MANFAAT BERINVESTASI SEJAK DINI

MANFAAT BERINVESTASI SEJAK DINI

Investasi bukanlah menjadi hal yang asing lagi bagi setiap orang. Pada dasarnya investasi merupakan kegiatan menanamkan modal pada suatu perusahaan atau aset dengan nilai yang tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat di kemudian hari.

Dengan begitu, investasi sering dikaitkan dengan hanya orang yang sudah bekerja dan berpenghasilan tinggi saja yang bisa melakukan investasi. Ya, mungkin itu zaman dulu yang jelas berbeda dengan zaman sekarang. Kini, generasi milenial pun sudah bisa melakukan investasi sejak dini.

Salah satu manfaat investasi sejak dini adalah untuk memperoleh uang yang banyak di kemudian hari. Tapi tidak hanya itu, masih ada manfaat lainnya lho.

1. Nilai Aset dan Kekayaan Semakin Meningkat

Investasi secara otomatis dapat meningkatkan nilai aset serta kekayaan yang dimiliki. Aset yang dimaksud disini tidak terbatas pada gedung ataupun properti lainnya, tetapi uang yang dimiliki atau tersimpan sebagai dana investasi juga dapat digolongkan sebagai aset. Aset berupa ini jika disisihkan untuk investasi tentunya akan berkembang semakin banyak. Berkembangnya aset tentunya berbanding lurus dengan berkembangnya kekayaan yang dimiliki.

investasi pun pasti menambah peluang penghasilan. Seperti kata investor ternama Warren Buffet:

“Jangan meletakkan telur di dalam satu wadah”

Artinya, kita harus berinvestasi dengan diversifikasi investasi dari penghasilan kita. Saat waktunya dipanen, penghasilan akan berasal dari berbagai sumber (gak hanya dari satu sumber). Jumlahnya pun bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis dan nominal investasi.

2. Menghindari Kelilit Hutang

Biasanya untuk kamu yang sudah melakukan investasi, tentu kamu tahu apa itu prioritas. Selain itu, kamu juga pasti telah berkomitmen untuk menghindari masalah hutang piutang. Inilah proses yang dapat membantu kamu mendapatkan kebebasan finansial di masa depan.

Dari manfaat investasi yang bisa kamu rasakan itu, kamu jadi mengetahui mengapa berinvestasi kita perlu lakukan sedini mungkin. Setiap orang juga tentu memiliki alasan masing-masing mengapa kita perlu melakukan investasi seperti untuk berlibur ke luar negeri, melaksanakan ibadah, pendidikan anak dan tujuan-tujuan lainnya.

3. Terhindar Dari Inflasi

Inflasi dapat dikatakan hal yang wajar terjadi pada setiap negara. Setiap negara pasti mengalami inflasi meskipun dengan tingkatan yang berbeda. Indonesia sendiri dapat dikatakan sebagai negara dengan tingkat inflasi yang cukup tinggi. Inflasi hampir memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian, terutama dalam hal jual beli, karena dapat melemahkan daya beli masyarakat. Untuk itu, investasi merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk terhindar dari inflasi.

4. Masa Depan Cerah

Pendidikan merupakan kebutuhan masa depan yang perlu direncanakan dengan matang sedini mungkin. Dengan kenaikan biaya pendidikan sebesar 15%-20% per tahun inilah mengapa pendidikan perlu diperhatikan untuk masa depan anak kita nanti. 

Tidak hanya pendidikan, biaya pensiun, gaya hidup dan beberapa hal lainnya yang perlu dipersiapkan di masa depan perlu dimulai sedini mungkin. Karenanya untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu memenuhi semua itu dengan melakukan investasi yang tepat.

Jadilah Investor yang Cerdas

Banyak investasi yang bisa kita lakukan dengan investasi emasi, deposito, saham, properti, reksa dana, forex trading, obligasi, dan valuta asing.

Hal penting yang perlu milenial ketahui dalam investasi adalah jadilah investor yang cerdas dan jangan hanya ikut-ikutan orang lain saja. Tentukan tujuan berinvestasi terlebih dahulu, kemudian barulah pilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, agar terhindar dari kerugian tetaplah mengontrol investasi yang dilakukan.