Ini Efek Samping Dari Minuman Beralkohol Untuk Kesehatan

Mengonsumsi alkohol terlalu banyak merugikan kesehatan Anda. Alkohol yang berlebihan akan menumpuk di aliran darah dan menyebabkan perubahan fungsi tubuh

Ini Efek Samping Dari Minuman Beralkohol Untuk Kesehatan

Mengonsumsi alkohol terlalu banyak merugikan kesehatan Anda. Alkohol yang berlebihan akan menumpuk di aliran darah dan menyebabkan perubahan fungsi tubuh. Seiring waktu, hal ini dapat memicu penyakit kronis dan masalah kesehatan lainnya. Inilah yang menjadi bahaya minuman keras apabila dikonsumsi berlebihan. 

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk dapat kembali mempertimbangkan konsumsi minuman beralkohol tersebut.

Apa efek alkohol terhadap tubuh?

Efek alkohol terhadap kesehatan fisik kadang-kadang dianggap remeh. Padahal, produksinya secara berlebihan dapat berakibat buruk hingga fatal bagi tubuh. Apa sajakah efek alkohol tersebut?

1. Penyakit Hati

Ketika dikonsumsi, alkohol akan terserap ke dalam aliran darah, kemudian dikumpulkan di hati untuk dipecah dan dinetralisasi agar dapat dibuang dari tubuh. Hanya saja, kemampuan hati dalam memproses alkohol sangat terbatas. Jika alkohol yang diminum lebih banyak dari yang bisa diolah oleh hati, maka kadar alkohol dalam darah akan meningkat. Jika terus menerus terjadi, organ hati akan mengalami gangguan, mulai dari perlemakan hati, hepatitis, sirosis, hingga kanker hati.

2. Kanker

Semakin sering Anda minum alkohol, semakin besar pula risiko Anda terkena kanker dan meninggal akibat penyakit tersebut. Selain kanker hati, kanker lain yang juga dapat terjadi akibat sering mabuk adalah kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker esofagus, kanker usus besar, bahkan kanker payudara.

3. Gangguan otak dan saraf

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan gangguan pada otak. Menurut penelitian, sering mabuk dapat membuat otak menyusut atau mengecil. Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, semakin besar pula penyusutannya. Selain itu, terlalu banyak minum alkohol juga dapat menurunkan kemampuan berpikir dan melemahkan daya ingat, serta membuat refleks dan koordinasi gerakan tubuh terganggu.

4. Masalah perut dan sistem pencernaan

Minum minuman keras di luar batas wajar dapat menyebabkan Anda mengembangkan kista dalam perut dan usus, serta perdarahan dalam. Alkohol dapat mengakibatkan perut meradang (gastritis), yang akan menghalangi kelancaran proses pencernaan makanan dan nutrisi penting, sekaligus meningkatkan risiko kanker perut dan kolon.

Kebiasaan terlibat dalam pesta miras juga dapat menyebabkan peradangan pada pankreas, yang bisa sangat menyiksa. Tidak hanya mual, muntah, demam, dan berat badan yang berbeda, namun juga dapat berakibat kematian.

5. Mengacaukan siklus tidur

Sejenak efek alkohol terlihat seperti membantu Anda untuk tidur. Tapi faktanya tidak demikian.Alkohol malah mengacaukan siklus tidur dan membuat Anda tidak tidur nyenyak. Anda juga akan sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil.