Pembangkit Pariwisata Sabang, KMP. Aceh Hebat 2 akan Hadir di Lintasan Ulee Lheue - Balohan

BANGKALAN - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, kembali meresmikan KMP Aceh Hebat. Setelah beberapa waktu lalu melaunching kapal penyeberangan lintas barat ke Pulau Simeulue di Kepulauan Riau, Jumat (16/10/2020) tengah malam tadi, Nova kembali meresmikan satu unit kapal milik masyarakat Aceh di Bangkalan Madura, Jawa Timur.Peresmian tersebut menjadi penanda bahwa kapal roro 1.100 GT bakal segera berlayar melayani rute Balohan Sabang - Ulee Lheu, usai mengikuti beberapa pengujian lagi seperti uji kemiringan, uji berlayar dan fungsi seluruh komponen. Atas keberhasilan dan komitmen PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia menyelesaikan pengerjaan kapal milik rakyat Aceh itu sesuai dengan target, Nova berterimakasih“Kami mengucapkan terima kasih. Awal Desember ini kapal dapat dilakukan serah terima di Banda Aceh,” tutur Nova yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi dalam di galangan Kapal PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia, di Bangkala Madura.Usai peluncuran, kapal ini akan dilakukan serangkai pengujian, salah satunya uji berlayar (sea trial) agar nantinya saat melayani lintasan Ulee Lheue - Balohan, kapal ini dapat beroperasi secara optimal. Seluruh uji teknis dan non-teknis sangat penting dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan pelayaran nantinya.Sebagai informasi, KMP. Aceh Hebat 2 ini menjadi angkutan penyeberangan yang diperuntukkan bagi pengembangan wisata Sabang. Kapal ini memiliki daya muat sebanyak 377 penumpang dan 24 unit kendaraan (kombinasi). Kapasitas mesin induk yang digunakan berdaya 2 x 1400 HP dengan kecepetan mesin mencapai 13 knot.Kapal ini sepanjang 63,75 meter dengan lebar 13,6 meter dan tinggi mencapai 3,9 meter. Kapal ini mulai dibuat pada Tahun 2019.KMP. Aceh Hebat 2 ini berkapasitas 1100 GT, yang berarti lebih besar dari KMP. BRR yang tengah beroperasi saat ini. Kapal ini hadir sebagai penyemangat sektor pariwisata Sabang yang terkenal akan keindahan alam bawah laut yang telah lama vakum. Hal ini menjadi harapan besar agar roda perekonomian masyarakat kembali berjalan normal.Sejak Maret 2020, sektor pariwisata menjadi sektor yang paling berimbas dari pandemi global ini. Sehingga, pundi-pundi masyarakat banyak yang melemah. Pemerintah Aceh terus berupaya agar nilai ekonomi masyarakat terus tumbuh dan berkonstribusi dalam pembangunan Aceh, diantaranya meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antar destinasi wisata dengan meningkatkan sektor pariwisata.Nova juga menyampaikan bahwa kapal ini akan membawa manfaat yang besar bagi konektifitas di Aceh, khususnya dalam peningkatan pariwisata Sabang."Konsep utama pembangunan KMP. Aceh Hebat 2 ini juga diperuntukkan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Sabang. Tentunya, multiplier effectnya untuk pertumbuhan ekonomi wilayah Aceh. Jelas, keberhasilan pembangunan kapal ini merupakan kebanggaan bagi kita semua,"ujar Nova. Let's block ads! (Why?)

Pembangkit Pariwisata Sabang, KMP. Aceh Hebat 2 akan Hadir di Lintasan Ulee Lheue - Balohan
BANGKALAN - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, kembali meresmikan KMP Aceh Hebat. Setelah beberapa waktu lalu melaunching kapal penyeberangan lintas barat ke Pulau Simeulue di Kepulauan Riau, Jumat (16/10/2020) tengah malam tadi, Nova kembali meresmikan satu unit kapal milik masyarakat Aceh di Bangkalan Madura, Jawa Timur.

Peresmian tersebut menjadi penanda bahwa kapal roro 1.100 GT bakal segera berlayar melayani rute Balohan Sabang - Ulee Lheu, usai mengikuti beberapa pengujian lagi seperti uji kemiringan, uji berlayar dan fungsi seluruh komponen. Atas keberhasilan dan komitmen PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia menyelesaikan pengerjaan kapal milik rakyat Aceh itu sesuai dengan target, Nova berterimakasih

“Kami mengucapkan terima kasih. Awal Desember ini kapal dapat dilakukan serah terima di Banda Aceh,” tutur Nova yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi dalam di galangan Kapal PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia, di Bangkala Madura.

Usai peluncuran, kapal ini akan dilakukan serangkai pengujian, salah satunya uji berlayar (sea trial) agar nantinya saat melayani lintasan Ulee Lheue - Balohan, kapal ini dapat beroperasi secara optimal. Seluruh uji teknis dan non-teknis sangat penting dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan pelayaran nantinya.

Sebagai informasi, KMP. Aceh Hebat 2 ini menjadi angkutan penyeberangan yang diperuntukkan bagi pengembangan wisata Sabang. Kapal ini memiliki daya muat sebanyak 377 penumpang dan 24 unit kendaraan (kombinasi). Kapasitas mesin induk yang digunakan berdaya 2 x 1400 HP dengan kecepetan mesin mencapai 13 knot.

Kapal ini sepanjang 63,75 meter dengan lebar 13,6 meter dan tinggi mencapai 3,9 meter. Kapal ini mulai dibuat pada Tahun 2019.

KMP. Aceh Hebat 2 ini berkapasitas 1100 GT, yang berarti lebih besar dari KMP. BRR yang tengah beroperasi saat ini. Kapal ini hadir sebagai penyemangat sektor pariwisata Sabang yang terkenal akan keindahan alam bawah laut yang telah lama vakum. Hal ini menjadi harapan besar agar roda perekonomian masyarakat kembali berjalan normal.

Sejak Maret 2020, sektor pariwisata menjadi sektor yang paling berimbas dari pandemi global ini. Sehingga, pundi-pundi masyarakat banyak yang melemah. Pemerintah Aceh terus berupaya agar nilai ekonomi masyarakat terus tumbuh dan berkonstribusi dalam pembangunan Aceh, diantaranya meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antar destinasi wisata dengan meningkatkan sektor pariwisata.

Nova juga menyampaikan bahwa kapal ini akan membawa manfaat yang besar bagi konektifitas di Aceh, khususnya dalam peningkatan pariwisata Sabang.

"Konsep utama pembangunan KMP. Aceh Hebat 2 ini juga diperuntukkan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Sabang. Tentunya, multiplier effectnya untuk pertumbuhan ekonomi wilayah Aceh. Jelas, keberhasilan pembangunan kapal ini merupakan kebanggaan bagi kita semua,"
ujar Nova.

Let's block ads! (Why?)