Prospek Kerja Dan Gaji Jurusan Program Studi Teknik Sipil

Pekerjaan Jurusan Teknik Sipil semakin dibutuhkan di era pembangunan yang terus maju ini. Buat kamu calon lulusan atau bahkan calon mahasiswa jurusan ini, enggak usah khawatir

Prospek Kerja Dan Gaji Jurusan Program Studi Teknik Sipil

Pekerjaan Jurusan Teknik Sipil semakin dibutuhkan di era pembangunan yang terus maju ini. Buat kamu calon lulusan atau bahkan calon mahasiswa jurusan ini, enggak usah khawatir. Sebab kamu bisa memilih prospek pekerjaan Jurusan Teknik Sipil berikut ini di masa depan. Gajinya cukup tinggi, bahkan untuk lulusan baru atau fresh graduate.

Berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan dan jumlah gaji yang didapatkan oleh lulusan jurusan Teknik Sipil :

1. Sales Perusahaan Konstruksi

Merupakan orang yang bekerja di perusahaan konstruksi dengan tugas untuk lebih banyak berinteraksi dengan perusahaan lain (business to business /B2B).

Sales Perusahaan Konstruksi memiliki tugas untuk berkomunikasi dan memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada calon pelanggan/klien agar mau membeli dan memakai produk yang ditawarkan.

Sales Perusahaan Konstruksi berada di bawah divisi marketing & sales juga berperan dalam mencari klien, meningkatkan penjualan, memperkenalkan produk/jasa, mengadakan pameran, terlibat dalam pembuatan iklan, dan lainnya. Gaji Rata-rata sebesat Rp. 4.000.000.00,. sampai dengan Rp. 6.000.000.00,.

2. Kontraktor

Merupakan orang yang bekerja profesional untuk mendapatkan penghasilan dengan melakukan proyek konstruksi bangunan.

Tugas kontraktor antara lain adalah merencanakan dan merancang proyek konstruksi, menawarkan jasa layanan konsultasi proyek bangunan, mengawasi pekerja proyek, membuat anggaran proyek, memastikan proyek konstruksi beserta instalasi dan spesifikasinya sudah sesuai prosedur. Gaji rata-ratanya sebesar Rp. 5,5 juta. sampai dengan Rp. 6 juta

3. Insinyur Sipil

Salah satu pekerjaan Jurusan Teknik Sipil ini bertanggung jawab terhadap desain, manajemen, mensupervisi proyek konstruksi yang dikerjakan Bersama Teknisi Sipil dan pekerja lainnya. Misalnya proyek jalan, rel kereta api, bandara, jembatan, pelabuhan, saluran, bendungan, proyek irigasi, dan masih banyak lagi.

Insinyur Sipil menentukan keputusan-keputusan penting, memprediksi kemungkinan masalah dan tantangan yang timbul di sebuah proyek. Serta mencari solusi atas masalah tersebut. Gajinya berkisar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

4. Pegawai Pemerintahan dan BUMN

Lulusan Jurusan Teknik Sipil juga bisa menjadi pegawai di kantor Pemerintahan. Kamu bisa bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah maupun Nasional, PMU-Bina Marga, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dinas Tata Kota dan Pertamanan. Juga, ada pekerjaan di bidang teknik di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Seperti Cipta Karya, Waskita Karya, Hutama Karya, PLN, dan Telkom Indonesia.

Salah satu bagian yang bisa kamu tempatkan adalah menjadi Pengawas dan Penyelidik Properti dan Infrastruktur Pemerintah. Tugasnya memeriksa properti pemerintah untuk memastikan kepatuhan dengan perjanjian kontrak dan peraturan pemerintah yang ada. Dengan gaji mulai dari Rp 4 juta, belum termasuk tunjangan lain.

5. Pengawas Konstruksi dan Bangunan

Ilmu Teknik Sipil dalam pekerjaan ini diimplementasikan dalam penetuan kualitas struktur, juga menyesuaikan dengan regulasi-regulasi yang berlaku. Mereka memeriksa secara bangunan menyeluruh, mulai dari pengecekan fisik, pengecekan sistem kelistrikan dan saluran air. Gajinya sekitar Rp 4 juta hingga Rp 6 juta.