Menuju Keluarga Mandiri, Para Dosen UNPAM Berikan Edukasi Ke Ibu-ibu Majlis Taklim

SETU, BERITATANGSEL.COM — Dalam rangka menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Para dosen civitas akademika Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).  Acara yang berlangsung pada tanggal 6 sampai 8 Juli 2020 bertempat di Majelis Taklim Al –Auladiyah, Pocis-Babakan Setu, Tangerang Selatan. Dengan mengusung Tema “Pengelolaan Keuangan Keluarga dan Pengenalan Dasar-dasar Investasi Menuju Keluarga Mandiri”, Para Dosen Unpam memberikan Edukasi kepada para ibu-ibu majlis taklim Untuk menuju Keluarga yang mandiri. Dipilihnya Majelis Taklim Al- Auladiyah sebagai kegiatan PKM karena bertepatan dengan pemilihan judul diatas, dimana peran ibu /istri sebagai “Menteri Keuangan” yang bertugas mengelola keuangan / penghasilan dari suami.  Dimana Peran ibu/ istri sebagai Ummu Ilmi bukan hanya harus pandai mendidik namun juga harus mampu mengelola keuangan keluarga.  Perencanaan keluarga dibutuhkan  agar tujuan pengelolaan keuangan keluarga dapat tercapai secara efektif, efisien dan bermanfaat.  Dalam kegiatan tersebut, Dasar-dasar pengelolaan keuangan keluarga yang diberikan kepada para ibu Majelis Taklim Al Auladiyah, Pertama, pada saat mendapatkan penghasilan/ gaji utamakan untuk membayar kewajiban/ hutang lebih dulu;  Kedua, menyisihkan sebagian rezeki untuk zakat/ sumbangan keagamaan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT karena atas karunia-Nya keluarga dapat melakukan aktivitas dengan lancar tanpa kekurangan;  Ketiga, menyisihkan 10% dari penghasilan/ gaji untuk ditabung/ investasi dan tidak membiasakan menunggu ada sisa baru menabung,  Keempat, sisa penghasilan / gaji baru digunakan untuk kebutuhan rutin rumah tangga. Langkah-langkah tepat perencanaan keuangan keluarga, yaitu:  Kenali Kondisi Keuangan, maksud pernyataan ini adalah berapa penghasilan/ gaji yang diperoleh dan apa saja yang dibutuhkan;  Tentukan Keinginan, kebutuhan keluarga tidak terbatas akan tetapi penghasilan/ gaji terbatas oleh karena itu keluarga harus dapat memprioritaskan kebutuhan mana yang lebih penting;  Tentukan Kebutuhan Utama, maksud pernyataan ini adalah utamakan kebutuhan yang utama bukan keinginan utama, misalkan kebutuhan akan pangan, biaya sekolah dan tempat tinggal. Investasi merupakan salah satu bentuk dari perencanaan pengelolaan keuangan keluarga. Memahami dasar-dasar investasi, sangat dibutuhkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi.  Di era digital saat ini diberikan keleluasaan kepada para investor untuk dapat mulai berinvestasi dengan sangat mudah, bahkan dengan modal kecil sekali pun. Namun, tetap harus memiliki sikap kehati-hatian dalam  memilih instrumen dan platform yang tepat untuk berinvestasi. Investasi dapat dilakukan dengan menabung uang, atau menabung emas. Dengan adanya kegiatan PKM ini membantu ibu rumah tangga memiliki perencanaan dalam mengelola keuangan keluarga menuju keluarga mandiri dan sejahtera.(Red/Rilis) Terkait

Menuju Keluarga Mandiri, Para Dosen UNPAM Berikan Edukasi Ke Ibu-ibu Majlis Taklim

SETU, BERITATANGSEL.COM — Dalam rangka menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Para dosen civitas akademika Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). 

Acara yang berlangsung pada tanggal 6 sampai 8 Juli 2020 bertempat di Majelis Taklim Al –Auladiyah, Pocis-Babakan Setu, Tangerang Selatan.

Dengan mengusung Tema “Pengelolaan Keuangan Keluarga dan Pengenalan Dasar-dasar Investasi Menuju Keluarga Mandiri”, Para Dosen Unpam memberikan Edukasi kepada para ibu-ibu majlis taklim Untuk menuju Keluarga yang mandiri.

Dipilihnya Majelis Taklim Al- Auladiyah sebagai kegiatan PKM karena bertepatan dengan pemilihan judul diatas, dimana peran ibu /istri sebagai “Menteri Keuangan” yang bertugas mengelola keuangan / penghasilan dari suami. 

Dimana Peran ibu/ istri sebagai Ummu Ilmi bukan hanya harus pandai mendidik namun juga harus mampu mengelola keuangan keluarga. 

Perencanaan keluarga dibutuhkan  agar tujuan pengelolaan keuangan keluarga dapat tercapai secara efektif, efisien dan bermanfaat. 

Dalam kegiatan tersebut, Dasar-dasar pengelolaan keuangan keluarga yang diberikan kepada para ibu Majelis Taklim Al Auladiyah, Pertama, pada saat mendapatkan penghasilan/ gaji utamakan untuk membayar kewajiban/ hutang lebih dulu; 

Kedua, menyisihkan sebagian rezeki untuk zakat/ sumbangan keagamaan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT karena atas karunia-Nya keluarga dapat melakukan aktivitas dengan lancar tanpa kekurangan; 

Ketiga, menyisihkan 10% dari penghasilan/ gaji untuk ditabung/ investasi dan tidak membiasakan menunggu ada sisa baru menabung, 

Keempat, sisa penghasilan / gaji baru digunakan untuk kebutuhan rutin rumah tangga.

Langkah-langkah tepat perencanaan keuangan keluarga, yaitu: 

Kenali Kondisi Keuangan, maksud pernyataan ini adalah berapa penghasilan/ gaji yang diperoleh dan apa saja yang dibutuhkan; 

Tentukan Keinginan, kebutuhan keluarga tidak terbatas akan tetapi penghasilan/ gaji terbatas oleh karena itu keluarga harus dapat memprioritaskan kebutuhan mana yang lebih penting; 

Tentukan Kebutuhan Utama, maksud pernyataan ini adalah utamakan kebutuhan yang utama bukan keinginan utama, misalkan kebutuhan akan pangan, biaya sekolah dan tempat tinggal.

Investasi merupakan salah satu bentuk dari perencanaan pengelolaan keuangan keluarga. Memahami dasar-dasar investasi, sangat dibutuhkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi. 

Di era digital saat ini diberikan keleluasaan kepada para investor untuk dapat mulai berinvestasi dengan sangat mudah, bahkan dengan modal kecil sekali pun. Namun, tetap harus memiliki sikap kehati-hatian dalam  memilih instrumen dan platform yang tepat untuk berinvestasi. Investasi dapat dilakukan dengan menabung uang, atau menabung emas.

Dengan adanya kegiatan PKM ini membantu ibu rumah tangga memiliki perencanaan dalam mengelola keuangan keluarga menuju keluarga mandiri dan sejahtera.(Red/Rilis)