Makanan Penyebab Vertigo Yang Harus Kamu Hindari Agar Tidak Kambuh

Vertigo lebih sering terjadi pada orang berusia 65 tahun ataupun lebih. Sensasi pusing yang berputar ini tentu mengganggu seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Makanan Penyebab Vertigo Yang Harus Kamu Hindari Agar Tidak Kambuh

Mungkin sebagian orang sudah akrab dengan istilah vertigo, yakni gejala penyakit yang ditandai dengan rasa pusing parah dan berputar. Ini dapat terjadi secara sementara ataupun dalam jangka waktu yang panjang.

Vertigo lebih sering terjadi pada orang berusia 65 tahun ataupun lebih. Sensasi pusing yang berputar ini tentu mengganggu seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Juga berisiko menyebabkan penderitanya kehilangan keseimbangan dan kesulitan untuk berbicara serta berjalan.

Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya vertigo adalah menjaga pola makan. Terdapat beberapa makanan yang harus dihindari karena bisa menjadi pemicu. Lantas, apa sajakah makanan penyebab vertigo? Simak selengkapnya di bawah ini!.

Pantangan/Makanan Penyebab Vertigo Kambuh

Pada dasarnya, vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Seringkali, rasa pusing akibat vertigo ini sangat mengganggu para penderitanya.

Maka dari itu, sebaiknya hindari berbagai makanan penyebabnya, yakni makanan dengan kandungan garam tinggi, alkohol, tyramine, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya, berikut adalah daftar makanan penyebab vertigo:

1. Kafein

article

Apakah kamu pecinta kopi? Jika iya, sebaiknya mulai sekarang batasi minum kopi. Sebab, kopi adalah minuman dengan kafein yang dapat meningkatkan sensasi berdenging di telinga. Selain kopi, hindari pula minuman atau makanan lainnya yang mengandung kafein seperti teh, cokelat, minuman soda, dan energi. Berbagai makanan dan minuman ini dapat memicu terjadinya vertigo. Bahkan, menurut penelitian yang dimuat dalam Nutritional Neuroscience pada tahun 2018, menghindari asupan kafein sangat baik untuk mencegah penyakit meniere yang berisiko menimbulkan vertigo.

2. Garam

article

Sebagai bumbu masakan, garam membuat rasa makanan menjadi jauh lebih berasa dan lezat. Namun, nyatanya mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan retensi air, yakni kelebihan cairan dalam tubuh. Kondisi ini dapat memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan tubuh yang pada akhirnya memicu vertigo. Maka dari itu, sebaiknya hindari makanan dengan kandungan garam yang tinggi, seperti:

  • Acar
  • Keripik
  • Keju
  • Kecap
  • Makanan kaleng

3. Alkohol

article

Mengonsumsi alkohol dapat memperparah rasa pusing, keseimbangan, dan mual. Hal ini dikarenakan alkohol memiliki efek negatif pada metabolisme yang menyebabkan tubuh dehidrasi sekaligus membahayakan metabolit di bagian telinga dalam dan otak. Selain itu, alkohol juga bisa memengaruhi volume dan komposisi cairan di telinga dalam yang menjadi pemicu terjadinya serangan vertigo.

4. Gula

article

Pantangan makanan vertigo selanjutnya adalah jenis-jenis makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Hal ini dikarenakan mengonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan fluktuasi volume cairan di telinga yang meningkatkan munculnya gejala vertigo. Bahkan, penderita diabetes umumnya rentan menderita vertigo. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadi diabetes dan vertigo, mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, Toppers.

5. Tyramine

article

Tyramine merupakan asam amino yang seringkali ditemukan di aneka ragam makanan dan minuman. Sejak lama, senyawa alami satu ini sudah diyakini berisiko memicu migrain dan kondisi lain yang dapat menyebabkan pusing serta vertigo.

Apa sajakah makanan dengan kandungan tyramine? Berikut daftarnya:

  • Biji-bijian
  • Hati ayam
  • Daging asap
  • Yogurt
  • Cokelat
  • Pisang
  • Buah sitrus
  • Selai kacang

6. Santan

article

Bahan masakan yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah santan. Dengan menggunakan bahan satu ini, makanan menjadi lebih lezat dan kental. Biasanya, hidangan yang menggunakan santan adalah kari, opor, dan rendang.

Namun, faktanya, makanan dengan santan berlebihan ini juga menjadi salah satu makanan penyebab vertigo kambuh. Memiliki kandungan lemak yang tinggi, santan dapat mengakibatkan kolesterol yang pada akhirnya juga memicu terjadinya vertigo.