Rangkaian Skincare Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak pun juga butuh skincare agar tetap sehat, terawat, dan ternutrisi. Sayangnya, ada mitos tentang kulit berminyak yang banyak dipercaya sehingga membuat pemilik kulit berminyak merasa malas untuk merawat kulit wajah. Nah, cari tahu infonya lebih lanjut bersama BP-Guide, yuk?

Rangkaian Skincare Untuk Kulit Berminyak
Skin Care

Masalah kulit berminyak adalah hal yang umum dialami banyak orang yang dapat menurunkan rasa percaya diri. Bagaimana tidak, kulit wajah yang memproduksi minyak berlebih ini membuat wajah terlihat seperti kilang minyak, lebih mudah kusam dan terlihat kucel.

Kulit wajah yang berminyak pun lebih rentan mengalami masalah jerawat yang makin merusak penampilan. Kulit berminyak umumnya disebabkan oleh faktor genetik, tapi juga dapat dipengaruhi oleh iklim dan kurangnya merawat dan menjaga kebersihan wajah.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah kulit wajah yang satu ini dibutuhkan skincare untuk kulit berminyak. Penggunaan skincare yang tepat dapat membuat kadar minyak pada wajah lebih terkontrol, bebas kusam dan terlihat lebih terawat. 

Untuk meminimalisir hal tersebut, lakukan rutinitas skin care untuk kulit berminyak di pagi dan malam hari berikut ini.

PAGI HARI

  1. Double Cleansing, ketika tidur semalaman, produksi minyak di kulit mencapai puncaknya. Makanya jangan heran jika saat bangun tidur kulit akan terasa sangat berminyak. Sehabis bangun tidur, bersihkanlah wajah menggunakan pembersih wajah khusus kulit berminyak.  Pertama-tama gunakan micellar water, kemudian lanjutkan dengan facial foam.
  2. Kendalikan Minyak di Wajah dengan Toner, untuk kulit berminyak perlu menggunakan toner khusus kulit berminyak yang digunakan setelah membersihkan wajah. Toner berperan sebagai penyegar sekaligus mengangkat sisa kotoran atau produk pembersih wajah. Memakai toner juga membantu penyerapan skin care selanjutnya berjalan maksimal.
  3. Nutrisi Kulit dengan Memakai Serum, jangan pernah lupa untuk memakai serum wajah! Produk ini juga penting dalam rangkaian skin care untuk kulit berminyak karena kulit berminyak juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Sebaiknya pakailah yang bertekstur watery karena cenderung ringan sehingga mudah diserap dan tidak lengket di kulit. Pilihlah serum untuk kulit wajah berminyak yang membantu menyamarkan tampilan pori-pori dan mengontrol produksi minyak berlebih.
  4. Jangan Lupakan Pelembap, mungkin ada sebagian dari pemilik kulit berminyak yang berpikir jika kulitnya tidak memerlukan pelembap lagi karena sudah cukup terhidrasi. Sebenarnya pemahaman ini keliru karena belum tentu wajah berminyak sudah terhidrasi dengan baik, justru kulit menghasilkan lebih banyak minyak agar kulit tetap terhidrasi. Sehingga pelembap tetap harus digunakan untuk mencegah kelembapan kulit hilang. Namun, hindari menggunakan pelembap yang memiliki kandungan utama minyak dan pilih pelembap dengan kandungan air yang tinggi.
  5. Lindungi Kulit Wajah dengan Sunscreen, salah satu tanda kulit sehat adalah tampak cerah. Nah, untuk mendapatkan kulit yang seperti itu, skin care untuk kulit berminyak yang tidak boleh dilupakan adalah penggunaan sunscreen.  Produk ini penting untuk melindungi kulit dari dampak negatif sinar UVA dan UVB. Untuk kulit berminyak, pilih chemical sunscreen yang mudah menyerap dan cenderung membuat tampilan kulit lebih matte.

MALAM HARI

  1. Double Cleansing, sama seperti pagi hari, skin care untuk kulit berminyak di malam hari perlu memerlukan double cleansing untuk seluruh wajah. Produknya sama dengan skin care di pagi hari, namun pastikan wajah Anda benar-benar bersih ya. Apalagi setelah beraktivitas seharian dan menggunakan make-up. Gunakan oil-based cleanser untuk menghapus make-up dan sunscreen dari wajah.
  2. Eksfoliator, skin care routine untuk kulit berminyak yang perlu dilakukan berikutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi demi mengangkat sel-sel kulit mati. Namun hindari melakukannya setiap hari, melainkan cukup 1 kali seminggu saja. Anda dapat memilih physical atau chemical exfoliator sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.
  3. Gunakan Toner, Essence, dan Serum, sama dengan pagi hari, skin care routine untuk kulit berminyak saat malam hari perlu memakai toneressence, dan serum. Toner digunakan untuk mengembalikan kelembapan kulit, sementara essence membantu produk skin care ­lainnya untuk bisa meresap dan bekerja maksimal pada kulit wajah. Lanjutkan dengan pemakaian serum untuk menutrisi kulit.
  4. Masker Wajah,anda suka menggunakan masker wajah?  Lakukan kebiasaan ini setiap 2 sampai 3 kali seminggu saja. Satu tips penting, sebaiknya pilih sheet mask yang memang dikhususkan untuk pemilik kulit berminyak atau gunakan clay mask yang mampu menghilangkan minyak berlebih dari pori-pori ya!
  5. Tutup dengan Pelembap, skin care untuk wajah berminyak di malam hari dapat Anda tutup dengan penggunaan pelembap. Pada saat tidur, kulit berkesempatan untuk melakukan regenerasi kulit. Penggunaan pelembap dapat membantu proses regenerasi kulit agar senantiasa kenyal keesokan harinya.Itulah skin care untuk wajah berminyak yang sebaiknya Anda lakukan di keseharian.