Tips 6 Cara Alami Menghilangkan Komedo

Komedo kadang membuat orang merasa tidak nyaman. Komedo pada wajah, walaupun sepele dapat membuat orang menjadi tidak percaya diri.

Tips 6 Cara Alami Menghilangkan Komedo

Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada wajah, contohnya: jerawat, bekas jerawat, wajah kusam, kulit wajah bersisik, minyak berlebih, dan lain-lainnya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada banyak orang adalah komedo. Komedo kadang membuat orang merasa tidak nyaman. Komedo pada wajah, walaupun sepele dapat membuat orang tidak percaya diri. Komedo adalah sebuah benjolan (papula) kecil yang terdapat pada permukaan kulit. Perlu Anda ketahui bahwa komedo termasuk dalam jenis jerawat, namun jenis yang ringan. Selain terdapat di wajah, komedo juga bisa timbul pada bahu, punggung, lengan, leher dan dada. Penyebab timbulnya komedo karena sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Komedo tampak hitam disebabkan karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara.

1. Udara hangat

Menggunakan Air hangat untuk pera akan mampu membuka pori-pori kulit Anda, sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya.

Caranya:

  1. Masak air dan masukkan dalam wadah
  2. Kemudian hadapkan wajah pada wadah
  3. biarkan uap air panas membuka pori-pori Anda

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan anti oksidan. Zat ini akan menjadikan kulit agar tidak meningkatkan, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan wajah. Karena kemampuannya untuk mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk dipercaya khasiatnya sebagai cara menghilangkan komedo hitam secara alami.

Caranya:

  1. Peras buah jeruk nipis
  2. Oleskan air perasan pada area wajah yang berkomedo
  3. Diamkan selama 15 menit

3. Kulit jeruk

Bila dibandingkan dengan daging buahnya, ternyata kulit jeruk mengandung lebih banyak vitamin C. Jadi bila Anda sedang makan jeruk, janganlah membuang kulitnya. Kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya:

  1. Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering
  2. Tumbuk kulit jeruk hingga halus
  3. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta
  4. Oleskan pada area berkomedo yang sebelumnya telah dibersihkan
  5. Diamkan selama 30 menit
  6. Bilas dengan air hangat

Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membersihkan pori-pori.

4. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan Vitamin E, A dan C nya berfungsi sebagai anti-oksidan yang bisa membantu untuk menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Perawatan dengan menggunakan pepaya, akan menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah , serta bisa membersihkan komedo. Pepaya bisa dimanfaatkan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

Caranya:

  1. Potong pepaya kecil-kecil
  2. Haluskan pepaya sampai lembut
  3. Gunakan sebagai masker, dan biarkan selama 30 menit
  4. Penggunaan buah ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

 

5. Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan, yang disebut lycopine yang terbukti mampu menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk pada wajah sehingga komedo tidak bisa muncul. Tomat juga dapat digunakan menjadi tabir surya alami yang berfungsi untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya:

  1. Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur
  2. Oleskan pada wajah
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air bersih

6. Lidah buaya

Perawatan dengan menggunakan lidah buaya, Anda akan mendapatkan sekaligus banyak manfaat. Yaitu: membersihkan komedo, mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah dan mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya:

  1. Petik daun lidah buaya secukupnya
  2. Ambil gel yang ada di tengahnya
  3. Oleskan secara merata pada kulit area berkomedo
  4. Diamkan selama 15 menit
  5. Bilas dengan air bersih

Nah itu dia 6 Cara Menghilangkan Komedo, Semoga artikel ini dapat membantu anda.