Makanan Khas Dari Kota Bandung

Jika Anda jalan-jalan ke Kota Bandung, belum lengkap rasanya jika belum berburu oleh-oleh khas Bandung

Makanan Khas Dari Kota Bandung

Bandung adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang menjadi destinasi favorit bagi para pelancong. Banyak orang ingin mengunjungi Bandung karena tempat ini menawarkan berbagai macam tujuan wisata, mulai dari tempat rekreasi, wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner.

Jika Anda jalan-jalan ke Kota Bandung, belum lengkap rasanya jika belum berburu oleh-oleh khas Bandung yang menggugah selera dan cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah dan teman-teman. Bandung banyak menawarkan makanan khas dengan cita rasa beragam yang sayang untuk dilewatkan.

Apa saja sih makanan khas Bandung yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh? Berikut ulasannya :

1. Siomay

Siomay, Makanan Khas Bandung
Ngomongin makanan khas Bandung, tentu aja enggak bisa tanpa ngomongin siomay. Makanan yang merupakan revolusi dari salah satu varian dimsum khas Chinese, shumai, ini memang lezat banget: berupa dumpling dengan luaran kulit khas yang diisi dengan adonan dari ikan tenggiri dan dimasak dengan steam. Ia lalu disajikan dengan bumbu kacang yang Indonesia banget - beda dengan dimsum shumai yang disajikan dengan saus cabai.
Meski siomay sudah bisa mudah ditemukan di daerah lain, tapi masih belum ada yang bisa mengalahkan Bandung sebagai pusatnya siomay enak. Enggak harus di tempat terkenal, siomay pinggir jalan di Bandung pun rata-rata lezat. 

2. Pisang Bolen

Pisang Bolen, Makanan Khas Bandung
Nah, kalau makanan khas Bandung yang satu ini biasanya jadi salah satu oleh-oleh wajib kalau liburan ke Bandung. Pisang bolen adalah semacam pastry berbentuk kubus berisi pisang dan dimasak dengan dipanggang. Selain rasa original, pisang bolen juga biasanya memiliki ragam rasa seperti rasa coklat dan keju.

3. Bandros

Bandros, Makanan Khas Bandung
Bandros adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung beras, parutan kelapa, dan santan. Makanan khas ini mirip banget dengan kue pancong yang merupakan kue tradisional Betawi - beberapa sumber bahkan menyebut enggak ada perbedaan bahan di antara keduanya.  Meski begitu, menikmati Bandros di taman sambil menikmati sore di Bandung jelas pengalaman yang gak bisa kamu dapatkan di kota lain. Gurihnya kelapa di lembutnya bandros memang tiada duanya.

4. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom, Makanan Khas Bandung
Oncom memang enak dikombinasikan dengan surabi, tapi oncom dan nasi adalah sahabat karib yang tak boleh dilepaskan dari kuliner Bandung. Itulah kenapa Nasi Tutug Oncom juga wajib dapat tempat di daftar ini, karena bayangkan saja nasi panas dikombinasikan dengan oncom, lalu disajikan dengan berbagai lauk pauk dan tentu saja sambal.

5. Mie Kocok

Mie Kocok Bandung
Mie Kocok Bandung adalah salah satu makanan khas Bandung lainnya yang gampang banget kamu temukan saat liburan ke Kota Kembang. Berupa semangkuk mie dengan kuah kaldu sapi kental dan dilengkapi dengan kikil, tauge, bakso, dan ditaburi seledri, bawang goreng, dan juga jeruk nipis.

6. Cuanki

Cuanki Bakso Bandung
Faktanya, cuanki berbeda dengan bakso malang. Meski sekilas penyajiannya memang mirip, tetapi dari segi isian maupun gaya pembuatan kuah, keduanya berbeda. Cuanki biasanya berisikan siomay goreng, siomay kukus, bakso halus, dan tahu, yang direbus dulu bersama kuahnya selama beberapa saat sebelum disajikan di mangkok. Beda dengan bakso malang yang isiannya tidak direbus dulu, melainkan disiram kuah di mangkok. Selain itu, kuah cuanki juga lebih kental dan gurih ketimbang bakso malang karena bumbu, penyedap, dan kaldu dibuat bersamaan.