Intel Core i series atau AMD Ryzen series?

Intel Core i series atau AMD Ryzen series?
https://www.cgdirector.com/intel-core-vs-amd-ryzen/

Processor merupakan jantung utama dari sebuah komputer/Laptop. Dalam artikel kali ini akan membahas Intel VS AMD yang telah lama bermain diranah Central Processing Unit(CPU).

Layaknya otak manusia processor merupakan komponen terdepan dalam menjalankan semua perintah yang diperlukan dalam komputasi komputer.Tanpa processor laptop ibarat barang rusak yang tidaka kan beroperasi layaknya sebuah komputer.

 

Prosesor Intel vs AMD, Manakah yang Lebih Layak Dibeli?

Sebenarnya, brand prosesor di pasaran cukup banyak, geng. Namun hanya 2 brand yang mampu mendominasi pasar prosesor saat ini, yakni Intel Core dan AMD Ryzen.

Intel Core memiliki sejarah panjang dan reputasi yang lebih baik dibandingkan AMD. Prosesor Intel Core menawarkan teknologi canggih yang berkualitas premium di kelas atas.

Sedangkan, AMD pada zaman dahulu merupakan pilihan alternatif bagi orang yang merakit PC namun dengan budget yang minimum. Meskipun murah, AMD zaman dahulu juga nggak jelek-jelek amat, geng.

Pada tahun 2013, dominasi Intel Core sempat tak terbendung oleh AMD. AMD terancam merugi dan gulung tikar akibat inovasinya yang dinilai tak berkembang.

Namun, segala hal berubah pada tahun 2017 ketika AMD memperkenalkan prosesor baru besutan mereka, yakni Ryzen Series.

Semua orang langsung terpesona akibat performa dan juga harganya yang murah.

Kok bisa, ya, AMD Ryzen memiliki performa yang tidak kalah dengan prosesor Intel namun dibanderol dengan harga lumayan miring? Yuk, simak perbandingan AMD vs Intel di bawah ini!

 

Intel VS AMD

Segi Harga Dan Performa Processor

          sumber : reddit

Dalam sebuah uji baik itu menjalankan aplikasi maupun gaming berat masing-masing CPU ini menjalankan kelebihannya. Namun dari segi grafis AMD adalah pemenang berkat Ryzen 5 2400G yang mengemas grafik Vega diskrit kuat yang mengungguli teknologi grafis onboard Intel dengan pesat.

Untuk kebutuhan laptop high-end Intel tidak mau kalah dengan menerapkan multi core yang sekaligus dapat mengatur kebutuhan suhu panas dihasilkan processor. Namun jika kebutuhan grafis anda tinggi AMD adalah pilihan terbaik untuk grafis terintegrasi, yang menjadikan AMD lebih unggul untuk multitasking.

Temperature Management

sumber : pedialoka

Untuk urusan manajemen suhu Intel lebih unggul untuk mengatur kebutuhan suhu ketika processor bekerja. Karena suhu harus tetap terjaga agar jangan sampai overheat yang mengakibatkan kinerja processor menjadi melemah. Intel didukung teknologi hypercooling processor yang menunjang kinerja suhu saat suhu mulai meningkat.

Overclocking

Intel VS AMD Overclocking          sumber : rogasus

Overclocking berarti cara kerja CPU biasanya terkunci pada kecepatan jam tertentu. CPU bekerja berdasarkan algoritma yang sudah diatur oleh pembuatnya yang memungkinkan untuk bekerja sesuai mekanisme yang berlaku, jika satu perintah dikerjakan selesai akan muncul perintah selanjutnya untuk dieksekusi.

Graphics Game Comparison

                                      sumber : tomhardware

Grafis perbandingan untuk urusan rendering game CS GO di antara keduanya. Nampaknya AMD lebih untuk untuk urusan ini, karena AMD sudah tertanam GPU terpisah yang tidak memberatkan kinerja processor. AMD betul memperhatikan untuk urusan gaming bagi para gamers.

Kecepatan FPS(Frame Per Secod)

Intel VS AMD          sumber : extremetech

Frame per second ini urusan processor untuk bekerja dengan optimal. Teknologi yang dimiliki keduanya memungkinkan untuk bekerja secara komputasi frame per second, biasanya CPU akan bekerja membaca fps terutama gaming berat.

Kesimpulannya Intel dan AMD sama-sama memiliki keunggulan masing-masing, untuk Intel di Harga Laptop dia sudah menanam chip mobile yang menjadikannya tidak memakan tempat di ruang laptop, dan AMD unggul dari segi multitasking,gaming karena AMD sudah bekerja sama dengan perusahaan grafis Nvidia mengembangkan processor GPU urusan gaming.