Tali Putus, Seorang Pendaki di Gunung Lawu Jatuh ke Jurang

Merdeka.com - Alam (31), seorang pendaki Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah terjatuh ke jurang sedalam 10 meter, Minggu (19/7). Beruntung Tim SAR gabungan yang datang berhasil mengevakuasi Alam dalam kondisi selamat. Kepala Basarnas Jawa Tengah Semarang, Nur Yahya mengatakan, Alam melakukan pendakian dan bermalam di Pos 2 Gunung Lawu bersama empat temannya sejak Sabtu kemarin. "Mereka ini naik via jalur Cemoro Kandang, Tawangmangu dan bermaksud turun ke kawah Condrodimuko pada pagi harinya (Minggu 19/7). Namun ia jatuh saat tali yang digunakan untuk turun menuju ke kawah putus," ujar Yahya dalam keterangan persnya. Pada Minggu pagi hari jam 07.30 WIB, dijelaskannya, mereka hendak turun ke kawah Condrodimuko. Empat rekan Alam berhasil turun terlebih dahulu. Namun Alam tiba-tiba terjatuh karena tali yang digunakan untuk turun terputus. Tim SAR gabungan yang memperoleh informasi kejadian tersebut melakukan evakuasi di jurang yang memiliki kedalaman sekitar 10 meter tersebut. "Pukul 09.00 WIB kami menerima info dan langsung memberangkatkan satu tim dari Pos SAR Surakarta untuk melakukan evakuasi disertai peralatan vertical rescue," jelas Yahya. Setelah lima jam, lanjut dia tim SAR gabungan melakukan evakuasi, akhirnya pada pukul 15.30 pendaki berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. "Korban dievakuasi dalam keadaan sadar, namun mengalami cidera di kepala akibat benturan serta kaki terkilir. Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Karanganyar untuk penanganan lebih lanjut," pungkas Yahya. [cob]

Tali Putus, Seorang Pendaki di Gunung Lawu Jatuh ke Jurang

Merdeka.com - Alam (31), seorang pendaki Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah terjatuh ke jurang sedalam 10 meter, Minggu (19/7). Beruntung Tim SAR gabungan yang datang berhasil mengevakuasi Alam dalam kondisi selamat.

Kepala Basarnas Jawa Tengah Semarang, Nur Yahya mengatakan, Alam melakukan pendakian dan bermalam di Pos 2 Gunung Lawu bersama empat temannya sejak Sabtu kemarin.

"Mereka ini naik via jalur Cemoro Kandang, Tawangmangu dan bermaksud turun ke kawah Condrodimuko pada pagi harinya (Minggu 19/7). Namun ia jatuh saat tali yang digunakan untuk turun menuju ke kawah putus," ujar Yahya dalam keterangan persnya.

Pada Minggu pagi hari jam 07.30 WIB, dijelaskannya, mereka hendak turun ke kawah Condrodimuko. Empat rekan Alam berhasil turun terlebih dahulu. Namun Alam tiba-tiba terjatuh karena tali yang digunakan untuk turun terputus.

Tim SAR gabungan yang memperoleh informasi kejadian tersebut melakukan evakuasi di jurang yang memiliki kedalaman sekitar 10 meter tersebut.

"Pukul 09.00 WIB kami menerima info dan langsung memberangkatkan satu tim dari Pos SAR Surakarta untuk melakukan evakuasi disertai peralatan vertical rescue," jelas Yahya.

Setelah lima jam, lanjut dia tim SAR gabungan melakukan evakuasi, akhirnya pada pukul 15.30 pendaki berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

"Korban dievakuasi dalam keadaan sadar, namun mengalami cidera di kepala akibat benturan serta kaki terkilir. Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Karanganyar untuk penanganan lebih lanjut," pungkas Yahya. [cob]