Islam sebagai Falsafah Pembangunan Bangsa

Islam sebagai Falsafah Pembangunan Bangsa

Perkembangan Pemikiran Islam tentang konsep islam dalam masalah sosial dan politik. 

 

Cianjur, 24 Januari 2020 pada kegiatan Advance Training yang diselenggarakan oleh Badko HmI Jawa Barat, andito hadir sebagai salah satu pemateri yang membahas terkait " perkembangan pemikiran islam tentang konsep islam dalam masalah sosial dan politik" mengklasifikasi masyarakat berdasarkan ideologi teritori setidaknya ada dua item, Pertama konservatif, dalam aspek ini menerangkan bahwa masyarakat memiliki sifat lokal ataupun terkait dengan tradisi yang ada. Kedua, Modernis, dalam perspektif ini masyarakat di identikan dengan sisi kosmopolit, artinya secara aspek pemikiran cenderung terbuka, kemudian condong memiliki aspek standarisasi juga individualis. 

 

Dalam sisi lain jika diliat dari perspektif antropologi pun, kita bisa berikan sebutan terkait dua hal , yakni pesisir yang berkarakter modernis dan agraris yang berkarakter konservatif.

 

" Islam modernis lebih siap untuk membangun negara " tutur andito. Karenanya, menurutnya sudah seharusnya masyarakat jika ingin berpandangan terkait falsafah kenegaraan seyogyanya agar memandang melalui perspektif modernis. Apalagi berbicara terkait kenegaraan. Berbicara kehidupan maka akan berbicara kontrak sosial. Kontrak sosial terkecil adalah keluarga, sedangkan kontrak terbesar adalah negara. Imbuh andito.