Pengusaha Tersukses di Indonesia

Berikut ini adalah pengusaha tersukses di Indonesia, sudah tahukah anda?

Pengusaha Tersukses di Indonesia

1. William Tanuwijaya

William Tanuwijaya dilahirkan pada tanggal 11 November 1981. Setelah tamat SMA, beliau merantau ke ibukota untuk melanjutkan pendidikan.

William Tanuwijaya kemudian mengambil pendidikan di Universitas Bina Nusantara (Binus), jurusan Teknik Informatika.

William kemudian bekerja sampingan sebagai penjaga warnet, dimana beliau kemudian memperoleh tambahan penghasilan dan internet gratis. Dari sinilah William pertama kali mengenal internet lebih dalam.

Kisah suksesnya berlanjut saat beliau bekerja di beberapa perusahaan software developer dan game developer, bahkan di perusahaan jual beli online KafeGaul.

2. Bob Sadino

Terlahir di Lampung, 9 Maret 1939, mendiang pengusaha dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini termasuk salah satu pengusaha sukses yang sempat mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya menorehkan kesuksesan besar. Setelah sekitar sembilan tahun menjadi pegawai, Bob memutuskan untuk berhenti dan banting setir menjadi pengusaha.

Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis penyewaan mobil, dengan hanya bermodalkan satu mobil Mercedes dan ia supiri sendiri. Namun karena musibah kecelakaan yang menimpanya saat mengemudikan mobil yang disewakannya itu, bisnis itupun berhenti di tengah jalan. Tidak putus semangat, ia kemudian beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian.

Saat menjadi kuli tersebut, ia melihat adanya peluang bisnis yang lain, bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Dengan modal pinjaman tetangganya, akhirnya Bob mulai menjalankan bisnis tersebut. Awalnya, Bob menawarkan sendiri dagangannya dari rumah ke rumah di wilayah sekitar tempat tinggalnya, terutama kepada para ekspatriat, di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

Bisnis telurnya tersebut akhirnya berbuah manis dan ia mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidoponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian. Meski sudah sukses, ia tetap tampil sederhana dan kerap kali melayani sendiri para pelanggannya seperti keluarganya sendiri.

 

3.  Nadiem Makarim

Siapa tak kenal nama Nadiem Makarim? Lelaki berusia 34 tahun ini sudah menjadi sukses berkat usaha ojek onlinenya yang diberi nama GoJek.

Sebelum sukses mendirikan GoJek, lelaki kelahiran tanggal 4 Juli 1984 ini, sempat bekerja terlebih dahulu di sebuah perusahaan konsultan Mckinsey & Company, Managing Editor di Zalora Indonesia, terakhir sebagai Chief Innovation officer di Kartuku.

Merasa ingin lebih sukses, pada tahun 2015, Nadiem kemudian mendirikan PT GoJek Indonesia yang merupakan penyedia jasa transportasi ojek berbasis online.

Pendirian usaha ini awalnya karena Nadiem melihat permasalahan utama para penyedia jasa ojek di Indonesia yang kurang produktif karena kesulitan mendapatkan penumpang.

Meski sempat dianggap remeh karena ide usahanya tidak masuk akal dan mendapat cibiran banyak pihak, tapi Nadiem tetap gigih mempertahankannya sehingga dirinya bisa meraih kesuksesan sekarang.

4. Susi Pudjiastuti

Nama Susi Pudjiastuti sempat menjadi perbincangan ketika diumumkan menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada Pemerintahan Joko Widodo.

Menteri yang nyeleneh dan blak-blakan ini awalnya adalah seorang pengusaha pengepul ikan di Pangandaran, Jawa Barat. Dia lalu naik kelas menjadi pengusaha olahan ikan yang diekspor ke Asia dan Amerika.

Susi juga mendirikan perusahaan PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Produk yang dijual berupa lobster dengan merek Susi Brand. Kemudian dia melebarkan sayap bisnisnya di bidang maskapai penerbangan. Nama Susi Air pun resmi menjadi bisnis barunya sebagai penyewaan pesawat dan penerbangan perintis.

5. Ahmad Zaky

Bagi penyuka belanja online pasti tahu situs jual-beli online yang satu ini. BukaLapak merupakan salah satu situs jual-beli online terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Ahmad Zaky.

Berkat ketertarikannya pada dunia informatika sejak duduk di bangku SD, kegigihannya kini membuahkan hasil yang mengantarnya menjadi wirausahawan sukses.

Tapi Anda percaya tidak kalau awalnya situs jual-beli online ini hanyalah sebuah divisi agensi digital bernama Suitmedia yang kemudian berubah status menjadi PT (Perseroan Terbatas).

Meski sudah didirikan pada tahun 2010, tapi perjalanan BukaLapak tidak semulus yang Anda bayangkan. Di awal kemunculannya, masyarakat masih awam tentang jual-beli online sehingga tingkat kepercayaan masyarakat minim.

Lambat laun, berkat ketekunan sang pemilik yang lahir di tanggal 24 Agustus 1986 (32 tahun), BukaLapak.com mulai dikenal dan menerima banyak investasi dari dalam negeri maupun luar negeri.