Makanan Khas Daerah Cirebon Yang Harus Kamu Coba Saat Berlibur Kesana

Makanan khas Cirebon sangat beragam. Sebut saja empal gentong atau nasi jamblang yang sudah terkenal ke seluruh penjuru daerah di Indonesia

Makanan Khas Daerah Cirebon Yang Harus Kamu Coba Saat Berlibur Kesana

Makanan khas Cirebon sangat beragam. Sebut saja empal gentong atau nasi jamblang yang sudah terkenal ke seluruh penjuru daerah di Indonesia. Tak salah jika dua makanan khas Cirebon ini cukup mudah untuk didapatkan di kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Namun sesungguhnya masih banyak kuliner Cirebon yang tak kalah enak dan juga dengan harga yang murah. Terlebih beberapa kuliner Cirebon sangat unik karena lokasinya yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Perpaduan dua budaya yang berbeda tentu bisa dirasakan lewat kuliner khas Cirebon yang terkenal nikmat.

Lalu apa saja makanan khas dari daerah cirebon ?, Yuk simak artikel berikut ini :

1. Empal Gentong

Transformasi Empal Gentong dari Dulu hingga Sekarang : Okezone Lifestyle

Empal Gentong memang sudah tak asing lagi karena kuliner khas Cirebon satu ini memang sudah sangat populer di berbagai daerah di luar Cirebon. Kuliner tradisional yang dimasak menggunakan kuali tanah liat dan kayu bakar ini memiliki cita rasa gurih yang kuat dan tak pernah gagal berikan sensasi rasa lezat bagi siapa saja yang menikmatinya.

2. Nasi Lengko

Menikmati Nasi Lengko, Makanan Khas Cirebon - SEWA MOBIL HIACE

Di Cirebon sendiri, selain Nasi Jamblang, juga ada satu jenis olahan kuliner yang disebut dengan Nasi Lengko. Berbeda dengan Nasi Jamblang, kuliner yang satu ini bisa dibilang lebih menyehatkan.Kenapa? Karena lebih menggunakan beragam sayuran. Selain itu, adanya guyuran sambal kacang membuat citarasa Nasi Lengko menjadi beragam, tak terkecuali rasa gurih. Jika Anda berpikir tentang pecel, bisa dibilang Nasi Lengko adalah pecelnya orang Cirebon.

3. Mie Koclok

Pin on KULINER NUSANTARA

Mie koclok adalah Makanan khas Cirebon ini sering menjadi sajian spesial saat gelaran doa orang yang sudah wafat. Tapi berjalannya waktu orang mulai menjual mie koclok di berbagai sudut di Kota Cirebon. Makan mie koclok paling asik saat cuaca dingin, sebab kuahnya mengandung lada putih dan bisa menghangatkan tubuh. Mie yang digunakan untuk membuat mie koclok adalah mie kuning yang tidak mengandung bahan pengawet, kemudian dibumbui dengan bahan berkualitas dan disajikan dengan telur rebus beserta daging ayam suwir.

4. Sate Kalong

Sate Kalong, Kuliner Khas Cirebon Yang Legendaris

Sate Kalong adalah makanan yang cukup unik di Cirebon, tidak seperti namanya, kalong disini bukan berarti dagingnya berasal dari kelelawar melainkan karena ketika awal muncul pada 1900-an memang sate ini hanya dijual ketika matahari sudah terbenam. Sate Kalong sendiri berasal dari daging kerbau dan sekarang sudah ada beberapa yang menggunakan daging sapi. Sate Kalong memiliki cita rasa yang cukup manis layaknya dendeng karena sebelum dibakar sate dicelupkan ke dalam larutan gula merah.

5. Tahu Gejrot

Sensasi Tahu Gejrot Khas Cirebon - Citizen6 Liputan6.com

Tahu Gejrot adalah makanan khas Cirebon yang berbahan dasar tahu. Tahu dipotong agak kecil kemudian disiram kuah yang bumbunya gula, cabe, bawang putih, dan bawang merah. Biasanya tahu yang digunakan adalah tahu Sumedang, yang membuatnya unik adalah cara menyajikannya yang terletak pada piring kecil dan dimakan menggunakan batang lidi. Tahu Gejrot memiliki rasa yang gurih, pedas, dan sedikit manis. 

Nah itu dia makanan khas dari daerah cirebon, untuk kalian yang sedang berlibur ke daerah cirebon jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya yahh.