Tenang! Begini Cara Mudah Menghilangkan Kotoran di Jok Kendaraan yang Berbahan Kain

Tenang! Begini Cara Mudah Menghilangkan Kotoran di Jok Kendaraan yang Berbahan Kain

Membersihkan jok mobil memang gampang-gampang susah. Apalagi kalau berbahan dasar kain. Perlu kamu ketahui juga sebelumnya, dalam perawatan mobil, tidak selalu tentang komponen mesinnya saja. Sisi interior pada mobil pun juga perlu diperhatikan lho. 

Jok mobil merupakan salah satu bagian dari interior mobil yang harus diperhatikan kondisinya. Jika jok dibiarkan kotor dalam waktu lama, maka interior mobil jadi terlihat kusam dan kotorannya akan semakin susah dibersihkan, khususnya jok mobil berbahan kain.

Selain itu, jika kamu sering berada di dalam mobil tersebut, jok yang kotor tentu dapat mempengaruhi ketenangan dan kesehatan pikiran. Oleh karena itu, sangat penting membersihkan jok mobil secara teratur, khususnya jika jok mobilnya kotor.

Jok mobil merupakan bagian penting dalam interior mobil karena bisa memperlihatkan karakter orang yang memiliki mobil tersebut. Selain itu, jok mobil juga bisa menjadi penilaian penting dalam memilih mobil sesuai kebutuhan.

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kain

Jok Mobil

Membersihkan jok kendaraan membutuhkan effort cukup besar (Shutterstock).

Bahan yang digunakan pada jok mobil bermacam-macam jenisnya. Salah satunya adalah jok mobil berbahan kain. Untuk jok mobil berbahan kain, memang lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan bahan lainnya, termasuk bahan kulit. Namun, bukan berarti jok berbahan kain tidak bisa dibersihkan.

Tidak harus ke salon mobil, kamu juga bisa membersihkannya sendiri di rumah. Melansir laman Carmudi Indonesia, berikut beberapa cara untuk membersihkan jok mobil berbahan kain sebagai berikut.

1. Siapkan Perlengkapan untuk Membersihkan

Kebanyakan orang pasti suka membawa makanan dan minuman sambil berkendara dengan mobil. Khususnya dalam perjalanan jarak jauh. Jok mobil dinilai rentan pada noda dari kopi, kuah makanan, ataupun cairan lainnya.

Jika kamu ingin membersihkan jok mobil sendiri, maka harus mempersiapkan beberapa perlengkapan, khususnya jika jok mobilnya berbahan kain. Kamu membutuhkan vacuum cleaner, cairan pembersih, dan sikat.

Untuk sikat, sebaiknya menggunakan sikat gigi bayi. Hal ini dikarenakan sikat gigi bayi memiliki permukaan sikat yang lembut dan tidak akan merusak struktur jok mobilmu.

2. Membersihkan dengan Vacuum Cleaner

Sebelum mulai membersihkan jok mobil, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan jok dengan vacum cleaner. Hal ini dilakukan agar debu-debu dan partikel-partikel kotoran lainnya dapat terangkat terlebih dahulu. 

Selain itu, tahap ini harus pertama kali dilakukan agar debu ataupun partikel kotorannya tidak semakin menempel saat jok mobil sudah diberikan cairan pembersih.

3. Menggunakan Cairan Pembersih dan Sikat

Cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan jok mobil ada beberapa jenis, mulai dari cairan pembersih khusus hingga deterjen. Jika tidak mendapatkan cairan pembersih khusus, kamu bisa mencampurkan deterjen dengan air untuk membersihkannya.

Jika sudah memiliki cairan pembersih, kamu bisa mengoleskan atau menyemprot cairan ke jok mobil yang kotor. Setelah itu, gosoklah secara perlahan dan usahakan menggosoknya secara searah dan perlahan, sehingga struktur kain jok mobilnya tidak akan rusak.

4. Lakukan Secara Berulang

Hal yang perlu diingat saat membersihkan kotoran pada jok mobil berbahan kain adalah kamu  harus melakukannya secara berulang. Menghilangkan kotoran pada jok berbahan kain memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, kamu harus melakukannya secara berulang. Dengan begitu, kotorannya bisa hilang secara total.

Merawat Jok Mobil untuk Masa Mendatang

Jok Mobil

Vacuum jok kendaraan (Shutterstock).

Kamu juga bisa kok melongok tips berikut bagaimana merawat jok mobil agar tidak cepat kotor di masa mendatang sebagai berikut.

1. Menggunakan Penutup Kursi

Disarankan untuk membeli penutup jok mobil sebagai pelindung. Untuk warna, bisa disesuaikan dengan warna jok atau pilih yang terang berpola. Biasanya, untuk satu paket kursi depan dan belakang, dijual seharga Rp 415.335 hingga Rp 553.780.

2. Menggunakan Pelapis Anti Noda

Pelapis anti noda dapat menyulitkan kotoran seperti noda untuk bertahan dan dapat memperpanjang umur jok. Pelapis anti noda yang bagus seperti Scotchgard Fabric dan Upholstery Protector tersedia di toko-toko peralatan rumah tangga. Disarankan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar sesuai yang tertera di label produknya.

3. Segera Bersihkan Tumpahan Makanan dan Sampah di Jok

Jangan biarkan kotoran lama mengendap di jok mobil. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran bisa membekas dan meresap ke dalam jok sehingga makin sulit dibersihkan. Ditambah, kotoran ini membuat mobilmu berbau tidak enak.

4. Batasi Makan dan Minum di Dalam Mobil

Dengan tidak makan dan minum di dalam mobil, kamu dapat mengurangi potensi terkena noda atau kotoran pada jok mobil. Selain itu, kecelakaan pun bisa dihindari jika kamu tidak makan atau minum sambil menyetir mobil.

5. Sering Menggunakan Penghisap Debu

Disarankan untuk sering menggunakan penghisap debu agar kotoran dan debu dari mobil kamu tidak meresap ke jok yang akhirnya sulit dibersihkan. Buat jadwal untuk menghisap kotoran di mobil sebulan sekali, atau lebih sering jika mobilmu cepat kotor.

6. Jaga kebersihan mobil

Dengan membersihkan sampah dan benda lainnya di dalam mobil, kamu dapat mengurangi potensi penumpukan sampah sehingga tidak membuat jok mobil cepat kotor. Singkirkan juga benda-benda yang cepat meleleh seperti krayon atau benda meleleh lainnya jika cuaca panas di luar mobil. (Editor: Winda Destiana Putri).