Nama Bulan dalam kalender Hijriyah

Sobat Muslim, Sudah tahukah kalian seluruh nama bulan dikalender hijriah beserta berapa jumlah harinya, mari simak ulasan berikut ini

Nama Bulan dalam kalender Hijriyah

1. Muharrom

Bulan Muharrom adalah bulan pertama dalam kelender Islam. Muharram termasuk dalam bulan-bulan suci. Dinamakan Muharram karena orang Arab mengharamkan berperang di dalam bulan ini. bulan ini terdiri dari 30 hari.

2. Safar

Bulan kedua adalah bulan Safar atau Shofar. Sama seperti bulan kedua Masehi yang biasanya terdiri dari 29 hari, bulan Safar pun demikian.

Arti kata Safar sendiri secara sederhana berarti kosong, yang mana menunjukkan peringatan untuk para pemuda Arab agar pergi merantau dari perkampungannya.

3. Rabi’ul Awal

Bulan ketiga adalah Rabi’ul Awal yang terdiri dari 30 hari. Arti nama pada bulan ini berasal dari kembalinya para pemuda yang sebelumnya merantau. Tepat pada tanggal 12 di bulan ini, umat Islam memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.

4. Rabi’ul Akhir

Bulan yang keempat adalah Rabi’ul Akhir atau Rabi’uts Tsani yang terdiri dari 29 hari. Nama bulan ini berasal dari kegiatan menggembala dan berternak oleh orang yang telah menetap dari perantauan di bulan Rabi’ul Awal.

5.  Jumadil Awal
Berasal dari kata jumadi (kering) dan awal (pertama). Penamaan itu karena di bulan tersebut merupakan awal musim kemarau, di mana mulai terjadi kekeringan. bulan ini terdiri dari 30 hari.

6. Jumadil Akhir

Di bulan berikutnya yaitu Jumadil Akhir atau nama lainnya yaitu Jumadil Tsaniyah. Bulan ini terdiri dari 29 hari yang mana artinya berasal dari disambutnya bulan baru yang bebasnya masa sulit yang diawali pada Jumadil Awal.

7. Rajab

Rajab termasuk dalam bulan-bulan suci. bulan ini terdiri dari 30 hari. Dinamakan bulan Rajab karena bangsa Arab melepaskan tombak dari besi tajamnya untuk menahan diri dari peperangan. Dikatakan bulan Rajab karena menahan diri dari peperangan. 

8. Sya'ban

Bulan selanjutnya adalah bulan Sya'ban yang terdiri dari 29 hari. Bulan ini diartikan berkelompok, hal ini lantaran sejarahnya pada bulan ini orang Arab berpencar untuk membentuk kelompok dalam mempertahankan komunitasnya.

Dalam hal tersebut, kegiatan yang dilakukan sekelompok orang Arab itu bisa berupa mencari air, beternak, dan pekerjaan lain yang bermanfaat bagi penduduk komunitas tersebut.

9. Ramadhan

Pada bulan kesembilan ini, Anda tentu tidak asing lagi. Bulan ini terkenal karena sangat spesial bagi kaum Muslimin. Dari arti nama, Ramadhan berarti sangat panas. Nama ini berasal dari tujuan dirayakannya Ramadhan, yaitu membakar dosa – dosa selama hidup.

Pada bulan ini, umat Islam melakukan puasa selama 30 hari yang merupakan lama bulan ini. Dari ajaran Islam, jika Anda beribadah dan melakukan puasa, nilai pahala Anda akan berlipat ganda di hadapan Allah.

10. Syawal

Bulan Syawal terdiri dari 29 hari yang memiliki arti "kebahagiaan". Bulan ini mendapat arti kebahagiaan karena merupakan bulan yang penuh berkah. Pada tanggal 1 Syawal, umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Di Arab, bulan ini bertepatan dengan bulan di mana unta betina dapat diperah susunya.

11. Bulan Dzulqa’dah

Berasal dari kata dzul (pemilik) dan qa’dah (duduk). Jadi nama itu berarti waktu istirahat bagi kaum lelaki Arab dahulu. Pekerjaan sehari-hari mereka pun banyak dihabiskan dengan duduk-duduk di rumah.

12. Dzulhijah

Bulan terakhir Hijriah adalah bulan Dzulhijah ini menandakan bulan suci untuk menunaikan ibadah haji. Bulan ini terdiri dari 29 hari atau 30 hari. Pada bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban. Hal ini dilakukan tepat pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah.