prospek kerja dan gaji Program Studi jurusan arsitektur

Memiliki profesi yang bagus dan bergaji tinggi tentu menjadi impian bagi semua orang

prospek kerja dan gaji Program Studi jurusan arsitektur

Memiliki profesi yang bagus dan bergaji tinggi tentu menjadi impian bagi semua orang. Itulah mengapa setelah lulus SMA, semua orang akan berusaha untuk masuk kuliah di jurusan terbaik. Arsitektur menjadi salah satu pilihan jurusan terbaik bagi Kamu yang ingin mendapatkan masa depan terjamin. 

Berikut ini 7 peluang atau prospek kerja arsitek dan gaji yang bisa Kamu dapatkan :

1. Drafter

Pilihan profesi pertama yang bisa ditekuni oleh sarjana arsitektur adalah drafter. Profesi drafter bertugas melakukan penyusunan gambar kerja dari sketsa dasar yang telah dibuat oleh arsitek lain. Gambar kerja buatan drafter inilah yang kemudian akan dijadikan sebagai acuan pelaksanaan pengerjaan proyek.

Melakukan tugas yang penting, tak heran jika posisi drafter begitu dibutuhkan. Kualitas hasil gambar kerja yang dihasilkan akan sangat berpengaruh pada hasil pengerjaan proyek yang berjalan. Menariknya lagi, seorang drafter bisa mendapat gaji mulai dari Rp5.000.000,00 per bulan.

2. Pelaksana Proyek

Lulusan arsitektur juga bisa menjadi pelaksana proyek pembangunan. Peluang profesi yang satu ini sangat umum dijadikan cita-cita oleh mahasiswa arsitektur. Sebagai pelaksana proyek, Kamu jelas bisa mengaplikasikan ilmu arsitektur yang Kamu punya secara total hingga terwujud bangunan yang nyata.

Sebagai pelaksana proyek, Kamu punya tanggung jawab yang sangat besar. Sukses atau tidaknya sebuah proyek akan sangat dipengaruhi oleh performa kerja yang Kamu tunjukkan. Gaji yang didapat dari profesi ini juga bisa sangat besar mulai dari Rp7.000.000,00 juta per bulan dan bisa terus meningkat.

3. Perencana Struktur

Perencana struktur memiliki tugas merencanakan struktur bangunan yang akan dibuat. Sama pentingnya seperti drafter, perencana struktur memegang peran penting dalam persiapan sebuah pelaksanaan proyek. Tanggung jawabmu bisa dikatakan sangat besar karena menentukan kualitas dan kekuatan suatu bangunan.

Profesi satu ini akan menjadi wadah yang tepat bagi Kamu untuk menyalurkan semua ilmu teori yang sudah didapat selama kuliah. Dari profesi ini Kamu juga bisa mendapat pengalaman dan gaji besar. Gaji yang bisa didapat oleh perencana struktur berkisar Rp7.000.000,00 per bulan.

4. Manajer Konstruksi

Profesi berikutnya yang bisa dijadikan pilihan oleh lulusan arsitektur adalah manajer konstruksi. Manajer konstruksi merupakan pengawas yang akan mengawasi proses perjalanan suatu proyek pembangunan. Jika menekuni profesi ini, Kamu harus memastikan bahwa suatu proyek berjalan dengan baik sesuai rencana.

Peran manajer konstruksi juga sangat besar dalam sebuah proyek. Tanpa keberadaan manajer konstruksi maka sulit untuk mengendalikan jalannya proyek konstruksi. Seorang manajer konstruksi bisa mendapat gaji kurang lebih Rp7.000.000,00 juta per bulan.

5. Surveyor

Kamu juga bisa memilih untuk bekerja sebagai surveyor. Surveyor memiliki tugas dan tanggung jawab memeriksa apakah suatu proyek yang dijalankan sudah mengikuti peraturan yang berlaku. Tugas yang dipegang oleh surveyor ini sangat penting untuk menjamin berlangsungnya suatu proyek sampai selesai.

Berdirinya suatu bangunan jelas tidak lepas dari peran surveyor. Dari profesi ini Kamu juga bisa dapat penghasilan yang memuaskan. Gaji yang bisa didapatkan oleh seorang surveyor mencapai kurang lebih Rp7.000.000,00 per bulan.

6. Direktur Kontraktor

Peluang atau prospek kerja arsitek berikutnya adalah menjadi direktur kontraktor. Dari namanya saja sudah bisa dipastikan kalau posisimu akan dipandang begitu penting di sini. Direktur kontraktor bisa disebut sebagai posisi terbaik untuk para lulusan arsitektur. Seorang direktur kontraktor dapat memperoleh gaji sebesar Rp40.000.000,00 per bulan.

7. Site Manager

Tamat belajar di jurusan arsitektur juga bisa membawa Kamu untuk bekerja sebagai site manager suatu proyek. Site manager memiliki tanggung jawab penting dalam perencanaan teknis dan operasional sebuah proyek pembangunan. Pelaksanaan proyek tentu tidak akan bisa berjalan lancar tanpa kerja optimal dari seorang site manager.

Profesi yang satu ini sangat cocok ditekuni oleh mahasiswa arsitektur dengan bakat manajemen yang baik. Gaji yang didapat dari pekerjaan ini juga sangat memuaskan. Seorang site manager bisa mendapat gaji hingga Rp15.000.000,00 per bulan.