Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Menurut pandangan kesehatan, bersepeda memberikan banyak manfaat. Selain memberikan kesehatan pada fisik, bersepeda juga baik untuk mental

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Bersepeda menjadi kegiatan yang tren di tengah pandemi Covid-19. Banyak masyarakat percaya bahwa melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda dapat meningkatkan imunitas tubuh. Bersepeda juga merupakan salah satu olahraga yang mudah untuk semua kalangan. Tidak hanya generasi muda dan anak-anak, masyarakat dewasa dan lansia juga dapat melakukan olahraga ini.

Menurut pandangan kesehatan, bersepeda memberikan banyak manfaat. Selain memberikan kesehatan pada fisik, bersepeda juga baik untuk mental.

Apa saja sih manfaat yang kita dapat saat bersepeda. Yuk simak artikel berikut ini :

1. Menjaga kesehatan jantung

Bersepeda memperkuat otot jantung , menurunkan denyut nadi istirahat dan mengurangi kadar lemak darah. Penelitian juga menunjukkan orang yang rutin bersepeda ke tempat kerja terpapar polusi dua hingga tiga kali lebih sedikit daripada mereka yang menggunakan mobil sehingga fungsi paru-paru mereka meningkat.

2. Meningkatkan kekuatan otot

Berapa banyak anggota tubuh dan otot yang terlibat saat Anda bersepeda? Hampir semuanya, bukan? Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

3. Kaki lebih kuat

Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh bagian bawah, memperkuat otot-otot kaki. Utamanya pada bagian paha depan, glutes, paha belakang, dan betis. Untuk membuat kaki yang lebih kuat mendayuh saat bersepeda, cobalah latihan angkat berat, seperti squat, leg presses, dan lunges, beberapa kali per minggu.

4. Menghindari diabetes

Berkurangnya aktivitas fisik menjadi salah satu faktor risiko penyebab diabetes. Bersepeda secara rutin merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko dan mengelola kondisi diabetes. Menghindari gaya hidup yang malas bergerak, salah satunya dengan bersepeda lebih dari 30 menit per hari bisa membantu Anda menurunkan risiko terkena diabetes dan penyakit lainnya.

5. Baik untuk kesehatan mental

Bersepeda dapat membantu meredakan stres, depresi, dan gangguan kecemasan. Dengan berkonsentrasi memperhatikan jalan saat bersepeda, maka pikiran Anda akan ikut fokus dan menikmati momen yang saat ini sedang dilewati.Hal ini bisa menyingkirkan pikiran-pikiran negatif yang sering mampir di kepala orang-orang dengan kondisi mental tersebut. Selain itu, berolahraga juga akan memicu keluarnya endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan yang dapat menurunkan stres.

6. Memperbaiki keseimbangan dan postur tubuh

Saat bersepeda, secara otomatis Anda akan mencoba untuk menstabilkan posisi tubuh dan menjaga sepeda agar tetap lurus. Hal ini akan membantu meningkatkan keseimbangan dan memperbaiki postur tubuh.Seiring bertambahnya usia, keseimbangan pun akan semakin berkurang, sehingga bersepeda bisa jadi salah satu cara untuk mempertahankannya. Dengan memiliki tubuh yang seimbang, maka risiko Anda jatuh dan mengalami cedera saat melakukan kegiatan sehari-hari pun akan berkurang.

Nah itu dia manfaat yang kita dapat saat bersepeda, untuk kamu yang bingung gak ngapa-ngapain di rumah, mending bersepeda aja, maka kamu akan dapat manfaatnya seperti di atas.