Mengelola Motivasi Kerja Selama Pandemi COVID-19

Mengelola Motivasi Kerja Selama Pandemi COVID-19
sumber gambar : monitor.co.id

Mengelola Motivasi Kerja Selama Pandemi COVID-19

Oleh

Tiara Tiani Putri

 

Masyarakat di Indonesia sedang dirundung berbagai masalah, salah satunya terjadi wabah virus COVID-19. Wabah virus COVID-19 ini tidak dapat diprediksi kapan selesainya, sebab masyarakat yang terpapar virus COVID-19 ini semakin banyak setiap harinya. Maka dari itu, untuk memutuskan rantai COVID-19 pemerintah akan memberlakukan social distancing, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bahkan pandemi yang membuat masyarakat harus meminimalisirkan aktivitas di luar rumah. Pandemi COVID-19 ini berdampak ke begitu banyak aspek, salah satunya pekerja.

Pandemi COVID-19 berdampak pula pada pemasukan perusahaan yang menurun drastis, maka perusahaan akan melakukan pemberhentian massal kepada sejumlah pekerja. Seperti yang dilansir dari id.hrnote.asia (25/06/2020) pada April 2020, Kementerian Tenaga Kerja mengatakan bahwa dari hasil laporan saat itu, terdapat 1.500.156 orang yang diberhentikan kerja akibat wabah COVID-19. Karyawan yang beruntung tidak diberhentikan kerja oleh perusahaan akan disuruh bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) selama pandemi COVID-19 berlangsung. Bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) dapat mempengaruhi kinerja karyawan dalam melakukan pekerjaannya, salah satunya motivasi kerja.

Menurut Mangkunegara (2012) motivasi sebagai kondisi atau kekuatan yang membuat karyawan mengarah atau menuju pencapaian tujuan yang diharapkan organisasi dalam perusahaan (dalam Muslih, 2020). Selain itu, dalam psikologi terdapat teori motivasi yang disebut teori harapan yang dikemukakan oleh Vroom pada tahun 1964. Vroom (1964) mengemukakan bahwa motivasi sebagai harapan seseorang sejauh mana ia percaya bahwa setelah mencapai suatu tujuan yang diinginkan, hal itu akan mengarah pada tindakan sekunder, yaitu rewards yang berupa gaji, bonus, promosi, kenaikan jabatan, pujian, fasilitas, dsb (Stredwick, 2005). Motivasi yang menurun berarti berkurangnya dorongan seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam organisasi. Terdapat beberapa penyebab yang dapat membuat karyawan memiliki motivasi yang menurun, menurut yoursay.suara.com (24/06/2020) penurunan motivasi karyawan selama Work From Home (WFH) dapat terjadi akibat merasa bosan dengan suasana bekerja di rumah, fasilitas dan perlengkapan dirasa kurang memadai selama bekerja di rumah, ada beberapa pekerjaan yang tidak dapat dilakukan di rumah, komunikasi antar rekan kerja sangat terbatas, dan terdapat jenis-jenis pekerjaan yang dilakukan dengan kurang maksimal. Motivasi yang menurun dapat berakibat fatal pada performa perusahaan untuk kedepannya. Penurunan motivasi ini menjadi tantangan bagi berbagai pihak, salah satunya Hr. Meskipun cukup berat, namun Hr harus bisa menjaga kondisi kerja para karyawan perusahaan supaya performa perusahaan semakin baik selama pandemi COVID-19. Seperti yang dilansir dari id.hrnote.asia (25/06/2020), berikut merupakan strategi dalam mengelola motivasi karyawan selama pandemi COVID-19 :

  1. Lakukan meet up virtual

Akibat diberlakukannya bekerja di rumah atau Work From Home (WFH), atasan, Hr, bahkan manajer pun akan sulit untuk memberikan semangat, karena tidak bertemu secara langsung dengan karyawan. Sebagai Hr, lakukanlah program jarak jauh yang dimana program tersebut dalam membangun semangat dan motivasi para karyawan, seperti mengadakan meeting reguler dengan para karyawan untuk sekedar silaturahmi dan evaluasi pekerjaan, atau mengadakan program yoga secara online bersama dengan para karyawan. Dengan begitu, atasan dapat mengetahui kemajuan pekerjaan karyawannya dan supaya lebih dekat dengapara karyawan, serta dapat memelihara kesehatan fisik maupun mental para karyawan.

  1. Lakukan pendekatan dari segi psikologi.

Hr lakukan kerjasama dengan atasan atau manajer untuk memonitoring karyawan dengan menanyakan kabar secara rutin kepada para karyawan, mendengarkan keluh kesah para karyawan, serta mendengarkan masalah yang dihadapi oleh para karyawan selama Work From Home (WFH). Jika terdapat penurunan motivasi kerja, maka dapat dilakukan webinar mengenai pentingnya kesehatan mental selama pandemi COVID-19.

  1. Berikan rewarding challenge.

Challenge ini dapat dilakukan dengan mengundang para karyawan ke platform Zoom atau yang lainnya, kemudian Hr dapat mengadakan games dengan memberikan hadiah yang menarik bagi karyawan yang menang dalam games tersebut. Dengan begitu, para karyawan tidak merasa stress karena harus bekerja terus menerus dan menjadi lebih rileks.

  1. Lakukanlah monitor pekerjan dengan rutin.

Gunakanlah aplikasi yang dapat melihat seberapa produktivitasnya para karyawan bekerja. Tetap arahkan para karyawan untuk bekerja dengan produktif tanpa harus memberikan tekanan yang berlebihan. Hr harus bekerja sama dengan top manajer untuk membuat laporan hasil kerja para karyawan. Kemudian, top manajer dapat berinteraksi dengan memberikan saran yang positif dan memotivasi para karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Memanglah sulit untuk mengontrol dan memantau motivasi para karyawan selama pandemi COVID-19 ini. Namun, perlu di pahami bahwa adanya WFH memang untuk memutus rantai COVID-19. Oleh karena itu, manfaatkanlah teknologi yang sudah canggih ini untuk mengontrol dan memantau motivasi para karyawan. Serta, gunakanlah program-program yang menarik, rewards, dan monitoring rutin untuk dapat membangun semangat dan motivasi para karyawan. Supaya dapat berdampak positif pada performa perusahaan untuk kedepannya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Etania, R. (25/06/2020) 4 Cara Kreatif Kelola Motivasi & Produktivitas Kerja. id.hrnote.asia. Diambil dari https://id.hrnote.asia/personnel-management/howtomanagemotivation-200625/  

Muslih, B. (2020) Urgensi komunikasi dalam menumbuhkan motivasi di era pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(1). 57-65. Diambil dari http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/463 

Nugraheni, R. (24/06/2020) Dampak Work From Home Terhadap Motivasi Pekerja: Solusi atau Hambatan?. yoursay.suara.com. Diambil dari  https://yoursay.suara.com/news/2020/06/24/144004/dampak-work-from-home-terhadap-motivasi-pekerja-solusi-atau-hambatan?page=all 

Stredwick, J. (2005) An Introduction To Human Resource Management: Second Edition. Jordan. JD: Elsevier Butterworth-Heinemann.