenis tes yang dikenal CBT, PBT dan iBT. Sejak tahun 2006, CBT atau computer based testing tidak disarankan.

TOEFL PBT (Paper Based Test)

Seperti namanya, Toefl PBT adalah tes berbasis kertas. Tes terbagi menjadi tiga tes tertulis yaitu tes menyimak, terstruktur dan membaca yang seluruhnya termasuk dalam soal pilihan ganda. Dalam kursus listening, Anda akan diuji pemahaman bahasa Inggrisnya melalui pendengaran dalam bentuk dialog atau audio narasi. Kemudian di sesi "struktur", uji pemahaman kita tentang satu atau lebih tata bahasa. Di bagian ini, kita akan menemukan bagian di mana kesalahan ditemukan atau di mana struktur kalimat yang diberikan tidak benar. Pada saat yang sama, dalam sesi membaca, tingkat pemahaman kita dalam memahami teks bacaan. Dalam sesi ini, tes perhatian dan kosa kata paling banyak diuji.

Total waktu tes adalah 2 hingga 2,5 jam. Skor TOEFL PBT berkisar antara 310 dan 677. Secara internasional, skor tes PBT tidak lagi diterima dan hanya berlaku di beberapa negara. Misalnya, beasiswa StuNed dari Belanda. Di Indonesia, TOEFL PBT tidak ditemukan karena PBT hanya diadakan di negara / wilayah dimana TOEFL IBT tidak dapat dilaksanakan akibat keterbatasan teknis. Namun TOEFL di Indonesia memiliki sistem yang mirip dengan PBT yang disebut ITP atau Institutional Testing Program, yang biasanya diselenggarakan oleh universitas dan lembaga bahasa yang bekerjasama dengan ETS.

TOEFL IBT

TOEFL IBT adalah tes berbasis internet yang terdiri dari empat bagian yaitu membaca, menyimak, berbicara dan menulis. Karena implementasinya membutuhkan fasilitas yang lebih kompleks, maka tidak heran biaya mengikuti TOEFL IBT jauh lebih tinggi daripada PBT. Rincian masing-masing ujian adalah sebagai berikut:

1. Reading

Dalam pertemuan ini, Anda akan menemukan tiga hingga lima artikel bacaan, masing-masing berisi sekitar 700 kata, diikuti oleh 12-14 gagasan utama terkait, tujuan, kesimpulan, kosakata, detail khusus, pernyataan implisit, dan persyaratan. Lengkapi pertanyaan dari isi formulir dan kesimpulan. .

Teks yang disediakan berisi bacaan ilmiah atau akademis, sehingga diperlukan pemahaman kosakata dan tata bahasa yang memadai, sehingga tidak sulit untuk dilakukan, pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan TOEFL PBT. Durasi yang diberikan sekitar 60-100 menit.

2. Listening

Masih sama dengan TOEFL PBT, pada pertemuan kali ini Anda akan melakukan dialog umum dan diskusi akademis, ada beberapa pertanyaan setelah setiap dialog. Dialog audio sekitar tiga menit, diikuti oleh lima pertanyaan; berisi audio diskusi akademis atau ceramah, berlangsung tiga sampai lima menit, dan kemudian tentang memahami gagasan utama, makna, detail penting, kesatuan informasi, tujuan pembicara dan pembicara Enam pertanyaan tentang sikap. Waktu mendengarkan sekitar 60-90 menit.

3. Speaking

Pada bagian ini, kemampuan berbicara Anda akan diuji melalui enam latihan. Dua latihan pertama bersifat independen, dan Anda akan diminta untuk mengungkapkan pandangan kami tentang topik saat ini atau yang sudah dikenal untuk menilai kemampuan berbicara mereka secara spontan.

Selain itu, tes akan menyediakan bacaan singkat atau mendengarkan percakapan audio, serta ceramah akademis untuk menjawab dan menjawab pertanyaan terkait informasi yang terkandung di dalamnya. Di bagian ini, Anda dapat merekam skor yang diperoleh dari audio yang diputar sehingga kita dapat merespons dengan lebih mudah. Pada tahap ini, pemahaman kita tentang informasi yang diberikan dan kemampuan kita untuk mengatur dan menyajikan informasi.

Banyak pakar dari ETS Online Scoring Network (OSN) akan mencatat secara digital setiap jawaban atau jawaban yang Anda berikan untuk evaluasi lebih lanjut. Durasi sesi mendengarkan adalah dua puluh menit.

4. Writing

Pada sesi TOEFL IBT yang terakhir, kita akan diminta memberikan dua jawaban tertulis untuk dua soal latihan. Pertama, Anda akan membaca bacaan akademis dan diskusi audio tentang topik yang sama, kemudian Anda akan menarik kesimpulan yang menyertakan detail atau poin kunci. Pada tahap ini, Anda dapat membuat catatan untuk mengumpulkan informasi yang telah Anda peroleh, kemudian membuat catatan tertulis.

Kedua, Anda akan diberikan pertanyaan atau topik untuk direspon, yang berisikan pendapat kita dalam bentuk artikel. Jawaban yang Anda buat juga akan dikirim ke OSN ETS untuk dievaluasi oleh empat orang ahli. Durasi yang diberikan adalah lima puluh menit.

Salah satu perbedaan TOEFL IBT dan PBT yang paling menonjol adalah perhitungan skor tes. Berbeda dengan TOEFL PBT, skor yang Anda dapat pada tes iBT ini berkisar antara 0-120, dan skor rata-rata untuk setiap bagian adalah 0-30. Waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti TOEFL iBT minimal 4 jam 20 menit.