Slang Word ala remaja Indonesia

Slang Word ala remaja Indonesia
Teen hangout/ Sumber: mattmayberryonline.com/
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Slang word atau sering kita kenal dengan “Bahasa Gaul” adalah bahasa yang sering kita gunakan untuk berkomunikasi dengan lawan bicara terutama di kalangan anak-anak atau remaja saat ini. Dari masa ke masa slang word semakin beragam. Bagi anak-anak remaja 90an mungkin sudah tidak asing dengan slang word seperti doi, yang berarti "Dia", Yongkru yang berarti "Iya atau Yoi" ataupun Sepokat yang berarti "Sepatu". Nah, saat ini kata-kata tersebut juga masih digunakan sebagai kata-kata gaul sehari-hari, namun seiiring berjalannya waktu lahir pula istilah-istilah slang word baru. penasaran? apa saja sih? yuk kita bahas.

1. Sabi atau Sabun

Sabi atau sabun, berarti "Bisa". Biasanya kata-kata ini digunakan untuk menujukan kebisaan atau "mampu melakukan". Contohnya, apabila ditanya "eh lu bisa ga malem ini ngerjain tugas?" lalu dijawab " sabi-sabi, nanti gua dateng jam 7 malam ya".

2. Sabeb

Sabeb sebenarnya berasal dari kata "bebas" yang dibalik. Sabeb disini memiliki arti yang sama dengan bebas, penggunaanya pun sama. Sabeb biasanya digunakan untuk menunjukan sikap "ikut-ikut aja". Biasanya kata ini diucapkan oleh teman yang males mikir kalau diajak pergi dan ditanya tujuannya kemana. Contohnya "guys malem minggu ini kemana kita?" biasanya teman yang males "mikir" akan bilang " gue sabeb kemana aja, asal jangan mahal-mahal ya tempatnya hehe". 

3. Kemek

Kemek adalah pengganti kata untuk makan. walau terdengar aneh, namun kata ini sangat sering diucapkan remaja masa kini.

4. Kilab atau cabs

Kilab adalah kata "balik" yang dibalik. Balik disini berarti "pulang". selain kilab ada juga kata cabs yang biasa digunakan untuk berpamitan dengan kawan-kawan ketika sedang berkumpul. "eh gua cabs duluan ya mau belajar buat besok ujian"

5. Sutup

Sutup berart "putus". kata ini akan digunakan oleh remaja yang sedang patah hati atau baru saja memutus hubungan dengan pacar nya. Mungkin bagi sebagian orang kata sutup ini akan sangat menyeramkan dan menganggu pikiran...hehe

6. Selow atau woles

Selow atau woles sebenarnya adalah kata resapan bahasa inggris "slow". Dalam bahasa aslinya slow berarti lambat atau pelan, tak jarang juga slow digunakan untuk "meredakan ketegangan". "Slow down man..." kata itu bisa digunakan oleh orang luar apabila ingin menenangkan kawannya apabila sedang berada dalam situasi yang "riuh" atau mencekam. Selow atau woles di Indonesia juga memiliki fungsi yang sama, yaitu mengajak orang untuk "jangan tegang" atau kalem. "bro, woles aja bro, ngopi dulu kita...kerjanya lanjut nanti aja".

7. Baper

Baper adalah kependekan dari "bawa perasaan", kata ini biasa digunkan untuk menungkapkan perasaan. Biasanya ditujukan kepada seseorang yang sensitif, mudah tersinggung ataupun "sering diambil hati". contoh nya "ah gue baper nih sama dia, soalnya dia kayanya perhatian banget sama gue" dari kata ini bisa diketahui bahwa orang tersebut terlalu membawa perasaannya terhadap orang lain, walau mungkin saja orang tersebut memang orang yang perhatian kepada semua orang. hmmm...kaya nya kasus seperti ini sering terjadi yaa dikehidupan remaja zaman now...hehehe

8. PHP

PHP artinya Pemberi Harapan Palsu, kata ini sangat sering digunakan oleh kaum hawa kepada pasangannya yang tidak menepati janji. Sederhananya PHP berarti tidak menepati janji atau biasanya ditujukan kepada seseorang yang telah memberi harapan namun kemudian tidak memenuhinya atau malah kabur dari tanggung jawab.

9. Rokum

Slang word yang satu ini adalah kata "benda". Rokum berati rumah atau tempat tinggal. "broo, sini ke rokum gua aja ngumpulnya, gua sedia-in makanan gratis deh...". 

10. Sotoy

Kata ini mungkin sudah sangat sering digunakan. kata sotoy berarti sok tau. Sotoy biasanya ditujukan kepada seseorang yang menganggap diri nya "maha tahu". Atau bisa juga kata sotoy digunakan untuk menunjukan ketidakpercayaan seseorang akan suatu fakta atau informasi yang diberikan orang lain. Contohnya "Bro, jalannya belok kiri aja, pasti ga macet kok, gua sering lewat situ soalnya" lalu dijawab "ah sotoy lu, lu aja baru di Jakarta, gua lewat jalan utama aja lah".

 

Nah, itu dia beberapa "bahasa gaul" yang sering digunakan kaum milenial atau remaja masa kini, Apakah kalian juga sering menggunakan kata-kata diatas? atau kalian justru belum pernah mendengarnya?