Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Buah pir memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini juga disukai banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Buah pir mengandung banyak nutrisi, seperti kalori, protein, karbo, serat, dan berbagai jenis vitamin. Buah pir juga mengandung folat dan niacin yang baik untuk memproduksi energi dan memperlancar fungsi sel.

Selain itu, ternyata buah pir memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, Sahabat Dream. Apa saja manfaat buah pir bagi tubuh jika dikonsumsi rutin?

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat Kacang Polong

Buah pir mengandung serat cukup tinggi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat akan membantu menjaga keteraturan usus dalam memproses dan melunakkan sisa makanan menjadi tinja. Sehingga Anda akan terhindar dari sembelit atau sulit buang air besar (BAB).

Kandungan serat larut dalam buah pir juga dapat menjadi asupan untuk bakteri baik dalam usus atau prebiotik. Bakteri baik ini berhubungan dengan penghambat penuaan dan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Supaya manfaatnya lebih optimal, seseorang dianjurkan mengonsumsi buah pir bersamaan dengan kulitnya. Kulit buah pir mengandung serat tinggi yang dapat menjaga kesehatan usus.

2. Membantu Mengobati Diabetes

diabetes mellitus Tipe 2

Buah pir sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki risiko penyakit diabetes atau kadar gula tinggi. Buah ini merupakan sumber antioksidan flavonoid yang berperan dalam membantu melawan peradangan yang berkaitan dengan diabetes.

Menurut Healthline, asupan flavonoid dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Manfaat ini dikarenakan buah pir mengandung senyawa antioksidan dan anti-iflamasi.

Terlebih lagi, pir mengemas beberapa vitamin dan mineral, seperti tembaga dan vitamin C dan K, yang juga memerangi peradangan pada pasien diabetes. Pir dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 Anda karena kandungan serat dan antosianinnya.

3. Melawan Kanker

Kanker

Buah pir mengandung berbagai senyawa yang dapat menunjukkan sifat antikanker. Misalnya, kandungan antosianin dan asam sinamatnya telah terbukti dapat melawan kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya buah-buahan, termasuk pir, dapat melindungi terhadap beberapa kanker, termasuk kanker paru-paru, lambung, dan kandung kemih.

Beberapa studi populasi menunjukkan bahwa buah-buahan kaya flavonoid seperti pir juga dapat melindungi terhadap kanker payudara dan ovarium, menjadikan buah ini pilihan yang sangat cerdas untuk wanita.

4. Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Buah Ini Saat Sahur

Buah pir rendah kalori, tinggi air, dan dilengkapi dengan serat. Kombinasi ini menjadikannya makanan yang cocok dijadikan menu diet dalam program penurunan berat badan, karena serat dan air dapat membantu Anda mudah kenyang.

Sebuah studi membuktikan makan dua buah pir setiap hari mampu mengurangi lingkar pinggang hingga 2,7 cm.

Penelitian lain menemukan mengonsumsi tiga buah pir per hari dapat menghilangkan satu kilogram berat badan dalam waktu satu bulan. Makan buah pir secara teratur dapat membantu Anda merasa kenyang karena jumlah air dan seratnya yang tinggi. Pada gilirannya, ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.