Pasangan yang Masih Menuntut Cewek Harus Bisa Masak, Enaknya Diapain?

MOJOK.CO – Perdebatan purba tentang cewek harus bisa masak sebaiknya diakhiri. Selain karena bikin cewek-cewek kesal, spesies cowok bebal begitu memang mending dibiarkan melajang.Sebelum kalian, cowok-cowok gabut bakal berpikiran, “Halah, paling cewek yang protes suruh masak itu aslinya nggak bisa masak.” Mohon maaf, Bung, saya bisa masak sekaligus bisa masang galon ke dispenser. Tapi saya tetap ilfeel sama cowok yang mengidentikkan kerja dapur sebagai keahlian dasar yang harus dipunyai cewek karena semua ini patut dikompromikan.Pagi ini saya nggak sengaja baca cuitan yang bikin saya kasihan. Masalahnya cuitan ini seolah pengumuman bahwa dia rela dicaci-maki perempuan. Hal dasar begini masak sih harus dijelasin lagi? Yang njelasin capek, yang ndengerin lebih capek.Cwe jaman sekarang kalo disindir ga bisa masak langsung marah marah dan ngomong “cari istri apa babu” aneh banget si menurut gua.Gaada hubungannya masak sama babu, emang dasarnya lo aja yang manja maunya di nafkahin tapi gamau nyenengin keluarga.— mas teguh rastafara uye (@tsantos_o) May 11, 2020Intinya Mas Teguh Rastafara Uye (cute name, btw) ingin mengatakan ke cewek-cewek kalau mereka nggak seharusnya marah kalau dibilang harus bisa masak. Soal masak nggak ada hubungannya sama babu, iya mas setuju emang nggak ada. Tapi soal minta dinafkahi doang, itu juga nggak seharusnya kamu identikkan sama cewek.Jadi begini, saya jelaskan pelan-pelan kenapa cewek suka marah kalau dibilang harus bisa masak. Termasuk saya yang padahal bisa masak.Kerjaan domestik yang diidentikkan sama cewek itu sebenarnya sudah sangat nggak relevan. Kalau nggak tahu kerja domestik, itu lho kerjaan rumah tangga kayak cuci piring, cuci baju, ngepel, masak, ngurus anak. Itu semua pekerjaan domestik ya, Mylov~Perempuan nggak mutlak harus menguasai semua pekerjaan rumah tangga. Rumah tangga itu kan dibangun oleh 2 orang yang saling mencintai, kenapa pembagian perannya seolah saklek begitu. Cowok juga nggak mutlak harus cari uang yang banyak kok. Peran ini bisa didiskusikan bareng. Kalau ceweknya setuju untuk menangani semua kerjaan domestik ya sok wae atuh. Kalau pun si cewek nggak mampu dan justru lebih jago urusan cari duit, cowok perlu mempertimbangkannya..u6f34704342e093c3db52223bfa5f5937 { padding:0px; margin: 0; padding-top:1em!important; padding-bottom:1em!important; width:100%; display: block; font-weight:bold; background-color:#eaeaea; border:0!important; border-left:4px solid #27AE60!important; box-shadow: 0 1px 2px rgba(0, 0, 0, 0.17); -moz-box-shadow: 0 1px 2px rgba(0, 0, 0, 0.17); -o-box-shadow: 0 1px 2px rgba(0, 0, 0, 0.17); -webkit-box-shadow: 0 1px 2px rgba(0, 0, 0, 0.17); text-decoration:none; } .u6f34704342e093c3db52223bfa5f5937:active, .u6f34704342e093c3db52223bfa5f5937:hover { opacity: 1; transition: opacity 250ms; webkit-transition: opacity 250ms; text-decoration:none; } .u6f34704342e093c3db52223bfa5f5937 { transition: background-color 250ms; webkit-transition: background-color 250ms; opacity: 1; transition: opacity 250ms; webkit-transition: opacity 250ms; } .u6f34704342e093c3db52223bfa5f5937 .ctaText { font-weight:bold; color:#000000; text-decoration:none; font-size: 16px; } .u6f34704342e093c3db52223bfa5f5937 .postTitle { color:#141414; text-decoration: underline!important; font-size: 16px; } .u6f34704342e093c3db52223bfa5f5937:hover .postTitle { text-decoration: underline!important; }Baca juga:  Tolong Hentikan, Body Shaming itu Nggak Lucu!Alih-alih pengin dapat pasangan yang bisa masak, mas-mas uye tadi mungkin bakal dijauhi lebih banyak cewek yang berpikir kalau membangun rumah tangga bersamamu dia bakal terkekang, Mz. Disuruh ini itu, didikte kanan-kiri. Aduh pusing.Dari zaman Kartini cewek sebenarnya sudah protes soal peran mereka yang seolah dianggap cuma konco wingking aja. Kriteria calon istri kebanyakan orang zaman itu cuma 3M; masak, macak, manak. Artinya cewek harus bisa masak, harus bisa dandan, dan harus bisa ngurus anak. Kalau semua laki-laki punya pemikiran begini, kalian nggak akan bisa internetan pakai wi-fi, btw. Karena penemu wifi adalah mbak-mbak yang bernama Hedy Lamarr.Cewek berhak atas peran publik mereka. Kalau cewek punya passion dan cita-cita, jangan lalu dihentikan dengan keegoisan pasangan yang maunya dilayani dengan masakan dan kerja ranjang lah.Tuntutan cewek harus bisa masak itu terdengar lucu. Masak adalah keahlian dasar yang harusnya semua manusia juga bisa. Bayangkan kalian tersesat di pulau dan nggak ada ceweknya. Kalian juga harus pintar-pintar mengolah hasil buruan biar jadi barang yang layak dimakan.Teman saya pernah marah-marah ke adiknya sendiri perkara nyetir mobil. Kata si adik, “Mbak, kamu belajarlah nyetir karena itu emansipasi wanita.”Teman saya langsung jawab, “Berarti kamu harus latihan masak, dik, karena masak itu sudah nggak identik sama cewek lagi.”.uc5ea2eb7c617291da8d763e9330dc651 { padding:0px; margin: 0; padding-top:1em!important; padding-bottom:1em!important; width:100%; displa

Pasangan yang Masih Menuntut Cewek Harus Bisa Masak, Enaknya Diapain?
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

MOJOK.CO Perdebatan purba tentang cewek harus bisa masak sebaiknya diakhiri. Selain karena bikin cewek-cewek kesal, spesies cowok bebal begitu memang mending dibiarkan melajang.

Sebelum kalian, cowok-cowok gabut bakal berpikiran, “Halah, paling cewek yang protes suruh masak itu aslinya nggak bisa masak.” Mohon maaf, Bung, saya bisa masak sekaligus bisa masang galon ke dispenser. Tapi saya tetap ilfeel sama cowok yang mengidentikkan kerja dapur sebagai keahlian dasar yang harus dipunyai cewek karena semua ini patut dikompromikan.

Pagi ini saya nggak sengaja baca cuitan yang bikin saya kasihan. Masalahnya cuitan ini seolah pengumuman bahwa dia rela dicaci-maki perempuan. Hal dasar begini masak sih harus dijelasin lagi? Yang njelasin capek, yang ndengerin lebih capek.

Intinya Mas Teguh Rastafara Uye (cute name, btw) ingin mengatakan ke cewek-cewek kalau mereka nggak seharusnya marah kalau dibilang harus bisa masak. Soal masak nggak ada hubungannya sama babu, iya mas setuju emang nggak ada. Tapi soal minta dinafkahi doang, itu juga nggak seharusnya kamu identikkan sama cewek.

Jadi begini, saya jelaskan pelan-pelan kenapa cewek suka marah kalau dibilang harus bisa masak. Termasuk saya yang padahal bisa masak.

Kerjaan domestik yang diidentikkan sama cewek itu sebenarnya sudah sangat nggak relevan. Kalau nggak tahu kerja domestik, itu lho kerjaan rumah tangga kayak cuci piring, cuci baju, ngepel, masak, ngurus anak. Itu semua pekerjaan domestik ya, Mylov~

Perempuan nggak mutlak harus menguasai semua pekerjaan rumah tangga. Rumah tangga itu kan dibangun oleh 2 orang yang saling mencintai, kenapa pembagian perannya seolah saklek begitu. Cowok juga nggak mutlak harus cari uang yang banyak kok. Peran ini bisa didiskusikan bareng. Kalau ceweknya setuju untuk menangani semua kerjaan domestik ya sok wae atuh. Kalau pun si cewek nggak mampu dan justru lebih jago urusan cari duit, cowok perlu mempertimbangkannya.

Baca juga:  Tolong Hentikan, Body Shaming itu Nggak Lucu!

Alih-alih pengin dapat pasangan yang bisa masak, mas-mas uye tadi mungkin bakal dijauhi lebih banyak cewek yang berpikir kalau membangun rumah tangga bersamamu dia bakal terkekang, Mz. Disuruh ini itu, didikte kanan-kiri. Aduh pusing.

Dari zaman Kartini cewek sebenarnya sudah protes soal peran mereka yang seolah dianggap cuma konco wingking aja. Kriteria calon istri kebanyakan orang zaman itu cuma 3M; masak, macak, manak. Artinya cewek harus bisa masak, harus bisa dandan, dan harus bisa ngurus anak. Kalau semua laki-laki punya pemikiran begini, kalian nggak akan bisa internetan pakai wi-fi, btw. Karena penemu wifi adalah mbak-mbak yang bernama Hedy Lamarr.

Cewek berhak atas peran publik mereka. Kalau cewek punya passion dan cita-cita, jangan lalu dihentikan dengan keegoisan pasangan yang maunya dilayani dengan masakan dan kerja ranjang lah.

Tuntutan cewek harus bisa masak itu terdengar lucu. Masak adalah keahlian dasar yang harusnya semua manusia juga bisa. Bayangkan kalian tersesat di pulau dan nggak ada ceweknya. Kalian juga harus pintar-pintar mengolah hasil buruan biar jadi barang yang layak dimakan.

Teman saya pernah marah-marah ke adiknya sendiri perkara nyetir mobil. Kata si adik, “Mbak, kamu belajarlah nyetir karena itu emansipasi wanita.”

Teman saya langsung jawab, “Berarti kamu harus latihan masak, dik, karena masak itu sudah nggak identik sama cewek lagi.”

Baca juga:  Mengapa Rambut Perempuan Muslim Dianggap Aurat?

Permintaan sarkastik itu langsung ditolak mentah-mentah sama adiknya yang memang nggak mau belajar masak. Katanya, masak itu kerjaan cewek. Hmmm, semuanya aja cewek yang ngurus, Boy.

Kemunculan cowok-cowok yang dengan santainya bilang cewek harus bisa masak itu sebenarnya jadi PR baru buat kita semua. Akhirnya kita harus menambah lagi syarat pasangan ideal yaitu yang nggak banyak nuntut dan kompromis sama hal-hal domestik.

Buat sista-sista sekalian, besok lagi kalau ada yang ngajak jadian coba deh ditanyain pertanyaan jebakan begini:

“menurutmu, cewek harus bisa masak nggak sih? alasannya kenapa?”

Kalau jawabannya kayak mas uye, langsung hempaskan aja. Sambil doakan semoga suatu saat nanti dia disadarkan. Oh iya, twit netizen berikut ini ungkin bisa mewakili banyak cewek di luar sana. Semangat, Beb.

BACA JUGA Tipikal Joke ‘Ada yang Menonjol Tapi Bukan Bakat’ Nggak Lucu, Bos! atau artikel lainnya di POJOKAN.


Let's block ads! (Why?)