Keistimewaan Tanaman Hias Janda Bolong Dan Membuat Harganya pun Menjadi Mahal

Tanaman janda bolong tengah menjadi buah bibir di kalangan pecinta tanaman hias Tanah Air. Bahkan, tanaman ini dibanderol hingga Rp100 juta di e-commerce

Keistimewaan Tanaman Hias Janda Bolong Dan Membuat Harganya pun Menjadi Mahal

Tanaman janda bolong tengah menjadi buah bibir di kalangan pecinta tanaman hias Tanah Air. Bahkan, tanaman ini dibanderol hingga Rp100 juta di e-commerce. Asal tahu saja, janda bolong terdiri dari tiga jenis, yakni: janda bolong regular (nirvarigata) dengan rentang harga ratusan ribu rupiah, janda bolong varigata dengan rentang harga puluhan juta rupiah, dan janda bolong obliqua yang harganya paling mahal--karena ada nilai estetika pada daunnya.

Spekulasi para peneliti lubang-lubang tersebut terbentuk karena monstera mengalami preforasi (proses pelubangan akibat tetesan air) yang cukup intens. Lubang itu pula yang membuatnya dinamai janda bolong.

Berikut ini adalah beberapa hal istimewa yang akan membuat harga janda bolong mahal :

1. Memperbaiki Kualitas Udara

Monstera atau Janda Bolong juga dapat memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam ruangan. Daun monstera yang lebar mempunyai lapisan seperti lilin yang bisa menangkap debu. Hal ini membuat suasana rumah bisa menjadi lebih bersih. Monstera juga bisa memunculkan kelembapan yang baik pada ruangan sehingga suasana di dalam rumah akan menjadi lebih sejuk dan tidak terlalu kering.

2. Mudah Dirawat

Berbeda dengan jenis tanaman tropis lainnya yang memerlukan banyak cahaya matarasi , monstera justru cukup pengertian dengan kondisi ruangan yang minim pencahayaan alami. Ia juga mampu bertahan jika ditempatkan di area dengan pendingin ruangan.

Jadi kamu nggak perlu repot-repot mimndahkan monstera dari dalam ke luar ruangan hanya untuk mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Meski lingkungan yang sejuk akan membuatnya tumbuh lebih lambat, namun warna daunnnya akan berubah semakin pekat dan indah dobandingkan saat tumbuh di ruang terbuka yang panas. Rata-rata suhu ruangan yang ideal untuk si Janda bolong ini adalah 23030 derajat celcius di siang hari, dan 15 derajat celcius pada malam hari.

3. Bagus untuk Mata

Bosan harus di rumah saja agar terhindar dari risiko virus corona? Cobalah memelihara dan memandang tanaman janda bolong yang tumbuh dengan indah. Dibandingkan melihat layar komputer atau gawai, menatap tumbuhan hijau seperti janda bolong jauh lebih sehat untuk penglihatan Anda. Hal ini bisa memberikan efek relaksasi untuk mata dan tubuh.

4. Bernilai investasi

Seperti yang diketahui, tanaman hias janda bolong ini bernilai ratusan juta rupiah. Jika kamu memilikinya, maka bisa menjadi bentuk investasi lho. Kamu bisa mulai membudidayakannya di rumah dan menjualnya. Namun perlu diketahui, dalam membeli janda bolong juga harus berhati-hati agar tidak muda tertipu.

Oke jadi itu dia yang membuat harga tanaman hias Janda Bolong ini menjadi mahal semenjak Covid 19 menyerang indonesia.