Mengapa Harga Iphone 12 Lebih Mahal ?, Ini Penjelasannya

Smartphone Apple atau iPhone 12 telah meluncur secara resmi dengan membawa sejumlah fitur dan dukungan teknologi mutakhir sebagai keunggulan yang akan ditawarkannya

Mengapa Harga Iphone 12 Lebih Mahal ?, Ini Penjelasannya

Smartphone Apple atau iPhone 12 telah meluncur secara resmi dengan membawa sejumlah fitur dan dukungan teknologi mutakhir sebagai keunggulan yang akan ditawarkannya.

Keutamaan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan penting bagi siapa pun yang ingin memperbarui perangkat dengan linier ponsel Apple ini. Lini teranyar smartphone buatan Apple ini sendiri secara khusus memperkenalkan diri dengan empat buah model berbeda yang terdiri dari iPhone 12 mini, reguler, Pro, dan Pro Max.

Walaupun begitu, keempatnya membawa keunggulan yang hampir sama kecuali pada beberapa sektor seperti kamera, ukuran, desain, dan bahan yang digunakan untuk membuat bodi belakang perangkat.

Berikut ini aku akan memberikan penjelasan, mengapa harga Iphone 12 sangat mahal. Yuk simak artikel berikut ini :

1. iPhone Lebih Mengutamakan Kualitas

Ketika Apple diluncurkan iPhone, perangkat ini ditetapkan untuk menjadi smartphone premium dan tidak ada kompromi dari segi kualitas. Setelah memposisikan produk dengan cara ini, ini membuat Apple mau tak mau harus menggunakan komponen premium untuk iPhone. Komponen internal milik iPhone menjadi yang terdepan di kelasnya, tahan lama, dan kuat yang membuat harga iPhone cukup mahal bagi pelanggan. Mengesampingkan keuntungan margin Apple yang sangat besar, komponen di dalam iPhone masih jauh lebih mahal dari kebanyakan pesaing Android.

Firma analis IHS iSuppli bahkan telah menganalisa berapa harga komponen yang digunakan dalam iphone secara terperinci. Sebagai contoh sederhana, jika Moto G dan iPhone dibandingkan di samping dari baterai, hampir setiap komponen lain dari biaya yang sebelumnya lebih murah yang terakhir. Termasuk fitur flash Nand, layar, memori, interface dan sensor. Bahkan, beberapa komponen dari Moto G harganya hanya setengah dari komponen di iPhone. Isi dus yang disediakan oleh Moto G juga jauh lebih murah dibandingkan dengan milik iPhone.

Perkiraan kasar menurut iSuppli, masalah jika biaya komponen dan hanya satu unit Moto G menghabiskan dana sekitar $ USD 110 sedangkan untuk iPhone bisa mencapai $ USD 200. Ini menunjukkan jika iPhone besutan Apple memang memiliki biaya produksi yang cukup tinggi, tetapi masih tidak bisa menjelaskan mengapa harga ecerannya bisa melebihi $ 600 per unitnya.

2. Ekosistem Apple

Ketika Anda membeli iPhone, Anda benar-benar membeli ke ekosistem Apple yang memungkinkan akses ke lebih dari satu juta aplikasi. Mulai dari fitur seperti layanan iMessage, FaceTime dan iCloud yang dikemas secara gratis. Di atas semua itu, ada platform iOS dan pembaruan perangkat yang memberikan peningkatan secara berkala yang disertakan dengannya.

Biaya pengembangan untuk semua elemen ekosistem ini, terutama untuk iOS, kemudian diurai menjadi harga eceran untuk tiap unig perangkat. Ekosistem yang seragam membantu menghindari konflik kompatibilitas di seluruh jaringan iPhone dan iOS. Penghitungan harga aktual untuk ekosistem premium tersebut cukup sulit didapat. Tetapi aman untuk mengatakan jika biaya pengembang perangkat lunak, perancang, dan tenaga teknis Apple pasti masuk ke dalam biaya setiap iPhone.

3. Faktor Apple-nomics

Faktor penting lain yang membuat harga iPhone semakin melambung adalah keunikan ekonomi dalam bermain jika dibandingkan dengan smartphone Android. Seperti dibahas sebelumnya, bahwa Apple membayar lebih dalam kompetisi untuk perangkat iPhone. Karena biaya basic yang cukup tinggi ini, pasokan produk iPhone relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan produk pesaing Android lainnya dengan kelas premium. Karena iPhone menikmati popularitas luar biasa.

Permintaan sangat tinggi berhubungan dengan jumlah stok yang tersedia di pasaran. Seperti yang dipahami oleh para pemula di bidang ekonomi, ketersediaan barang yang terbatas ditambah permintaan cukup besar sama dengan penetapan harga premium. Ini persis yang dialami oleh iPhone karena permintaan untuk perangkat ini dibanding dengan ketersediaannya terlihat cukup curam. Sehinggia inilah yang menyebabkan naiknya harga iPhone di pasaran yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi.

4. Gelombang iBuzz

Apple menghabiskan begitu banyak formula untuk iklan hingga menciptakan desas-desus tentang produknya. Sebetulnya, tidak ada yang lebih menonjol dari perangkat berbasis iOS ini. Namun, hampir selalu menghabiskan para kompetitornya setiap tahun. Apple biasanya menghabiskan jutaan dolar untuk mendukung pemasaran produknya. Seperti jika Anda perhatikan di negara-negara maju seperti AS misalnya. Apple akan mendirikannya toko di lokasi yang premium, bahkan lokakarya gratis juga kerap dilakukan.

Apple juga telah sangat sukses dalam menciptakan pengikut fanatik untuk setiap produk-produknya. Dan para pengikut atau follower tersebut terus-menerus tunduk pada iBuzz-nya.

Perusahaan telah sangat efektif dalam mendapatkan pelanggan pre-existing untuk membeli salah satu peluncuran produk barunya. Ini membuat penjualan meningkat secara besar-besaran Daya tarik utama yang menyebabkan ini terjadi adalah bahwa iPhone merupakan produk sebuah merek yang hanya melakukan satu rilis iterasi baru di setiap tahunnya. Biaya yang diperlukan untuk membuat buzz yang hampir konstan ini untuk ‘memelihara komunitas, bisa dikatakan, dimasukan ke dalam anggaran harga retail iPhone.

5. Keamanan

Hal ini menjadi salah satu hal yang paling kontroversial jika berbicara soal smartphone. Pasalnya, setiap pabrikan mengklaim bahwa perangkat buatannya aman. Tetapi Apple memiliki kendali atas software dan hardware-nya sendiri dan mencoba membuatnya menjadi perangkat yang paling aman. Misalnya saja, seperti kasus yang terjadi baru-baru ini ketika pengadilan AS meminta Apple untuk membuka kunci iPhone dari seorang pelaku kriminal. Pihak Apple menolak untuk melakukan hal tersebut, mereka mengatakan tidak dapat melakukan itu karena sia-sia saja.

Sekalipun kita berusaha, kita tidak dapat merusak keamanan. Ketika pengadilan meminta pihak Apple untuk mengembangkan cara memecahkan keamanannya. Pihak Apple berkata jika mereka tidak akan mengembangkannya seperti sebelumnya. Karena itu bisa menjadi ancaman bagi semua pengguna. Meski kedengarannya aneh karena sepertinya Apple membantu pelaku kriminal tetapi mereka berpikir dari sudut pandang keamanan pengguna.

Nah Itu dia yang membuat harga Smartphone menjadi mahal, menurut aku sih harga yang diberikan sangat sesuai dengan apa yang dimiliki di smartphone Iphone tersebut.