Manfaat Yang Terdapat Pada Sayuran Labu Siam

Tak hanya itu, labu siam yang kecil juga bisa dijadikan lalapan. Labu siam memiliki tekstur daging buah yang berwarna putih, renyah, dan memiliki banyak kandungan air.

Manfaat Yang Terdapat Pada Sayuran Labu Siam

Kalau kamu termasuk penyuka sayur pasti kamu tak asing lagi dengan labu siam bukan?

Labu siam atau jipang merupakan tumbuhan suku labu-lubuan yang bisa dimakan buah dan pucuk mudanya. Labu siam diketahui ada yang berukuran besar dan kecil. Labu siam besar biasanya sudah enak cuma saat ditumis dengan bawang putih dan dimasak jadi sayur lodeh. Tak hanya itu, labu siam yang kecil juga bisa dijadikan lalapan. Labu siam memiliki tekstur daging buah yang berwarna putih, renyah, dan memiliki banyak kandungan air. Labu siam memiliki rasa yang enak dan banyak digemari masyarakat Indonesia.

Apalagi jenis labu-labuan ini bisa ditemukan dengan mudah dan murah. Tapi siapa sangka, labu siam rebus ternyata bisa dijadikan obat berbagai penyakit, lho!

Berikut ini saya akan memberikan beberapa manfaat yang didapat pada sayuran labu siam :

1. Mengontrol gula darah

Labu siam mengandung banyak serat yang bisa larut dalam air. Jenis serat tersebut berguna untuk mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh Anda. Jenis serat itu akan memperlambat proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat sehingga gula darah bisa berkurang. Selain itu, manfaat labu siam juga berpengaruh pada insulin. Labu siam meningkatkan sensitivitas insulin sehingga gula darah yang diproduksi pun berkurang. Bagi penderita diabetes, labu siam perlu dimasukkan dalam menu makan sehari-hari.

2. Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menurunkan stres. Kandungan antioksidan yang ada pada labu siam meliputi, quercetin, myricetin, morin, dan kaempferol. Dari keempatnya, myricetin merupakan kandungan tertinggi yang ada pada labu siam. Penelitian menunjukkan jika myricetin mengandung antikanker, antidiabetes, dan sifat antiinflamasi yang kuat.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Siapa sangka, labu siam ternyata juga bermanfaat untuk membantu menekan risiko penyebab penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan menjaga aliran darah. Myricetin, salah satu antioksidan yang ada pada labu siam, ternyata terbukti ampuh menurunkan tingkat kolesterol. Tentu saja, dengan turunnya tingkat kolesterol pada tubuh, maka risiko penyakit jantung juga dapat ditekan.

4. Baik untuk ibu hamil

Folat atau vitamin B9 yang ada pada labu siam tentunya sangat baik untuk para wanita yang berada di masa kehamilan. Selama awal masa kehamilan, folat diperlukan untuk merangsang pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang janin. Selain itu, folat juga dapat berperan dalam mencegah terjadinya kelahiran prematur.

5. Mengurangi risiko kanker

Labu siam yang bisa diolah menjadi tumisan ini dipercaya bisa mengurangi risiko kanker. Itu karena dalam labu siam menyimpan senyawa myricetin yang bersifat antikanker dan antiinflamasi yang kuat.

Jadi itu dia 5 manfaat yang didapat jika kita mrngkonsumsi sayuran labu siam.