Ternyata Ini Dia Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh Kita !!!

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan timun atau mentimun. Bahkan sayuran ini juga terkenal di berbagai belahan dunia dan diolah menjadi beberapa sajian makanan dan minuman. Sayuran ini bayak dikonsumsi sebagai lalapan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, sebenarnya timun lebih baik dikonsumsi langsung tanpa dimasak supaya nutrisinya utuh. Lagi pula sayuran ini memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan.

Ternyata Ini Dia Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh Kita !!!

Mentimun termasuk ke dalam tumbuhan Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan labu, melon, serta pare. Tak kalah dengan labu dan melon, mentimun juga memberikan ragam nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Menurut Medical News Today, mentimun merupakan sumber mineral yang dapat membantu mengatasi dehidrasi dan cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Kandungan kalori, lemak, kolesterol, serta natrium dalam mentimun juga tergolong cukup rendah, sehingga aman dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.

Selain mengandung mineral, mentimun juga kaya serat untuk membantu melancarkan pencernaan dan menjaga berat badan tetap ideal. Sayuran ini mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan.

Semua kandungan tersebut sangat berkhasiat bagi kesehatan serta kecantikan. Manfaat mentimun tentu tak perlu diragukan lagi, karena banyak produk kecantikan dan obat-obatan yang menggunakan sayuran ini sebagai bahan dasarnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mentimun lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengatasi bengkak di sekitar mata

Manfaat mentimun yang paling umum diketahui masyarakat adalah kemampuannya mengatasi mata bengkak. Mata bengkak karena tidur terlalu larut atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Caranya, iris tipis mentimun dan taruhlah di kedua mata, lakukan sambil berbaring selama 15 menit.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga manfaat timun mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.

Cara mendapatkan manfaat mentimun ini mudah saja, yakni dengan mengonsumsi air perasan buah mentimun segar. Lakukan cara ini setiap hari, sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.

3. Membantu tubuh tetap terhidrasi

Manfaat mentimun lainnya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mentimun mengandung 95,2 persen air, yang berarti bahwa 5 ons porsi mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Itu artinya sudah sekitar 26 persen asupan air harian Anda terpenuhi oleh timun.

Jika Anda bosan dengan air putih, Anda juga bisa memasukan potongan mentimun ke dalam botol minum Anda seperti membuat infused water. Dengan begitu, rasa tambahan dari mentimun membuat Anda untuk meminum air putih lebih banyak.

 

4. Membunuh Sel Kanker

Menurut Health Line, mentimun atau timun memiliki manfaat untuk mencegah dan membunuh sel kanker. Sayuran tersebut mengandung antioksidan cukup tinggi.

Sebagai anggota dari famili tanaman Cucurbitaceae, mentimun mengandung tingkat nutrisi pahit yang dikenal sebagai cucurbitacin.

Menurut sebuah studi dalam International Journal of Health Services , cucurbitacin dapat membantu mencegah kanker dengan menghentikan reproduksi sel kanker. Selain itu, mentimun juga menyediakan kandungan serat yang dapat membantu melindungi terhadap kanker kolorektal.

 

5. Mengontrol Gula Darah

Mentimun memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula darah untuk mencegah diabetes. Mentimun mengandung zat yang dapat membantu menurunkan gula darah atau menghentikan peningkatan glukosa darah terlalu tinggi.

Menurut Medical News Today, cucurbitacins dalam mentimun dapat membantu mengatur pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati. Selain dagingnya, kulit mentimun juga bermanfaat untuk membantu mencegah gejala diabetes karena kandungan antioksidannya cukup tinggi.