Laga Liverpool-Atletico Sebabkan 41 Kematian karena Covid-19

KEPUTUSAN untuk mengizinkan digelarnya laga Liga Champions antara Liverpool dan Atletico Madrid kemungkinan bertanggung jawab atas 41 kematian akibat covid-19. Hal itu diungkapkan surat kabar The Sunday Times, Minggu (24/5). The Reds menjamu Atletico di laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Anfield pada 11 Maret di hadapan sekitar 5.200 penonton dengan 3 ribu penonton adalah pendukung tim tamu. Laga itu merupakan laga sepak bola terakhir yang dimainkan di Inggris sebelum lockdown untuk mengatasi penyebaran covid-19. Baca juga: Satu Pemain Bournemouth Positif Korona Menurut Sunday Times, Edge Health, yang menganalisa data untuk Otoritas Kesehatan Nasional Inggris, memperkirakan laga itu terkait dengan 41 kematian akibat covid-19 di rumah sakit di Liverpool, antara 25 dan 35 hari kemudian. Imperial College London dan Oxford University memperkirakan Spanyol telah memiliki 640 ribu kasus positif covid-19 pada saat laga itu digelar dibandingkan Inggris, yang kala itu, baru memiliki 100 ribu kasus. Di saat yang lama, kejuaraan balap kuda Cheltenham Festival di barat daya Inggris juga diizinkan digelar karena pemerintah mengklaim saat itu masih aman untuk menggelar kegiatan olahraga. Menurut perhitungan Edge Health yang dikutip Sunday Times, keputusan itu menyebabkan 37 kematian akibat covid-19. Lebih dari 250 ribu orang menghadiri Cheltenham Festival dengan penyelenggara bersikeras mereka menerapkan aturan kesehatan yang ketat. Namun, kegiatan balap kuda di Inggris akhirnya dibekukan pada 17 Maret akibat covid-19. Bulan lalu, salah satu wali kota Liverpool menyerukan penyelidikan mengapa laga kontra Atletico itu diizinkan digelar. "Jika warga tertular covid-19 sebagai akibat kegiatan olahraga yang seharusnya tidak digelar, itu adalah sebuah skandal," seru Steve Rotheram, Wali Kota Kawasan Liverpool City. "Harus diselidiki apakah mereka yang terinfeksi covid-19 di Liverpool tertular dari pendukung Atletico Madrid. Pasalnya, Madrid adalah salah satu hotspot covid-19," pungkasnya. (AFP/OL-1) Let's block ads! (Why?)

 Laga Liverpool-Atletico Sebabkan 41 Kematian karena Covid-19
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

KEPUTUSAN untuk mengizinkan digelarnya laga Liga Champions antara Liverpool dan Atletico Madrid kemungkinan bertanggung jawab atas 41 kematian akibat covid-19. Hal itu diungkapkan surat kabar The Sunday Times, Minggu (24/5).

The Reds menjamu Atletico di laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Anfield pada 11 Maret di hadapan sekitar 5.200 penonton dengan 3 ribu penonton adalah pendukung tim tamu.

Laga itu merupakan laga sepak bola terakhir yang dimainkan di Inggris sebelum lockdown untuk mengatasi penyebaran covid-19.

Baca juga: Satu Pemain Bournemouth Positif Korona

Menurut Sunday Times, Edge Health, yang menganalisa data untuk Otoritas Kesehatan Nasional Inggris, memperkirakan laga itu terkait dengan 41 kematian akibat covid-19 di rumah sakit di Liverpool, antara 25 dan 35 hari kemudian.

Imperial College London dan Oxford University memperkirakan Spanyol telah memiliki 640 ribu kasus positif covid-19 pada saat laga itu digelar dibandingkan Inggris, yang kala itu, baru memiliki 100 ribu kasus.

Di saat yang lama, kejuaraan balap kuda Cheltenham Festival di barat daya Inggris juga diizinkan digelar karena pemerintah mengklaim saat itu masih aman untuk menggelar kegiatan olahraga.

Menurut perhitungan Edge Health yang dikutip Sunday Times, keputusan itu menyebabkan 37 kematian akibat covid-19.

Lebih dari 250 ribu orang menghadiri Cheltenham Festival dengan penyelenggara bersikeras mereka menerapkan aturan kesehatan yang ketat.

Namun, kegiatan balap kuda di Inggris akhirnya dibekukan pada 17 Maret akibat covid-19.

Bulan lalu, salah satu wali kota Liverpool menyerukan penyelidikan mengapa laga kontra Atletico itu diizinkan digelar.

"Jika warga tertular covid-19 sebagai akibat kegiatan olahraga yang seharusnya tidak digelar, itu adalah sebuah skandal," seru Steve Rotheram, Wali Kota Kawasan Liverpool City.

"Harus diselidiki apakah mereka yang terinfeksi covid-19 di Liverpool tertular dari pendukung Atletico Madrid. Pasalnya, Madrid adalah salah satu hotspot covid-19," pungkasnya. (AFP/OL-1)

Let's block ads! (Why?)