Ini Penyebab Smartphone Kamu Menjadi Cepat Panas

Kamu harus tahu penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya agar tidak terganggu ketika beraktivitas dengan ponsel.

Ini Penyebab Smartphone Kamu Menjadi Cepat Panas

HP yang cepat panas dapat membuat performa perangkat menjadi tidak maksimal. Kamu harus tahu penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya agar tidak terganggu ketika beraktivitas dengan ponsel. Jika dibiarkan terlalu lama, hal ini tidak hanya mengganggu performa HP, akan tetapi juga membuat perangkat menjadi lebih cepat rusak dan tidak awet.

HP yang cepat panas merupakan salah satu permasalahan umum yang dialami pengguna telepon pintar. Kondisi ini bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah spesifikasi HP yang kurang mumpuni sehingga jika dipaksa bekerja terlalu keras akan membuat HP menjadi lebih cepat panas. Untuk menghindari masalah seperti ini, kamu perlu tahu beberapa merk HP yang gampang panas agar bisa meminimalisir kondisi tersebut. Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan HP menjadi cepat panas.

Nah, kali ini saya akan membahas apa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya. Jadi bagi kamu yang penasaran, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Pengaturan HP Belum Optimal

Salah satu faktor yang paling sering menyebabkan HP cepat panas adalah akibat pengaturan HP belum maksimal. Jika kamu memiliki perangkat smartphone yang mudah panas, coba cek apakah pengaturan HP sudah optimal atau belum. Bisa jadi, pengaturan perangkat itu sendiri yang menjadi penyebab HP cepat panas.

Beberapa contoh pengaturan HP yang justru membuatnya cepat panas adalah tingkat kecerahan layar yang terlalu terang. Tidak hanya itu, widget yang terlalu banyak dan live wallpaper yang menguras baterai juga bisa menjadi penyebab HP panas. Pengaturan smartphone ini tidak hanya membuat HP cepat panas saja, tetapi juga membuat baterai lebih cepat habis meskipun tidak digunakan.

2. Bermain Game Terlalu Lama Jadi Penyebab HP Cepat Panas

HP yang digunakan untuk bermain game juga akan cepat panas, disamping baterainya yang cepat habis. Kondisi ini sangat wajar terjadi karena bermain game terutama game berat seperti Mobile Legend membuat kinerja GPU HP menjadi bekerja lebih keras. Hal inilah yang menjadi penyebab HP cepat panas.

Untuk menghindari masalah HP yang lebih serius akibat terlalu lama digunakan untuk bermain game, buatlah jadwal main game lebih terkontrol. Idealnya cukup bermain 1 sampai 2 jam saja kemudian istirahatkan HP sejenak agar GPU normal kembali sehingga suhu HP akan turun. Jika ingin digunakan untuk bermain game, sebaiknya cari rekomendasi HP tidak cepat panas 2020 dengan spesifikasi mumpuni sehingga tidak akan bermasalah meskipun kamu gunakan untuk bermain game terus menerus.

3. Penggunaan Aplikasi Streaming Terlalu Lama

Kebiasaan menonton video atau film melalui HP bisa menjadi penyebab HP cepat panas lho! Apalagi jika kamu menontonnya sampai marathon atau terlalu lama, HP menjadi lebih cepat panas.

Aplikasi streaming membutuhkan koneksi internet yang cepat. Kondisi ini membuat daya yang dikeluarkan HP menjadi lebih besar, inilah yang menyebabkan HP menjadi lebih cepat panas. Tidak hanya itu, menonton aplikasi streaming yang terlalu lama juga membuat baterai menjadi lebih cepat habis sekaligus menjadi penyebab LCD HP cepat panas. Jika kebiasaan ini tidak bisa kamu kontrol, HP akan menjadi lebih cepat rusak.

4. Terdapat Bugs Pada Aplikasi atau Software HP

Penggunaan aplikasi atau software yang memiliki bugs bisa mendatangkan beberapa masalah untuk HP, termasuk smartphone menjadi cepat panas. Kondisi ini terjadi karena prosesor menjadi tidak bisa bekerja dengan optimal. Untuk mengurangi risiko penyebab HP cepat panas ini, ada baiknya kamu rutin melakukan update aplikasi karena dengan cara ini bisa mengurangi bugs yang ada pada HP.

Selain update aplikasi, melakukan update sistem operasi juga bisa meminimalisir masalah HP karena adanya bugs tersebut. Dengan melakukan update, akan ada banyak bugs yang diperbaiki sehingga prosesor HP bisa bekerja dengan optimal kembali.

5. Faktor Lingkungan Juga Menjadi Penyebab HP Cepat Panas

Disadari atau tidak, faktor lingkungan ternyata juga bisa menjadi penyebab HP Vivo cepat panas. Coba perhatikan, disaat kondisi cuaca panas dan kamu berada di luar ruangan, HP akan menjadi lebih cepat panas. Untuk menghindari hal tersebut, sebisa mungkin hindari HP terkena sinar matahari secara langsung.

Tidak hanya membuat HP menjadi lebih cepat panas, sinar matahari ternyata juga bisa membuat kerusakan pada LCD HP. Jika terpapar sinar matahari terlalu lama, layar sentuh menjadi tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan baterai panas serta lebih cepat habis.

6. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan ternyata juga bisa menjadi penyebab HP cepat panas. Semakin banyak aplikasi yang kamu buka dalam satu waktu, maka akan semakin cepat panas juga HP yang kamu gunakan. Tidak hanya itu, terlalu banyak membuka aplikasi juga akan membuat baterai HP lebih cepat habis.

Untuk mengoptimalkan kinerja HP, sebaiknya jangan membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Tutuplah aplikasi yang tidak digunakan agar tidak mengganggu performa aplikasi lainnya. Jika kamu malas menutup aplikasi satu per satu, manfaatkan fitur cleans recent app yang ada pada HP kamu.

7. Kualitas Baterai HP Buruk

Kualitas baterai HP yang buruk juga bisa menjadi salah satu penyebab HP cepat panas. Usia baterai usang juga membuat kualitasnya menjadi menurun sehingga baterai dan HP kamu cepat panas. Jika kondisi ini tetap kamu paksakan, HP akan menjadi cepat rusak.

Jika dirasa usia baterai kamu sudah cukup lama, ada baiknya lepas kemudian ganti dengan baterai yang baru. Dengan cara ini, tidak hanya membuat kapasitas baterai menjadi lebih awet akan tetapi juga mengurangi risiko HP cepat panas. Sayangnya, saat ini banyak HP yang menggunakan jenis baterai tanam sehingga kamu tidak bisa melakukan penggantian baterai jika terjadi kerusakan.