Pandemi Masih berlangsung, Ini alasan mengapa Content marketing penting untuk dilakukan!

Pandemi Masih berlangsung, Ini alasan mengapa Content marketing penting untuk dilakukan!

Pada saat pandemi covid terjadi penyebaram virus membuat tran pemanfaatan teknologi digital di tahun 2020. Dengan adanya pandemi ini maka pemerintah Mengeluarkan aturan pembatasan kegiatan sosial. Perkantoran, sekolah, tempat wisata, pusat perbelanjaan dan berbagai keramaian terpaksa mengadopsi peraturan baru untuk memutus mata rantai wabah virus. Keberadaan pandemi COVID-19 tidak dapat disangkal, tetapi menyebabkan perubahan gaya hidup dunia nyata. Selain perubahan gaya hidup, di mana yang sebelumnya pelaku bisnis dan pelanggan bertransaksi dengan tatap muka secara langsung, maka saat ini hal tersebut tak bisa lagi dilakukan. Semua harus menyesuaikan diri, termasuk bagi para pelaku usaha. Dengan begitu kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Itulah mengapa perlu dipertimbangkan lagi untuk membuat strategi content marketing yang bisa diterapkan di tengah kondisi seperti saat ini. Menurut Content Marketing Institute, content marketing adalah teknik marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting, dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan untuk mengonversi mereka menjadi konsumen.

Terdapat tiga alasan mengapa konten pemasaran penting:

  • cost effective advertising (efektif dalam sisi biaya)

Ukuran efektivitas media berdasarkan perbandingan audiens potensial atau aktual dan biaya penempatan, biasanya dinyatakan sebagai biaya per seribu orang yang menonton. Proses Pemilihan Media Periklanan adalah metode penentuan untuk memilih media yang paling hemat biaya untuk periklanan, untuk mencapai cakupan yang diinginkan dan jumlah eksposur pada audiens target. Pendekatan konten pemasaran memiliki kesamaan dengan iklan. Konten pemasaran sangat lembut dalam mengkomunikasikannya, sehingga brand bisa mengomunikasikan value dari brand dan pesan yang ingin dibawa perusahaan lewat konten.

  • Pengoptimalan dalam waktu

Bagian berikutnya yang membuat content marketing ampuh untuk mendukung kegiatan pemasaran adalah performanya yang terukur dengan jelas pada tiap tahapannya. Optimalisasi media digital sebagai dasar dari kegiatan content marketing memungkinkan kita mengukur performa konten secara berkala; entah itu tingkat kunjungan, reaksi, hingga konversinya.

Dengan performa terukur, para pemasar bisa mengambil keputusan lebih tepat terkait aktivitas konten dan pemasaran yang dijalankan. Kalau tercatat kurang optimal, maka bisa segera diperbaiki atau dikembangkan; sementara jika sudah baik, bisa dicatat dan diadopsi untuk mendorong bagian yang belum maksimal.

Proses belajar dan pengembangan saluran berbasis data ini membuat para pemasar lebih yakin saat menjalankan strategi pemasaran mereka lewat aktivasi konten pada program content marketing; karena mereka berpeluang menghasilkan atau menjalankan hasil keputusan yang lebih akurat, karena ditopang catatan data yang jelas.

  • Pesan yang disajikan beragam

Dalam pesan pemasaran format konvensional, umumnya brand hanya memiliki tiga sampai lima versi pesan saja, untuk menjadi materi promosi yang ditempatkan secara berbayar; dalam hal ini, sebut saja contohnya iklan banner.

Tapi, dengan campaign pemasaran berbentuk content marketing, brand bisa menjalankan kegiatan komunikasi dengan lebih dari 50 konten unik tiap bulan atau per periode campaign. Artinya, dengan model ini, brand jadi punya peluang lebih besar untuk menjangkau konsumen yang beragam dengan pesan yang tepat untuk tiap-tiap segmen konsumen.

Tapi dengan penerapan content marketing, peluang brand untuk meningkatkan rasio konversi—dengan berbagai manfaat seperti peningkatan brand visibility, memperkuat reputasi, menghasilkan inbound traffic tinggi, serta makin baik dari sisi search engine optimization (SEO), dan mengukuhkan kehadiran brand di media sosial—jadi lebih besar.

Masih tentang keberagaman konten ini, di tengah banjirnya konten di dunia maya, konsumen juga makin ketat mengendalikan konten yang mereka konsumsi.

Sehingga sangat penting untuk memahami isi dan bentuk pesan yang menjawab kebutuhan dan minat mereka. Hal ini membuat keberagam konten dalam program content marketing jadi unggul dan menawarkan nilai tambah dibanding format konvensional.