Makanan Khas Solo Yang Paling Banyak Diminati

Solo merupakan pusat kuliner khas. Di setiap sudut kota, ada banyak penjaja kudapan hingga makanan tradisional. Oleh karena itu, sempurnakan liburan kamu di Solo dengan tak berkeliling kota untuk wisata budaya dan alam saja

Makanan Khas Solo Yang Paling Banyak Diminati

Selain wisata budaya dan alam, Solo merupakan pusat kuliner khas. Di setiap sudut kota, ada banyak penjaja kudapan hingga makanan tradisional. Oleh karena itu, sempurnakan liburan kamu di Solo dengan tak berkeliling kota untuk wisata budaya dan alam saja, melainkan berburu kulinernya juga.

Dari sekian banyak tempat kuliner di Solo, ada beberapa warung atau tempat makan yang sudah terkenal sejak puluhan tahun. Tempat tersebut sudah menjadi spot kuliner favorit para wisatawan maupun warga lokal. Selain tempatnya nyaman, hidangan yang disajikan pun memiliki cita rasa yang istimewa.

Berikut ini saya akan ngasih rekomendasi makanan khas solo. Yuk simak artikel berikut ini :

1. Serabi

serabi solo

Serabi merupakan camilan Solo yang terbuat dari bahan berupa tepung, santan, dan gula yang terdiri. Proses memasaknya adalah dipanggang sehingga cita rasa yang dihadirkan lebih terasa. Serabi termasuk ke dalam oleh-oleh camilan yang tidak bisa bertahan lama. Meskipun begitu, rasanya yang lezat dan khas membuat makanan ini menjadi favorit untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Kue Mandarijn Solo

Oleh-oleh roti sudah biasa. Tapi beda dengan oleh-oleh khas Solo berupa roti mandarijn. Ya, kue Mandarijn memang bukan roti biasa. Jika kalian jalan-jalan ke Solo, rasanya ada yang kurang jika tidak membawa oleh-oleh roti yang satu ini. Kue ini terkenal sejak tahun 1930an. Kue ini juga cukup tahan lama, hingga sekitar 1 minggu. Jadi sangat cocok untuk buah tangan. Kue Manjarijn sendiri memiliki beberapa varian. Pertama adalah kue Mandarijn Orion Biasa. Selain itu, ada juga kue Mandarijn Orion Kismis.

Dan yang paling lezat tentu saja kue Mandarijn Orion Spesial karena butternya lebih banyak dibanding varian lainnya. Bukan hanya itu saja, kue Mandarijn Orion Spesial juga lebih empuk rasanya. Dengan 3 varian yang tersedia, kalian bisa memilih sesuai selera masing-masing. Tentu saja, harganya juga berbeda-beda. Untuk menemukan roti ini kalian bisa datang langsung ke toko oleh-oleh khas Solo.

3. Es Gempol Pleret

es gempol pleret solo

Untuk kamu yang habis makan makanan khas solo dan ingin sesuatu yang segar, salah satu minuman yang kami rekomendasikan adalah es gempol pleret. Es gempol pleret adalah salah satu jenis minuman yang memiliki cita rasa manis. Minuman ini merupakan minuman khas Solo yang sangat jarang ditemukan. Hal inilah yang membuatnya menjadi lebih spesial. Es gempol pleret merupakan sebuah minuman khas yang unik karena isian yang dimilikinya. Es ini dibuat dari bola-bola yang berbahan dasar tepung beras.

4. Timlo

timlo

Makanan khas daerah solo yang satu ini mungkin terdengar asing ditelinga kamu. Namun, jika kamu sudah mencicipi sajian kuliner khas solo timlo yang berisi kembang tahu, telur, dan daging ayam atau sapi ini, pasti kamu akan ketagihan. Timlo lebih lezat disantap jika dalam keadaan masih hangat lho.

5. Gudeg Ceker

gudeg_ceker

Gudeg Ceker ini terdiri dari nangka muda, krecek, telur, daging ayam dan ceker ayam (kaki ayam). Salah satu penjual makanan yang terkenal di solo terdapat di trotoar Margoyudan dekat SMA N 1 Solo, dekat stasiun solo balapan. Tempat tersebut buka dari jam 1 dini hari sampai dengan jam 5 pagi.