Ini Manfaat Gingseng Untuk Kesehatan

Ginseng telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Tanaman pendek yang tumbuh lambat dengan akar berdaging ini dapat diklasifikasikan dalam tiga cara

Ini Manfaat Gingseng Untuk Kesehatan

Ginseng telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Tanaman pendek yang tumbuh lambat dengan akar berdaging ini dapat diklasifikasikan dalam tiga cara, tergantung pada berapa lama ditanam: segar, putih, atau merah. Ginseng segar dipanen sebelum 4 tahun, sedangkan ginseng putih dipanen antara 4–6 tahun dan ginseng merah dipanen setelah 6 tahun atau lebih. Terlepas dari caranya, banyak manfaat ginseng yang baik untuk tubuh. 

Manfaat Ginseng untuk Tubuh

Jenis ramuan ginseng ada banyak, tetapi yang paling populer adalah ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Asia (Panax ginseng). Ginseng Amerika dan Asia bervariasi dalam konsentrasi senyawa aktif dan efeknya pada tubuh. Dipercaya bahwa ginseng Amerika berfungsi sebagai agen relaksasi, sedangkan varietas Asia memiliki efek menyegarkan.

Ginseng mengandung dua senyawa penting: ginsenosides dan gintonin. Senyawa ini saling melengkapi untuk memberikan manfaat kesehatan.

1. Bermanfaat bagi Fungsi Otak

Ginseng dapat membantu meningkatkan fungsi otak seperti memori, perilaku, dan suasana hati. Beberapa penelitian dalam tabung dan hewan menunjukkan bahwa komponen dalam ginseng, seperti ginsenosides dan senyawa K, dapat melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Satu studi mengikuti 30 orang sehat yang mengonsumsi 200 mg Panax ginseng setiap hari selama empat minggu. Di akhir penelitian, mereka menunjukkan peningkatan dalam kesehatan mental, fungsi sosial, dan suasana hati. Namun, manfaat ini berhenti menjadi signifikan setelah 8 minggu, menunjukkan bahwa efek ginseng dapat menurun dengan penggunaan yang diperpanjang.

2. Dapat Mengurangi Peradangan

Ginseng memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat. Beberapa penelitian dalam tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak ginseng dan senyawa ginsenoside dapat menghambat peradangan dan meningkatkan kapasitas antioksidan dalam sel. Misalnya, satu penelitian tabungreaksi menemukan bahwa ekstrak ginseng merah Korea dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan aktivitas antioksidan adalah sel kulit dari penderita eksim.

3. Dapat Menghilangkan Lelah dan Meningkatkan Energi

Ginseng telah terbukti membantu melawan kelelahan dan meningkatkan energi. Berbagai penelitian pada hewan telah mengaitkan beberapa komponen dalam ginseng, seperti polisakarida dan oligopeptida, dengan stres oksidatif yang lebih rendah dan produksi energi yang lebih tinggi dalam sel, yang dapat membantu melawan kelelahan.

Satu studi selama empat minggu meneliti efek pemberian 1 atau 2 gram Panax ginseng kepada 90 orang dengan kelelahan kronis. Mereka yang diberi Panax ginseng mengalami lebih sedikit kelelahan fisik dan mental, serta pengurangan stres oksidatif, dibandingkan mereka yang menggunakan plasebo. 

Selain itu, tinjauan terhadap lebih dari 155 penelitian menunjukkan bahwa suplemen ginseng tidak hanya membantu mengurangi kelelahan tetapi juga meningkatkan aktivitas fisik.

4. Potensial Melawan Kanker

Ginseng dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu. Ginsenosides dalam ramuan ginseng telah terbukti membantu mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan antioksidan. Sebuah tinjauan dari beberapa penelitian menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng mungkin memiliki risiko terkena kanker 16% lebih rendah. 

Selain itu, sebuah studi observasi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengembangkan jenis kanker tertentu, seperti kanker bibir, mulut, kerongkongan, perut, usus besar, hati dan paru-paru, dibandingkan mereka yang tidak meminumnya.

Ginseng juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pasien yang menjalani kemoterapi, mengurangi efek samping dan meningkatkan efek dari beberapa pengobatan.

5. Memperbaiki Disfungsi Ereksi

Penelitian telah menunjukkan bahwa ginseng dapat menjadi alternatif yang berguna untuk pengobatan disfungsi ereksi (DE) pada pria. Tampaknya senyawa di dalamnya dapat melindungi dari stres oksidatif pada pembuluh darah dan jaringan di penis dan membantu mengembalikan fungsi normal. 

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa ginseng dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, senyawa yang meningkatkan relaksasi otot di penis dan meningkatkan sirkulasi darah. Satu studi menemukan bahwa pria yang diobati dengan ginseng merah Korea mengalami peningkatan gejala DE sebesar 60%, dibandingkan dengan peningkatan sebesar 30% yang dihasilkan oleh obat yang digunakan untuk mengobati DE.