kopi kekinian di Jakarta

kopi kekinian di Jakarta

Industri kopi sedang berkembang. Menurut data dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, industri kopi di Indonesia berkembang agresif. Pada 2016 nilai ekspor kopi mencapai US$428 juta dan pada 2018 meningkat signifikan menjadi US$580 juta. Diproyeksikan industri kopi Indonesia akan terus bertumbuh ke arah yang positif. Berkembangnya industri kopi ini tak bisa lepas dari fakta bahwa saat ini kedai kopi sedang sangat menjamur.

Setiap kedai kopi terus berlomba-lomba berinovasi. Konsep kedai kopi semakin hari semakin beragam. Diantara banyaknya konsep kedai kopi, terdapat konsep kedai to go. Konsep to go ini berkembang pesat, karena kedai-kedai kopi ini menyediakan pelayanan yang cepat, yang mana hal ini sangat diperlukan bagi konsumen "sibuk". Maka, berikut ini akan kami uraikan beberapa gerai kopi to go yang bisa jadi opsi bagi kalian.....

 

Toko Kopi Tuku

descriptionInstagram/Tokokopituku

Toko Kopi Tuku adalah gerai kopi milik Andanu Prasetyo, Toko Kopi Tuku sempat menjadi berbincangan dimana-dimana, dikarenakan beberapa tahun yang lalu gerai kopi ini dikunjungi oleh orang nomor satu di Indonesia yaitu Presiden Jokowidodo. Kala itu, Presiden memesan "kopi susu tetangga", yang merupakan menu kopi signature dari Toko Kopi Tuku. Cita rasa dari kopi Tuku ini juga dikenal enak, tak hanya bagi masyarakat awam namun juga bagi para coffee expert. Nama Tuku itu sendiri berarti "Beli", dengan nama tersebut Tuku memposisikan diri sebagai toko kopi yang menjual beraneka ragam menu kopi dan biji kopi yang dijual eceran. Kopi Tuku ini juga memiliki misi, yaitu ingin agar produk kopinya dapat dekat dengan masyarakat dan masyarakat pun dapat menikmati kopi yang freshly roast, freshly ground, dan freshly brewed.

 

Kedai Kopi Kulo

descriptionInstagram/kedaikopikulo

Ditengah-tengah sedang berkembangnya bisnis kopi munculah Kedai Kopi Kulo. Kedai Kopi Kulo pertama kali muncul pada 2017. Sebagai salah satu "pemain" di Industri kopi, kopi Kulo menyediakan beragam menu unik. Kopi Kulo tak hanya menjual kopi semata, melainkan ia menjual kopi dengan banyak varian rasa, salah satu menu andalannya adalah kopi Avocatto (perpaduan ekspresso, alpukat dan vanila). Gerai Kopi Kulo ini terus menjamur, bahkan kini gerai Kopi Kulo sudah ada diberbagai wilayah di Jakarta.

Kopi Kenangan

descriptionInstagram/kopikenagan.id

Selanjutnya ada Kopi Kenangan. Kopi Kenangan merupakan salah satu merk kedai kopi "baru", walau baru, pertumbuhan kedai ini sangat amat cepat bahkan pihak Kopi Kenangan sendiri men-klain bahwa ia adalah "the fastest growing non-franchise coffee chain in Indonesia". Kopi Kenangan dapat bersaing secara baik, tak lain dan tak bukan karena produk kopinya yang berkualitas dan banyak menyajikan menu yang inovatif.

Kopi Janji Jiwa

descriptionInstagram/kopijanjijiwa

Janji Jiwa mengadopsi konsep fresh-to-cup yang menyajikan pilihan Kopi lokal Indonesia. Penyajian kopi pada kedai kopi Janji Jiwa dilakukan dengan metode yang trendi dan kekinian. Tak hanya itu, Kopi Janji Jiwa juga berkomitmen untuk terus memberikan produk bercita rasa kopi kualitas tinggi. Untuk menjaga kualitas mutu Kopi Janji Jiwa memakai biji yang dibeli langsung dari petani serta diproses secara teliti, Kopi Janji Jiwa juga memanggang biji kopi tersebut dengan standar international oleh roaster yang berkompeten sehingga menjamin cita rasa yang konsisten saat diminum.

"Menghadirkan produk klasik bercita rasa kopi adalah janji kami". 

Saat ini gerai kopi Janji Jiwa telah tersebar diberbagai daerah, hal ini dapat terjadi, juga dikarenakan kopi Janji Jiwa membuka peluang bagi para pebisnis untuk melakukan francise.

Fore Coffee

descriptionInstagram/fore.coffee

Fore Coffee mulai beroperasi pada tahun 2018, hadirnya Fore Coffee disinyalir untuk turut meramaikan geliat industri kopi yang kian bergairah terutama sejak beberapa tahun terakhir, dan juga berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi positif di Indonesia. Nama fore berasal dari kata "forest", dengan nama tersebut diharapkan kedai ini dapat berkembang tinggi menjulang, cepat, dan kuat. Selain itu, hadirnya Fore Coffee diharapkan juga dapat sekaligus memberikan kehidupan bagi lingkungan sekitarnya, seperti hal nya hutan. Hal yang menjadi "pembeda" Fore Coffee dengan kedai kopi pada umumnya, terletak pada konsepnya. Fore Coffee mengusung konsep futuristik dan eco friendly pada setiap kopi dan gerai-gerainya.