pola hidup sehat dengan cara mengatur pola makan. (Bagian 2)

cara melakukan hidup sehat melalui mengatur pola hidup makan

pola hidup sehat dengan cara mengatur pola makan. (Bagian 2)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

jika kamu sudah berolahraga dengan keras namun merasa olahraga sia-sia karena tidak membawakan perubahan mau turun berat badan untuk yang sedang menargetkan turun berat badan ataupun sebaliknya? mungkin ada yang salah dengan cara pola makan yang kamu pakai sekarang? mungkin porsi terlalu banyak, kekurangan asupan protein, kurang minum air putih hingga kekurangan kebutuhan serat. kali ini penulis akan memberikan bagaimana cara mengatur pola makan untuk pola hidup yang lebih sehat. mengutip dari laman sahabatnestle.co.id ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatur pola makan yaitu:

 

1. sarapan tinggi protein

mulai hari dengan sarapan berkualitas. berkualitas dalam hal ini adalah memenuhi kebutuhan protein bukan hanya asal sekedar sarapan yang banyak namun tidak memperhatikan kalori dan proteinnya. contoh pada pagi hari kita biasa memakan roti isi cokelat. kandungan gula pada coklat tabur cukup tinggi akan ada baiknya jika kita mengubah sarapan menjadi roti isi telur, karena telur merupakan sumber protein yang murah dan mudah ditemukan namun protein yang dimiliki telur dapat dikatakan cukup untuk sarapan.

 

2. perbanyak minum air putih

perbanyak meminum air putih dapat membantu menghidrasi organ-organ tubuh selain itu meminum air putih dapat membantu memelihara fungsi ginjal, membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan memelihara kelembutan kulit. mengkonsumsi air putih umumnya 2 liter dalam 1 hari.

 

3. mengganti camilan menjadi buah dan sayur.

mengingat camilan banyak yang mengandung gula yang tinggi untuk makanan olahan manis dan kadar garam yang tinggi pada olahan makanan lainnya. kadar gula dan garam bahaya ketika kita mengkonsumsi berlebihan karena gula dapat mengandung lemak jenuh dan garam dapat mengikat lemak. maka dari itu ketika kita memakan camilan dapat menaikkan berat badan dengan cepat. maka dari itu lebih baik merubah camilan yang kurang sehat ke buah dan sayur. karena buah dan sayur mengandung banyak nutrisi dan pada buah mengandung pemanis alami sehingga baik jika di konsumsi tubuh dalam jangka waktu panjang.

 

4. merubah porsi makan menjadi sedikit namun intensitas makan menjadi banyak.

merubah pola ini dapat membantu menjaga pola hidup sehat karena memakan dalam porsi dikit namun intensitas banyak dapat membuat organ-organ pencernaan berkerja tidak seberat ketika kita memakan dalam intensitas sedikit namu porsi yang cukup banyak karena organ akan bekerja keras ketika perut kosong dan tiba-tiba haru bekerja ekstra saat memproses makanan dalam porsi banyak. ketika kita memakan porsi sedikit namun intensitas sering organ pencernaan dapat bekerja perlahan namun stabil. perbandingan yang dipakai adalah makan 3 kali sehari dalam porsi yang banyak dengan makan dengan 6 kali sehari dalam porsi yang sedikit namun sering.

 

diatas adalah tips untuk mengatur pola makan untuk pola hidup yang lebih sehat. tetap ikuti artikel ini karena pada bagian selanjutnya akan membahas tips hidup sehat dengan cara yang lainnya. semoga tips mengatur pola makan tersebut bermanfaat bagi orang banyak dan terima kasih telah membaca

 

https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi-kesehatan/inilah-cara-mengatur-pola-makan-yang-tepat-untuk-menurunkan-berat-badan.html