Membaca Novel untuk Meningkatkan Minat Baca

cara meningkatkan minat baca melalui novel serta penjelasan beberapa gendre novel

Membaca Novel untuk Meningkatkan Minat Baca

Membaca Novel untuk Meningkatkan Minat Baca

 

            Seperti yang kita tahu, membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Semakin kita banyak membaca semakin banyak pula kita mendapatkan informasi. Dengan membaca, dari yang awalnya tidak tahu sama sekali menjadi tahu, dari yang tidak begitu paham menjadi paham akan suatu hal. Seperti yang sering kita dengar bahwa buku adalah jendela dunia. Mengapa seperti itu? Karena buku dapat membuka wawasan menjadi sangat luas. Tidak hanya informasi tentang negeri yang kita tinggali, tapi juga tentang dunia, tentang alam semesta. Buku bisa membawa kita ke negeri lain tanpa kita harus menginjakan kaki di negeri lain.

            Membaca juga salah satu kunci kesuksesan banyak orang. Tidak ada orang di dunia ini yang sukses tanpa membaca. Membaca juga merupakan sarana untuk mendapatkan ilmu pengetahuan di dunia ini yang sangat banyak dan tidak terbilang. Maka dengan itu membaca harus dilatih sejak dini. Semakin sering kita membaca makan semakin banyak pula ilmu yang kita dapatkan. Membaca juga tidak harus terus membaca buku pelajaran seperti Fisika, Ekonomi, Sejarah dan lain sebaginya. membaca buku cerita seperti novel, cerpen, artikel atau majalah sekalipun tidak masalah. Dengan membaca buku tersebut juga kita akan mendapatkan manfaat dan informasi yang tidak kalah menarik. Tapi sangat disayangkan, walaupun tidak harus membaca buku pelajaran masih saja banyak anak-anak sekolah yang tidak mempunyai minat baca yang tinggi.

Dulu saya menjadi salah satu anak-anak itu, tapi dengan seiring berjalannya waktu di mulai saat saya duduk di bangku SMP saya mencoba mencari sebuah buku di toko buku ternama di daerah rumah saya. Akhirnya saya menemukan sebuah Novel yang membuat rasa ingin tahu saya tinggi tentang akhir cerita novel tersebut. Novel tersebut berjudul “Waktu Aku Sama Mika” karya Indi Sugar. Novel tersebut berhasil menarik perhatian saya dan meningkatkan minat baca saya sampai sekarang. Dari semua novel yang telah saya baca, saya bisa ikut merasakan dan membayangkan bagaimana saya jika saya menjadi tokoh dalam novel tersebut, betapa serunya bukan membaca sebuah novel?.

Menurut saya, membaca novel untuk meningkatkan minat baca itu sangat lah tepat. Karena dengan membaca novel kita bisa ikut merasakan dan dapat membayangkan bagaimana rasanya menjadi tokoh dalam novel tersebut dan membuat kita penasaran akan akhir ceritanya, itu lah cara agar minat membaca kita meningkat. Tidak jarang juga cerita di dalam novel yang kita baca adalah hal yang pernah atau sedang kita alami. Bahkan saya sering sekali mendapatkan cara untuk menyelesaikan masalah yang sedang saya alami dari novel yang sedang saya baca.

Novel pun punya banyak genre, bagi yang suka horror bisa membaca novel bertema horror contohnya seperti novel Risa Saraswati. Risa Saraswati menulis novel horror dengan cara yang berbeda. Bagi saya cara penulisannya unik. Risa seperti menceritakan bagaimana latar belakang sosok hantu yang ia ketahui. Menceritakan bagaimana hantu itu bisa meninggal dan bagaimana hidupnya di masa lalu, menurut saya itu adalah suatu cara risa untuk menyadarkan para pembacanya agar selalu bersyukur dengan hidup mereka dan menghargai apa yang telah kita capai. Risa pun berhasil membuat para pembacanya untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda bahwa tidak semua hantu itu jahat. Bahkan dibalik kejahatan sesosok hantu ada alasan yang membuat mereka seperti itu.

 

Selain membaca horror, saya juga membaca genre kisah cinta. Salah satunya adalah “KATA” karya Rintik Sedu. Di novel ini sungguh saya seperti sedang diajak berjalan ke daerah – daerah yang sangat jauh dari Jakarta tanpa saya harus menginjakan kaki di sana, merasakan keindahan laut dan senja. Keindahan langit malam yang di penuhi bintang dan saya pun ikut merakan bagai mana rasanya berlayar sendirian di tengah laut. Serta membuat saya sadar bahwa berekspetasi dengan orang lain adalah hal yang paling gampang untuk menyakiti diri kita sendiri.

Saran saya untuk bagi para pemula yang ingin meningkatkan baca melalui novel, pilihlah novel yang kalian sukai. Jangan membaca sebuah novel karna banyak orang yang sedang membacanya. Kalua bisa, bacalah novel atau buku yang orang lain belum banyak baca, lalu ketika nanti kalian menemukan teman yang sama sama suka membaca kalian bisa mendiskusikannya dan bisa saling bertukar pendapat. Apa lagi di zaman sekarang untuk membaca pun kita tidak perlu membeli buku di toko buku, sudah ada media online yang meneyediakannya, buku online, atau jika ingin membaca cerpen kita bisa membuka wattpad. Sudah sangat di mudahkan bukan? Selamat mecoba!!