Kerja di Rumah, Manusia Dan Robot Akan Bekerja Dalam Tim Bersama

Manusia Dan Robot Akan Bekerja Dalam Tim Bersama Dalam lima tahun ke depan, dan kita harus bersiap-siap untuk dampak perubahan yang akan terjadi pada otak kita.

Kerja di Rumah, Manusia Dan Robot Akan Bekerja Dalam Tim Bersama
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

kantorpemuda.com -

“Robot bukanlah pembunuh pekerjaan yang kita semua takuti”

Kadang Manusia selalu ketakutan dengan otomatisasi yang akan menggantikan pekerjaan manusia agar bertambah cepat. Ya, memang benar, bahwa "robot perangkat lunak", atau apa yang kita sebut pekerja digital, melakukan lebih banyak pekerjaan yang secara tradisional dilakukan oleh pekerja manusia. 

Ada kesalahpahaman yang melekat dalam klaim-klaim ini. Robot pekerja digital dilatih untuk melakukan tugas-tugas hafalan yang dilakukan manusia secara manual, mereka tidak menghilangkan pekerjaan dengan cara yang akan memaksa banyak orang memasuki masa pensiun dini. Tetapi Kemampuan ini sebenarnya membuat pekerjaan lebih efektif dan menarik bagi manusia serta sambil menciptakan peluang baru untuk kemajuan individu dan organisasi.

Berikut adalah beberapa cara pekerja digital secara positif menjungkirbalikkan bisnis saat ini dan meningkatkan tempat kerja untuk semua.

TINGKAT KELINCAHAN OPERASIONAL YANG LEBIH TINGGI

Di seluruh angkatan kerja, karyawan individu biasanya memiliki serangkaian keterampilan dan kemampuan, kekuatan, dan kelemahan yang berbeda — hal yang sama berlaku dalam tenaga kerja manusia dan digital yang dicampur. Sementara ada beberapa tanggung jawab yang lebih cocok untuk seseorang di departemen SDM vs keuangan, ada tugas serupa yang lebih baik selaras dengan keahlian pekerja digital. Namun, dengan campuran tenaga manusia dan digital, masing-masing dapat disesuaikan dengan keterampilan masing-masing untuk tenaga kerja yang sepenuhnya dioptimalkan untuk setiap tugas.

Coba Bayangkan kita selaku pemimpin perusahaan yang me-pertimbangkan karyawan kita sendiri. Ada gak sih, orang yang suka melakukan entri data manual, dan mungkin dapat menghabiskan sepanjang hari mereka untuk mengerjakan satu tugas itu-itu saja setiap harinya, tentunya dituntut untuk tanpa membuat kesalahan? Kebanyakan dari mereka memerlukan istirahat untuk memeriksa penglihatan atau kewarasannya bukan? tetapi ini mungkin masih merupakan pekerjaan yang perlu dilakukan oleh manusia. Seorang pekerja digital tetap dapat dengan mudah menerima tugas ini dan menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna.
 

Dengan bantuan Rekan-rekan robot digital ini juga mengarsipkan semua proses, persyaratan yang membosankan tetapi mereka tetap perlu untuk kepatuhan dalam sitem kerja yang di kendalikan oleh manusia. Dengan demikian robot sebetulnya sangat dibutuhkan dalam sistem pekerjaan agar lebih efisien, dan maka karyawan sekarang dapat fokus pada aktivitas yang bernilai lebih tinggi dan berdampak pada layanan pelanggan, menggunakan keterampilan, pelatihan, dan pendidikan mereka untuk melakukan pekerjaan yang lebih menarik dan kreatif.

PEKERJAAN YANG BERARTI

Tidak hanya pekerja robot digital dapat berkontribusi pada tenaga kerja yang lebih efektif secara keseluruhan, mereka juga dapat menghasilkan karyawan yang lebih bahagia. Lebih sering daripada tidak, otomatisasi membebaskan karyawan dari bagian-bagian pekerjaan yang membosankan yang membutuhkan waktu dan upaya yang cukup besar untuk dicapai. Sebagai imbalannya, mereka memiliki lebih banyak peluang untuk mengejar proyek yang benar-benar mereka sukai.

Salah satu contohnya adalah di perusahaan media cetak atau online, di mana jurnalis keuangan menghasilkan laporan tentang bisnis yang ditugaskan untuk mereka liput. Pekerjaan mereka untuk mengembangkan analisis yang mendalam terhalang oleh kebutuhan untuk menulis laporan stok yang panjang, sampai akhirnya mereka mengotomatisasi produksi sistem digital dalam laporan stok. Dan tentunya ini telah memberi para jurnalis lebih banyak waktu untuk menghasilkan analisis yang bijaksana, yang tidak hanya merupakan bagian yang lebih menguntungkan dari peran mereka tetapi juga merupakan tawaran yang lebih berharga bagi klien.

Dalam beberapa kasus, pekerja robot digital bahkan diperkenalkan sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk meningkatkan kebahagiaan dan keterlibatan karyawan. Menurut penelitian saya, 87% pekerja berpengetahuan, nyaman untuk bekerja bersama tenaga kerja digital dalam mengasah keterampilan yang lebih efisien. Langkah kecil itu telah membantu karyawan menganggap mereka sebagai anggota tim mereka, dan peningkatan produktivitas serta kemampuan untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat telah membuat pekerjaan lebih bermanfaat.

TENAGA KERJA MANUSIA YANG DIPERKUAT

Otomatisasi tanpa diragukan lagi mengubah cara kita bekerja dan akan memainkan peran penting di tempat kerja di masa depan, tetapi masa depan ini tidak akan ditandai dengan malapetaka dan kesuraman yang digambarkan sebagian besar film fiksi ilmiah. Harapan kita tentang masa depan adalah Tenaga Kerja Digital untuk Setiap Perusahaan — bukan untuk menggantikan, tetapi untuk memperkuat karyawan manusia dan mendorong produktivitas, efisiensi, dan inovasi yang lebih besar .

Ketika karyawan memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir kritis dan kreatif, mereka dapat membawa ide-ide inovatif yang nyata, dan menikmati dalam melakukan pekerjaannya. Karena kita terus melihat angka pengangguran yang rendah, bisnis yang mempekerjakan robot pekerja digital dan kolega manusia yang bekerja bersama mereka akan mendapatkan banyak keuntungan.