Manfaat Dari Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Dibandingkan jeruk nipis, jeruk lemon jauh lebih populer sebagai minuman yang nikmat. Apalagi rasanya yang tak terlalu kecut seperti jeruk nipis. Selain itu, kandungan nutrisi jeruk lemon juga sangat tinggi dan beragam.

Manfaat Dari Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Buah merupakan salah satu makanan yang dapat membantu manusia memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi. Salah satu buah yang kaya vitamin adalah buah lemon. Buah dengan rasa asam ini adalah jenis jeruk yang kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat.

Selain vitamin C, lemon juga mempunyai berbagai jenis vitamin lain seperti vitamin B5, B3, B1, B2, hingga vitamin E. Bahkan lemon juga mempunyai kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Mulai dari potassium, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, niasin, hingga asam folat.

Meskipun lemon memiliki rasa sangat asam, banyak manfaat yang akan kita dapatkan apabila mengonsumsinya. Manfaat lemon salah satunya yaitu menjaga kesehatan tubuh dengan cara melakukan detoks tubuh dari racun-racun yang selama ini tersisa di dalam tubuh.

Namun perlu kamu tahu, tidak semua tubuh bisa menerima asamnya lemon ini. Jadi bagi yang punya perut sensitif, kamu bisa menambahkan bahan manis alami seperti madu atau satu sendok teh pemanis alami nol kalori pada lemon yang akan dikonsumsi.

1. Membantu mengontrol berat badan

Lemon sering digunakan sebagai makanan penurun berat badan. Satu teori umum menjelaskan bahwa serat pektin larut di dalam lemon dapat mengembang di perut dan membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam ekstrak lemon dapat membantu mencegah atau mengurangi penambahan berat badan dengan berbagai cara, bisa dengan dimakan atau diminum dalam bentuk jus.

2. Mengatasi Jerawat dan Komedo

Manfaat jeruk lemon untuk wajah karena kandungan antioksidannya yang ampuh menyembuhkan jerawat, komedo, dan melindungi kulit wajah. Gosokkan irisan lemon ke wajah dan kemudian biarkan sesaat sebelum dibilas. Lakukan rutin agar hasilnya maksimal.

3. Melancarkan Pencernaan

Minum buah jeruk lemon juga sangat baik untuk mengatasi sembelit dan berbagai gangguan pencernaan. Bahkan buah ini akan membuat pencernaan lebih lancar, sehingga jauh dari gangguan penyakit perut.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Buah lemon yang kaya zat aktif juga berkhasiat dalam mengontrol tekanan darah dan membantu meringankan tekanan akibat stres. Dengan minum lemon akan membuat tubuh lebih tenang.

5. Meremajakan dan Mencerahkan Kulit

Selain penting untuk proses regenerasi sel-sel kulit, jeruk lemon juga berguna untuk meremajakan kulit dan membuat wajah lebih cerah dan halus. Bahkan tanda penuaan dini berupa guratan di wajah bisa hilang.