Ini loh tanda anabul (kucing) kamu kesepian!

Ini loh tanda anabul (kucing) kamu kesepian!

Sering dianggap hewan peliharaan yang cuek, nyatanya kucing juga termasuk makhluk sosial dan bisa menjalin hubungan erat dengan makhluk lainnya. Tidak heran jika pemilik satu kucing mulai bertanya-tanya apakah harus memiliki anabul kedua sebagai teman bagi hewan peliharaan. Sebelum membuat keputusan ini, ada baiknya mengamati 5 tanda kucing yang merasa kesepian.

Mengikutimu Seharian

Kucing sering mengikuti pemiliknya di sekitar rumah hanya karena iseng, ingin bermain, atau meminta makanan. Tapi umumnya anabul tidak terus-menerus melakukannya, yang bisa jadi tanda dirinya sedang kesepian apalagi jika dibarengi mengeong berlebihan. Coba selipkan waktu ekstra untuk membelainya atau mengajaknya bermain selama beberapa menit di sela-sela kesibukanmu sepanjang hari, sebelum memutuskan untuk mengadopsi kucing kedua.

Terlalu Banyak Tidur

Kucing memang membutuhkan jam tidur yang cukup panjang. Bukan hal yang aneh saat melihat kucing tidur berjam-jam beberapa kali dalam sehari. Jika mendapati kucing tidur lebih lama dari biasanya dan tidak berinteraksi dengan pemiliknya, bisa jadi tanda anabulmu merasa kesepian. Cobalah membujuknya saat hewan peliharaanmu terbangun dengan mainan favoritnya, untuk menunjukkan perhatian padanya.

Merusak Barang di Rumah

Menyadari adanya bekas gigi pada sepatu favoritmu atau cakaran pada sofa kesayanganmu? Merusak benda pemiliknya bisa jadi salah satu cara kucing untuk berkomunikasi. Mulai dari meminta perhatian ekstra atau sekadar membantu menenangkan dirinya yang sedang kesepian. Kebiasaan ini biasanya akan makin memburuk jika tidak ada yang bisa dilakukan atau mengajaknya bermain, karena dorongan nalurinya untuk terus aktif.

Bulu Rontok berlebihan

Kucing dikenal sebagai hewan yang bersih dan akan merawat dirinya sendiri beberapa kali dalam sehari. Biasanya, kebiasaan ini tidak akan menyebabkan kerontokan bulu yang parah.

Tapi, pada kucing yang kesepian akan mulai terlalu sering menjilati diri sendiri, bahkan memicu beberapa area yang terlihat botak dan lebih banyak gumpalan rambut. Kebanyakan kucing akan melakukannya sebagai bentuk menenangkan diri, bisa juga menjadi tanda anabul membutuhkan teman untuk berbagi perhatian.

Makan Terlalu Sedikit

Sama seperti manusia, kucing mungkin mengalami perubahan nafsu makan saat merasa stres. Bukan hanya jadi tanda masalah kesehatan, tapi bisa juga menandakan kurangnya rangsangan sosial dan mengalami kebosanan.

Sebelum membicarakannya dengan dokter hewan langganan, tidak ada salahnya mencoba memberikan cat food lain yang punya aroma dan rasa yang cocok di lidah kucing, seperti Muezza. Punya 4 varian rasa lezat, brand makanan kucing kering ini dibuat hanya dari bahan alami yang diolah dengan teknologi modern.