Manfaat Yang Didapat Teh Kombucha Untuk Kesehatan Tubuh

Kombucha adalah teh jamur atau fermentasi yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun

Manfaat Yang Didapat Teh Kombucha Untuk Kesehatan Tubuh

Kombucha adalah teh jamur atau fermentasi yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun. Tidak hanya memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan teh - kombucha juga kaya akan probiotik yang bermanfaat. Kombucha tea juga mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri berbahaya dan dapat membantu melawan beberapa penyakit. 

Manfaat Kesehatan Teh Kombucha :

Tidak banyak penelitian yang cermat tentang teh kombucha, tetapi pencinta minuman memuji manfaatnya seperti peningkatan kesehatan usus dan suasana hati yang lebih baik. Apa benar adanya?

1. Dapat Membantu Sembelit

Sebagai sumber potensial probiotik, salah satu manfaat kesehatan yang diakui dari kombucha adalah kemampuannya untuk menyeimbangkan bakteri baik di usus dan meredakan beberapa masalah pencernaan, namun diperlukan lebih banyak penelitian, menurut Klinik Cleveland. 

Sebuah studi banyak yang meneliti komponen mikroba kombucha dan mengidentifikasi "populasi lactobacillus yang menonjol" dalam minuman tersebut. Lactobacillus adalah jenis probiotik yang umum, jadi masuk akal bahwa kombucha dapat menstabilkan saluran pencernaan dan membantu mencegah infeksi dan pembengkakan. Dan jika demikian, minum kombucha dapat memperbaiki sindrom iritasi usus besar, penyakit radang usus, kembung, dan sembelit, menurut Cleveland Clinic.

2. Dapat Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis terlibat dalam hampir setiap kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, radang sendi, alergi, dan penyakit pernapasan seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), Kombucha bukanlah pilihan minuman pertama untuk mengobati penyakit kronis apa pun, tetapi minuman tersebut dapat melengkapi diet sehat, pilihan gaya hidup, dan rejimen pengobatan. Teh yang digunakan untuk membuat kombucha mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, 

3. Dapat Membantu Meningkatkan Metabolisme

Jika kamu ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram, kamu mungkin akan mempertimbangkan nutrisi apa pun yang akan memulai meningkatkan metabolisme. Kombucha bukanlah minuman ajaib untuk menurunkan berat badan. Namun berkat epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang ditemukan dalam teh hijau dari beberapa jenis kombucha, hal ini mungkin menjadi rahasia metabolisme dapat meningkat sedikit lebih cepat.

4. Dapat Membantu Pengobatan Depresi

Gejala depresi bervariasi dari orang ke orang, tetapi dapat mencakup perasaan sedih dan putus asa secara umum. Depresi juga dapat menyebabkan masalah, termasuk insomnia, konsentrasi yang buruk, dan energi yang rendah, Kombucha dapat memberikan sedikit kelegaan, membantu meningkatkan mood dengan meningkatkan produksi hormon perasaan-baik, seperti serotonin.

5. Dapat Menjaga Kesehatan Hati

Kombucha dapat meningkatkan kesehatan hati karena kemampuannya yang berpotensi untuk mendetoksifikasi tubuh. Jadi seiring waktu, meminum minuman ini dapat mengurangi seberapa keras hatimu bekerja, Dalam studi Pharmaceutical Biology, tikus yang diberi kombucha juga menunjukkan penurunan kadar zat reaktif asam thiobarbituric di livernya. Senyawa organik ini merupakan pengukur kerusakan sel dan jaringan. Namun, lebih banyak penelitian klinis diperlukan untuk mengetahui apakah manfaatnya bertahan.

6. Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kombucha yang menyehatkan usus juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penting untuk dicatat bahwa sistem pencernaan dan sistem kekebalan saling terkait erat; lapisan usus menciptakan antibodi yang membantu melindungi tubuh, menurut John Hopkins Medicine. Sebagian besar dari sistem kekebalan ditemukan di usus, lebih khusus lagi sekitar 70 persen, menurut sebuah penelitian.