Ternyata Ini Manfaat Dari Daun Sirsak Untuk Tubuh Kita

Manfaat daun sirsak sebagai obat herbal hingga saat ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Daun ini biasanya direbus terlebih dahulu, kemudian air rebusan daun sirsak dikonsumsi sebagai obat

Ternyata Ini Manfaat Dari Daun Sirsak Untuk Tubuh Kita

Buah Sirsak memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan. Tak hanya daging buahnya, daun sirsak pun berguna. Bahkan, banyak orang yang memetik manfaat daun sirsak untuk mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat daun sirsak sebagai obat herbal hingga saat ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Daun ini biasanya direbus terlebih dahulu, kemudian air rebusan daun sirsak dikonsumsi sebagai obat.

Lalu penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan daun sirsak ini. Yuk simak artikel berikut ini :

1. Mengobati Kanker

Daun sirsak dapat menghambat sel kanker. Kandungan acetogenin yang terdapat pada daun sirsak merupakan zat antikanker yang sangat kuat. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di dalam tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker. Kerja daun sirsak hampir sama dengan obat kemoterapi yakni mampu menghambat aktivitas pembelahan DNA pada sel kanker sehingga sulit untuk tumbuh dan berkembang.

Cara konsumsi daun sirsak dapat direbus secukupnya dengan air. Kemudian minum setiap hari agar dapat merasakan manfaatnya.

2. Memelihara kesehatan mulut 

Daun sirsak memiliki kemampuan mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri serta jamur streptoccus dan Candida albican. Infeksi jamur dan bakteri tersebut membuat seseorang menderita penyakit mulut seperti gingivitis. 

3. Atasi Diabetes

Daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois, dan polifenol. Daun sirsak dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah dan menjadikannya normal. Sifat antioksidan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh. Anda bisa mengolahnya dengan merebus daun sirsak.

4. Ampuh Mengobati TBC

TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru-paru. Kuman TBC yang ditularkan melalui udara dan dari satu orang ke orang lain. TBC adalah satu di antara penyakit berbahaya di dunia, termasuk Indonesia. Namun TBC bisa diobati dengan daun sirsak. Dengan mengonsumsi daun sirsak secara rutin, Anda bisa mematikan semua bakteri penyebab TBC. Tetapi Anda juga perlu menyeimbanginya dengan obat dokter selama enam bulan.

5. Mengatasi Asam Urat dan Rematik

Kandungan acetigenin dalam daun sirsak bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa mengonsumsi rebusan air daun sirsak secara rutin setiap dua kali sehari. Selain itu, daun sirsak dapat mengatasi penyakit rematik. Sebab, daun yang satu ini menjadi salah satu obat alami untuk meredakan nyeri saraf, sendi, dan otot.