Pentingnya IPK Untuk Karir Kamu

Tak heran jika hal ini membuat banyak orang berpikir bahwa IPK adalah hal terpenting dalam mencari pekerjaan

Pentingnya IPK Untuk Karir Kamu

Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK adalah sesuatu yang harus Anda perjuangkan selama kuliah. IPK digunakan sebagai tolak ukur pengetahuan mahasiswa di bidang akademik. Tak heran jika hal ini membuat banyak orang berpikir bahwa IPK adalah hal terpenting dalam mencari pekerjaan. Jika IPKnya bagus, mungkin saja akan lebih mudah mencari pekerjaan.

Tapi, apakah IPK benar-benar bisa menjamin kesuksesan pekerjaan kamu?

Dahulu dunia kerja menggunakan IPK sebagai syarat utama untuk menentukan calon tenaga kerja untuk dapat mengikuti pilihan pekerjaan perusahaan. Oleh karena itu, IPK akan menentukan kelayakan calon tenaga kerja untuk mengikuti ujian selanjutnya. Padahal, IPK hanya dijadikan penutup bagi para pencari kerja. Ini karena IPK bukan satu-satunya alasan mengapa pekerjaan atau perusahaan tidak menerimanya.

Selain fokus di IPK, pengalaman berorganisasi semasa kuliah juga tidak kalah penting. Hal ini karena Anda dapat mengasah kemampuan bertukar pola pikir dan kerjasama tim Anda. Selain itu, Anda dapat memperluas koneksi Anda dan mendapat kesempatan kerja yang lebih tinggi bila Anda aktif berorganisasi. 

Pasalnya, selain IPK, diperlukan syarat penting lainnya untuk menunjang masuknya Anda ke suatu perusahaan. Bagi perusahaan, menerima karyawan dengan softskill dan pengalaman kerja lebih penting daripada IPK. Perusahaan akan memaksimumkan keuntungannya dengan biaya yang sesedikit mungkin. Oleh karena itu, perusahaan tentunya tidak ingin menyia-nyiakan biaya dengan merekrut karyawan yang tidak memenuhi syarat.

Oleh karena itu, walaupun IPK Anda tinggi, jangan berharap perusahaan sudah pasti menerima Anda. Apalagi Anda tidak memiliki keterampilan dan kemampuan komunikasi yang baik. Syarat terpenting untuk memasuki dunia kerja adalah kemampuan sendiri