Kondisi Sosial Mempengaruhi Peluang Bisnis

Dalam dunia bisnis, para pebisnis yang bermain di dalamnya sering menghadapi permasalahan ketidakpastian yang bisa ditimbulkan dari berbagai hal..

Kondisi Sosial Mempengaruhi Peluang Bisnis
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Kondisi Sosial
Kondisi sosial adalah keadaan masyarakat suatu negara pada saat tertentu. Di Indonesia kondisi sosial ini terbagi menjadi dua yaitu kondisi sosial masyarakat pedesaan dan kondisi sosial masyarakat perkotaan. Kondisi sosial masyarakat pedesaan dipengaruhi oleh keunikan geografi, sosial, ekonomi, politik dan budaya. Masyarakat pedesaan diberikan wewenang untuk mengelola serta mengatur pemerintahannya sendiri dan mereka sering berinteraksi langsung dengan lingkungan alamnya yang masih asli sehingga hal ini memicu hampir seluruh lapisan masyarakat pedesaan untuk bekerja dengan bertani, berkebun, ataupun bisnis perikanan. Sedangkan kondisi sosial masyarakat perkotaan dipengaruhi dengan kehidupan yang heterogen dan kompleks. Dari segi persebaran penduduk, masyarakat perkotaan lebih padat di satu wilayah dan rela hidup berdesakdesakan dalam lingkup kehidupan yang heterogen dengan dilengkapi fasilitas yang memadai daripada harus tersebar sesuai wilayah yang ditinggali dengan fasilitas yang kurang memadai. Masyarakat perkotaan juga lebih identik dengan karakteristik individualisme dan jarang bisa menghargai seseorang daripada masyarakat pedesaan yang lebih identik dengan
karakteristik menjunjung tinggi adat-istiadat dan sangat menghargai orang lain.

Kondisi lingkungan yang dapat mempengaruhi keputusan untuk berbisnis
Kondisi lingkungan yang dapat mempengaruhi keputusan untuk berbisnis dibagi menjadi 10 yaitu Pertama, lingkungan internal yang berasal dari sumber daya manusia dan fisik yang dapat mempengaruhi bisnis secara langsung. Kedua, lingkungan eksternal yang berasal dari institusi atau kekuatan luar yang potensial yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi. Ketiga, lingkungan eksternal khusus yang secara langsung relevan mempengaruhi kinerja perusahaan. Keempat, lingkungan eksternal umum yaitu lingkungan yang tidak terlalu mempengaruhi kinerja perusahaan secara langsung. Kelima, kondisi ekonomi yaitu menciptakan pengaruh pada bisnis dalam pola timbal-balik. Misalnya, kestabilan dan pertumbuhan ekonomi akan mempengaruhi dunia usaha, dan perkembangan dunia usaha akan mewujudkan kestabilan ekonomi. Keenam, kondisi politik dan hukum yaitu dengan membatasi kebijakan manajerial, termasuk dalam hal pengelolaan sumber daya manusia. Ketujuh, kondisi sosial budaya yang mempengaruhi minat konsumen dengan tren yang sedang berkembang. Kedelapan, kondisi demografi yaitu menciptakan karakteristik masyarakat yang berpengaruh langsung pada sumber daya manusia. Kesembilan, teknologi yang berpengaruh dalam pengembangan usaha. Kesepuluh, globalisasi yaitu menciptakan pasar yang besar dan pesaing yang semakin tajam.

Inovasi baru
Menurut Everett M. Rogers, inovasi merupakan sebuah ide, gagasan, objek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan ataupun diadopsi.