Orang Terkaya di Indonesia

Berikut ini adalah jajaran orang terkaya di Indonesia

Orang Terkaya di Indonesia

1. R Budi & Michael Hartono

Hartono bersaudara memiliki kekayaan sebanyak USD37,3 miliar atau Rp525,3 triliun (Kurs Rp14.000/USD). Akar kekayaan keluarga berasal dari pembuat rokok kretek Djarum, dimulai oleh ayahnya dan sekarang dijalankan oleh putra Budi, Victor.

2. Widjaja Family

Berikutnya, ada keluarga kerajaan bisnis Widjaja Family. Pendiri dan pencetus ide bisnis pertama muncul dari sesosok Eka Tjipta Widjaja. Dikutip dari Forbes, Minggu (08/12/19), Eka merupakan seorang imigran Tionghoa yang menetap di Indonesia. Eka juga diketahui menikah dengan dua istri dan dikaruniai 15 anak.

Pengalaman bisnis Eka bermula sejak masih remaja. Dirinya mulai menjual biskuit dan dilaporkan pula jika Eka menjualnya pada pasukan Indonesia saat itu. Eka Tjipta Widjaja meninggal pada Januari 2019 di usianya yang menginjak 95 tahun. Kini, salah satu bisnisnya, Sinar Mas, telah memiliki minatnya di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, agribisnis dan telekomunikasi. Jika di total jumlah kekayaan Widjaja Family berkisar US$9,6 miliar (Rp134,629 triliun)

3. Sri Prakash Lohia

Tahun 1970, Prakash dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia dan membangun Indorama. Sumber kekayaan terbesarnya diperoleh dari petrochemicals. Saat ini ia tinggal di Inggris bersama keluarganya namun masih berkewarganegaraan Indonesia.

4. Chairul Tanjung

Pemilik supermarket dan stasiun televisi ini memiliki total kekayaan 4 milyar dollar. Usaha retail Trans nya berada di bawah brand Carrefour dan Transmart. Selain itu, dia juga mengendalikan franchise Wendy’s dan memiliki franchise Versace Mango dan Jimmy Choo.

5. Tahir

Tahir memiliki kekayaan USD4,8 miliar atau Rp67,6 triliun. Tahir, yang dikenal dengan satu nama, adalah pendiri Mayapada Group, sebuah perusahaan dengan minat di bidang perbankan, rantai rumah sakit dan, yang paling menonjol, real estat.