Tips 5 Cara Aman Meminum Kopi Di Pagi Hari Agar Tidak Sakit Perut

Tapi, perlu diingat, kopi juga memiliki efek samping yang terkadang bisa langsung kita rasakan. Semisal, sakit perut hingga pusing. Untuk mencegahnya

Tips 5 Cara Aman Meminum Kopi Di Pagi Hari Agar Tidak Sakit Perut

Para pencinta kopi umumnya mengawali hari dengan secangkir minuman segar ini di pagi hari. Meski khas dengan rasa pahitnya, minuman ini dipercaya mampu membangkitkan semangat di usai bangun tidur. selain itu, kopi juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Minum segelas kopi juga membantu menangkal penyakit diabetes hingga kanker. Tapi, perlu diingat, kopi juga memiliki efek samping yang terkadang bisa langsung kita rasakan. Semisal, sakit perut hingga pusing. Untuk mencegahnya, sebaiknya perhatikan kembali kebiasaan ngopimu di pagi hari.

Maka dari itu, yuk simak tips berikut ini supaya membantumu terhindari dari segala jenis efek samping usai minum kopi saat sarapan.

Minum air putih sebelum meminum kopi

Banyak penelitian membuktikan bahwa kopi memberi efek diuretik bagi tubuh. Hal tersebut yang membuatmu mudah pengin buang air kecil hingga besar. Efek itu juga memicu dehidrasi pada tubuh. Untuk mencegah risiko tersebut sebaiknya minumlah segelas air putih sebelum menenggak kopi. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih seimbang dan kamu jugga terhindar dari dehidrasi.

Tidak menggunakan pemanis buatan

Singkirkan segala zat aditif buatan dalam kopi buatanmu. Meski beberapa dari mereka bebas kalori, tapi tidak menutup kemungkinan akan timbul efek samping lainnya. Selain memicu keinginan kita untuk terus ngopi, rupanya semua zat itu mampu menimbulkan penyakit obesitas sampai jantung, loh.

Kurangi penggunaan gula

Bagi kamu yang tak kuat akan pahitnya kopi hitam, dan kerap menambahkan gula, maka coba perlahan menguranginya. Batasan konsumsi gula yang normal bagi tiap orang adalah enam sendok teh per hari. Apabila kamu ingin minum kopi manis, cukup tambahkan satu sendok teh gula saja. Akan tetapi, bila sudah dicampur dengan susu atau krimer manis, maka sebaiknya jangan menambahkan lagi agar kopi buatanmu lebih sehat.

Gunakan susu

Sebagai alternatif pengganti susu sapi, kamu bisa memakai susu atau krimer organik untuk menambah rasa pada kopi. Kalori dan lemak dari susu organik lebih rendah. Terlebih, susu ini juga rendah kandungan lactosa yang bisa mencegahmu dari rasa tak enak di perut. Jika kamu masih bingung akan pilihan susu nabati mana yang cocok untuk minumanmu. Maka, kamu bisa memilih mulai dari susu almond, kelapa, kacang mete, oat, kedelai, dan lainnya. Lantaran kebanyakan susu jenis nabati ini tak begitu manis, dan kamu dapat menambahkan sedikit gula.

Tambah kayu manis atau rempah lain

Salah satu trik terbaik guna membuat kopi buatanmu lebih sehat, yakni dengan menambahkan rempah alami. Kamu bisa memakai kayu manis, jahe, maupun bubuk pala. Bukan hanya menguatkan aroma kopi, tapi rempah alami ini dapat meningkatkan kandungan antioksidan dan memiliki sifat antibakteri yang bisa mencegah sakit perut. Kalau kamu tak terlalu menyukai aroma dan rasa yang kuat seperti jahe atau cengkih, bisa juga kombinasikan dengan kayu manis, bubuk pai apel, dan labu. Bahan tersebut cukup menambah sensasi manis alami di kopi. Sementara, kalau ingin ada rasa cokelat, cukup pakai bubuk kakao alami.