Memulai Bisnis Dengan Modal Yang Minim

Walau memiliki modal yang terbatas, Kamu bisa kok membesarkan bisnis kecil kamu secara perlahan-lahan. Kuncinya adalah dengan mengelolanya secara tepat dan sabar dalam proses

Memulai Bisnis Dengan Modal Yang Minim

Keterbatasan modal usaha kerap menjadi hambatan seseorang untuk memulai bisnis. Namun, modal yang minim jangan menjadi alasan kamu untuk menunda keinginan untuk berbisnis sendiri.Tidak semua bisnis butuh modal yang besar. Banyak pebisnis sukses yang mengawali usahanya dengan modal yang sedikit. Masih banyak ide bisnis yang menjanjikan dan dapat dimulai dengan modal beberapa juta saja.

Walau memiliki modal yang terbatas, Kamu bisa kok membesarkan bisnis kecil kamu secara perlahan-lahan. Kuncinya adalah dengan mengelolanya secara tepat dan sabar dalam proses. 

Berikut ini aku akan kasih tips bagaimana memulai bisnis dengan modal yang kecil/minim :

1. Pilih Ide Yang Cocok Untuk Bisnis Kamu

Banyak pengusaha tidak tahu mengapa bisnis mereka gagal. Tetapi kamu harus memulai bisnis yang kamu sukai dan mungkin yang juga hobi kamu. Sehingga pengetahuan kamu soal itu cukup besar, dan keinginan untuk mencari tahu juga lebih besar. 

2. Melakukan Riset Pasar

Kamu juga harus melakukan riset pasar terlebih dahulu, untuk mengetahui ada peluang usaha apa saja yang sangat diperlukan oleh masyarakat pada umumnya. Kamu juga bisa menentukan bagaimana mengelola bisnis ini, dengan kondisi pasar yang ada. Segala informasi penting tersebut akan diperoleh dari hasil riset pasar.

3. Cari Bahan Baku Berkualitas Baik, tapi Murah

Untuk kamu yang menjual makanan dan minuman, bahan baku tentu menjadi penunjang dalam bisnis. Tanpa adanya bahan baku, apa yang akan kamu sediakan kepada pembeli? Jika kamu memulai bisnis dengan modal kecil, cobalah untuk mencari supplier yang mampu menyediakan bahan baku berkualitas baik, tapi harganya murah. Kamu bisa mencarinya di internet, atau mencari referensi dari teman-teman pebisnis lainnya.

4. Tentukan Lokasi Usaha Yang Strategis

Lokasi usaha nyatanya menyumbang dana yang begitu besar terhadap pengeluaran bisnis. Apalagi, semakin strategis suatu lokasi usaha, semakin mahal pula biaya sewanya. Hal ini pun menjadi kendala banyak pebisnis pemula. Bila kamu memulai bisnis dengan modal kecil, mengapa tidak membuka usaha rumahan saja?

Misalnya, kamu gemar memasak, maka bisnis yang tepat adalah membuka katering. Dengan begitu kamu hanya memerlukan tempat bisa di rumah, tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk sewa

5. Optimalkan Harga Produk Yang Kamu Jual

Sebagian besar bisnis salah struktur dalam harga mereka. Mengoptimalkan harga adalah yang pertama. Sebagian besar harga bisnis terlalu rendah atau tinggi. Jadi, fokuslah pada pengujian harga yang berbeda untuk memastikan permintaan untuk penawaran Anda.

Oke jadi itu dia Tips memulai bisnis dengan modal yang kecil/minim, Untuk kamu yang ingin memulai bisnis dengan memiliki modal yang minim